Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Menjaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Komputer

informasitips.com – Bekerja atau berselancar ria di internet lewat komputer seringkali membuat kita lupa waktu. Kegiatan itu bisa berlangsung berjam-jam sampai membuat kita lupa makan, minum, bahkan tidur. Kalau sudah begitu, jangan heran kalau akan datang banyak keluhan dari tubuh kamu, terutama dari mata kamu. Bagaimana tidak? Saraf-saraf di mata dipaksa untuk bekerja tanpa istirahat memandangi apa yang ada di monitor terus-menerus tanpa henti. Tentu saja kondisi itu tidak baik. Namun, bagaimana jika itu semua sudah menjadi tuntutan pekerjaan? Lakukan beberapa tips dan trik berikut agar mata kamu tetap sehat.

Berikut tips dan cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna komputer untuk Menjaga Kesehatan Mata:

  • Istirahatlah secara teratur agar mata juga bisa beristirahat
    Terlalu lama di depan komputer bisa membuat mata lelah. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi seperti ini bisa berisiko mengganggu dan menurunkan fungsi penglihatan mata. Oleh karena itu, seringlah untuk mengistirahatkan mata, caranya adalah alihkan pandangan dari monitor komputer untuk melihat objek lain. Gunakanlah “Rumus 20”, yaitu setiap 20 menit mata melihat ke layar monitor, beristirahatlah selama 20 detik dengan melihat objek lain dalam jarak 20 kaki (6-7 meter).

    Kamu juga bisa mengistirahatkan mata dengan beranjak sejenak dari depan layar komputer untuk berjalan-jalan sebentar atau sekedar mengamil camilan.

  • Gunakan komputer di ruangan yang terang
    Idealnya, posisikan monitor sedemikian rupa sehingga jendela dan atau sumber cahaya berada di samping monitornya. Hindari menggunakan komputer atau laptop dalam kondisi ruangan yang tidak terang

  • Pastikan jarak mata-komputer berada di jarak yang aman

    menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer

    Agar fungsi penglihatan mata tetap terjaga, pastikan bahwa jarak mata ke monitor berada di jarak yang pas dan aman, yaitu antara 33-59 cm. Selain itu, pastikan juga bahwa titik pusat monitor berada pada 10-15 cm di bawah pandangan horizontal mata.

  • Selalu menjaga kebersihan monitor komputer
    Bagi pengguna komputer, sangatlah penting untuk selalu menjaga kebersihan layar monitor komputer, baik itu dari debu ataupun dari sidik jari yang biasanya menempel di sana. Hal ini berguna agar bisa diperoleh tingkat kecerahan yang pas dari layar monitor. Debu dan kotoran yang menempel di layar komputer terkadang membuat layar menjadi buram, sehingga, supaya bisa melihat dengan jelas, kita mengatur tingkat kecerahan yang cukup tinggi pada layar komputer yang buram tersebut. Akibat dari tingkat kecerahan yang tinggi tersebut, maka mata kita mendapat paparan cahaya yang berlebih dari layar komputer, dan hal ini tentu tidak baik bagi mata.

  • Aturlah tingkat kecerahan yang pas pada layar monitor komputer
    Atur tingkat kecerahan yang pas pada layar monitor komputer. Jangan gunakan tingkat kecerahan yang terlalu tinggi agar mata tidak mendapatkan paparan radiasi yang berlebih dari layar komputer. Kamu juga bisa menggunakan filter untuk mengurangi kesilauan monitor.

  • Lindungi mata dari dalam
    Pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C dan E yang mampu membuat mata selalu sehat, seperti wortel, bayam, kacang almond, ikan salmon, dan lain sebagainya.

  • Pilih jenis monitor yang lebih aman bagi mata
    Monitor jenis LCD lebih aman bagi mata, dibandingkan dengan monitor jenis CRT.

  • Gunakan monitor layar besar
    Jika kamu menghabiskan waktu di depan komputer untuk memasukkan banyak data ataupun membaca dokumen yang panjang, maka sebaiknya gunakanlah monitor yang besar sehingga objek yang kamu lihat juga akan lebih besar. Dengan begitu, ketegangan yang terjadi pada mata akan berkurang.

  • Gunakan kursi yang tepat dan nyaman
    Saat bekerja dengan komputer, duduklah di kursi yang tepat agar posisi mata terhadap monitor komputer juga tepat, yaitu 10-15 cm di bawah pandangan horizontal mata. Selain itu, pilihlah juga kursi yang nyaman bagi tubuh, yaitu yang mudah disesuaikan dengan tubuh, stabil, ada sandaran, dan terbuat dari material yang empuk.

Untuk membuat mata tetap sehat selama berada di depan monitor komputer/laptop ternyata dibutuhkan latihan-latihan khusus untuk mata guna mengurangi ketegangan pada saraf-saraf mata. Hal itu bisa disebut sebagai “olahraga untuk mata”, suatu kegiatan yang ringan tetapi berdampak besar bagi kesehatan mata kamu.

Berikut latihan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi ketegangan pada mata:

  • Untuk mencegah keringnya mata dan juga iritasi selama di depan komputer, maka sering-seringlah mengedipkan mata kamu. Semakin sering kamu berkedip semakin baik untuk kesehatan mata kamu.
  • Alihlah pandanganmu dari komputer setidaknya selama 20 sampai 30 menit.
  • Tutup mata selama beberapa menit, saat berada cukup lama di depan komputer.
  • Cobalah untuk memijat dan merelaksasikan otot-otot di sekitar mata setelah lama memandangi komputer.
  • Setiap 30 menit, gosok-gosokkan kedua telapak tangan kamu hingga terasa hangat, kemudian tutup mata kamu dengan kedua telapak tangan yang kamu gosok-gosokkan tadi sehingga tidak ada cahaya yang masuk menuju mata kamu. Lakukan hal itu selama kurang lebih satu menit. Latihan tersebut akan membuat mata kamu bisa beristirahat dari terangnya cahaya layar komputer sehingga setelahnya penglihatan kamu akan menjadi lebih jelas.
  • Ambil jeda secara teratur jika kamu menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lama. Bangun dari tempat duduk dan berjalan-jalanlah sebentar. Hal tersebut tidak hanya berguna untuk mengistirahatkan mata, tetapi juga mengistirahatkan tubuh dan pikiran kamu. Setelahnya, tentu tubuh dan pikiran akan menjadi lebih segar sehingga ide-ide segar yang tidak terpikirkan sebelumnya bisa datang.

Satu hal penting lain yang juga perlu diperhatikan adalah, bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan selalu berada di dalam ruangan tertutup ber-AC atau yang sirkulasi udaranya tidak bagus, sangat pentinglah untuk selalu mengonsumsi antioksidan secara rutin dan teratur untuk melawan radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh. Terlalu lama terpapar radiasi komputer dalam ruangan tertutup (sirkulasi udara tidak bagus) membuat tubuh kita terkena radikal bebas lebih banyak. Radikal bebas tersebut bisa dilawan dengan antioksidan yang berasal dari buah, sayur, atau suplemen multivitamin.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa diterapkan guna menjaga kesehatan mata dari paparan radiasi komputer. Semoga bermanfaat.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: