Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh untuk Menghadapi Flu (Influenza)

informasitips.com – Flu atau influenza adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan bagian atas yang dapat menyebabkan munculnya gejala-gejala, seperti batuk, radang tenggorokan, demam dan hilangnya nafsu makan. Influenza tergolong penyakit yang sangat mudah menular mengingat disebabkan oleh airborne virus (virus yang tersebar melalui kontak udara). Meskipun influenza dapat diatasi dengan istirahat dan asupan cairan yang cukup, namun tetap saja, pencegahan jauh lebih baik ketimbang mengobati.

Salah satu langkah untuk mencegah flu adalah dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kita, sehingga tubuh mampu untuk menghalau berbagai serangan virus. Bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan (daya tahan tubuh)?

Berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh:

  • Konsumsi Bawang Putih

    Tambahkan potongan atau irisan bawang putih pada makanan Kamu, seperti sup ataupun sayuran. Menurut studi yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, bawang putih berkhasiat dalam meningkatkan kinerja sistem imun tubuh. Bawang putih juga mengandung senyawa Allicin yang memiliki fungsi sebagai antivirus, sehingga mampu menghadapi dan menghalau serangan virus influenza.

  • Sistem Kekebalan Melawan Flu

  • Konsumsi Buah Kaya Vitamin C

    Banyaklah mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, jambu biji, stroberi, kiwi dan lain-lain. Layaknya bawang putih, vitamin C juga berkhasiat dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menghalau serangan infeksi virus flu. Vitamin C juga berkhasiat sebagai antioksidan, yaitu menghalau serangan radikal bebas ke hati yang memiliki peran vital bagi tubuh, yaitu membuang racun dari tubuh.
  • Kurangi Stres

    Stres memicu terjadinya pelemahan sistem kekebalan tubuh melalui aktivitas hormon pemicunya, seperti kortisol dan adrenalin. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan berbagai kegiatan guna mengurangi atau mencegah munculnya stress, misalnya seperti melakukan teknik relaksasi dan berolahraga rutin setiap harinya.

  • Cukup Tidur

    Jika seseorang mengalami gangguan tidur, maka besar kemungkinan dirinya untuk mengalami pelemahan pada sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, jika seseorang cukup tidur, maka pertahanan tubuhnya terhadap serangan penyakit malah akan semakin kuat. Cobalah untuk tidur selama 7 hingga 9 jam dalam semalam.

  • Tingkatkan Produksi IgA

    IgA atau Immunoglobulin A adalah senyawa protein dari sistem kekebalan tubuh yang bertugas dalam memerangi infeksi. IgA memegang peranan penting dalam mencegah para mikroorganisme patogen untuk masuk ke dalam tubuh, serta dalam menyerang patogen yang sudah masuk ke tubuh. Produksi IgA dapat distimulasi oleh berbagai kegiatan, seperti tertawa, menjalankan hobi yang disukai, merasakan kebahagiaan hidup bersama pasangan, mendengarkan musik, olahraga dengan porsi yang sesuai dan lain-lain.

  • Makan Sup Ayam

    Mengonsumsi sup ayam dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, serta dapat membuatmu pulih lebih cepat. Hal tersebut telah dipublikasikan pada jurnal Chest (2000). Khasiatnya akan semakin meningkat jika Kamu menambah jamur dalam sup ayam buatanmu.

  • Konsumsi Probiotik

    Tambahan bakteri baik (probiotik) dari makanan akan mempertahankan dan/atau meningkatkan kondisi prima dari saluran penceranaan. Hal itu tentunya akan semakin menguatkan system imun tubuh dalam menghalau serangan virus influenza. Saran konsumsi probiotik per hari adalah 10 hingga 20 miliar.
  • Hindari Makanan yang tidak menyehatkan

    Berbagai jenis makanan diketahui kurang menyehatkan bagi tubuh seperti makanan dengan kadar gula tinggi dan processed foods. Bahkan, gula diketahui dapat secara drastis mengurangi kinerja system imun tubuh.
  • Sering Mencuci Tangan

    Semakin tinggi aktivitas kita, maka semakin banyak kita bersentuhan dengan mikroorganisme-mikroorganisme yang ada hampir di setiap tempat yang Kita kunjungi, oleh karena itu rajin-rajinlah dalam mencuci tangan, dan segeralah dikeringkan setelahnya. Hal tersebut merupakan cara efektif dalam membentengi diri dari serangan virus.

Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: