Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengintip Peluang Usaha Bisnis Kudapan (Gorengan)

informasitips.com – Hampir semua orang gemar menyantap kudapan terutama gorengan, mulai dari bakwan, tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, cireng, combro, dan masih banyak lagi jenis kudapan lainnya. Meski usaha ini sudah cukup banyak dilakukan orang, namun Anda tak perlu khawatir bila ingin ikut terjua memulai bisnis ini. Usaha Anda akan diterima pasar dan prospeknya menjanjikan bila Anda mampu menawarkan produk kudapan (gorengan) dengan rasa yang spesial, misalnya mengusung inovasi resep dan racikan bumbu yang tidak biasa dan berbeda dengan gorengan-gorengan yang dijual di tempat lainnya.

Untuk memulai usaha gorengan cukup mudah. Anda perlu persiapan seperti tempat untuk berjualan, bisa gerobak dorong dengan kisaran harga ratusan ribu rupiah, bisa juga ditambahkan terpal jika ingin berjualan tetap. Atau bila ingin memulai usaha ini dengan modal lebih irit lagi, Anda bisa membuka lapak sederhana dengan menjajakan gorengan Anda di etalase atau meja yang harganya tidak akan terlalu mahal.

Untuk tempat berjualan, Anda tentunya perlu memilih tempat (lokasi) yang cukup ramai dan mudah dijangkau orang. Misalnya, perempatan gang yang banyak dilalui orang, sekolah, kampus, dan pusat perkantoran.
Sementara untuk peralatan membuat kudapan (gorengan), beberapa yang dibutuhkan adalah kompor, wajan, serok, plastik pembungkus, dan lainnya. Untuk menyiapkan peralatan-peralatan ini rasanya tidak terlalu susah karena peralatan memasak ini adalah peralatan memasak dasar dan standar yang umum dimiliki tiap orang/rumah.

Harga yang bisa Anda tawarkan haruslah kompetitif. Disesuaikan dengan standar harga di lokasi Anda berjualan. Sesuaikan pula dengan target pembeli yang ingin dicapai. Misalnya bila Anda menargetkan pembelinya adalah anak-anak sekolahan, tentu harga yang Anda tawarkan tidak boleh terlalu mahal, karena harus menyesuaikan dengan kocek anak-anak sekolah. Untuk permainan harga ini, tak perlu sampai mengurangi kualitas rasa dan bahan yang digunakan, karena menurunkan kualitas produk tentu akan mengecewakan pembeli. Bila ingin menjual dengan harga lebih murah, cukup dengan memperkecil porsinya saja.

Peluang usaha gorengan

Contoh harga untuk satu gorengan yang Anda buat misalnya Rp. 500 sampai Rp. 1500 tergantung jenis gorengannya. Keuntungan yang diambil sekitar 50%. Jika gorengan Anda dalam satu bulan terjual mencapai ratusan buah, maka dalam satu bulan Anda bisa meraup keuntungan bersih hingga ratusan ribu rupiah. Keuntungan ini tentu akan semakin bertambah, bila gorengan Anda kian banyak terjual dan kian digemari oleh pembeli.

Berikut contoh modal dan keuntungan (laba) yang mungkin diperoleh dari usaha gorengan (kudapan):

Estimasi biaya (modal awal):
– Bahan baku Rp 100.000
– Gerobak Rp. 300.000
– Peralatan Rp. 200.000
– Lain-lain Rp. 50.000
– Jumlah total modal awal : Rp. 650.000

Biaya Operasional per Hari:
– Biaya bahan baku Rp. 100.000
– Gas untuk memasak Rp. 15.000
– Lain-lain Rp. 15.000
– Jumlah total biaya operasional : Rp. 130.000

Pemasukan:
– Misal per hari, gorengan yang laku terjual adalah sebanyak 350 gorengan, dan harga satu gorengan yang Anda jual adalah Rp. 500, maka Omset per hari adalah = Rp. 175.000
– Laba bersih per hari : Rp. 175.000 – Rp. 130.000 = Rp. 45.000
– Laba bersih per bulan : Rp. 45.000 x 30 = Rp. 1. 350.000

Lumayan dan cukup menguntungkan juga ya hasil yang bisa didapat. Mengingat bisnis gorengan ini kian hari kian kompetitif, maka Anda sebaiknya juga menerapkan konsep dan strategi penjualan yang baik. Misalnya, selain inovasi pada resep, Anda juga bisa berinovasi pada nama gorengan. Anda bisa menambahkan nama yang agak unik pada jenis gorengan yang Anda jual. Misalnya, mengambil konsep anak muda. Untuk tempe goreng bisa Anda tambahkan kata “alay” agar terkesan lucu, menjadi “tempe goreng alay”. Untuk bakwan jagung, bisa ditambahkan kata “gaul”, menjadi “bakwan jagung gaul”, dan untuk pisang molen misalnya Anda bisa menambahkan kata “jomblo”, menjadi “pisang molen jomblo”. Itu hanya salah satu contoh ide strategi penjualan yang bisa Anda terapkan untuk menarik minat dan perhatian pembeli. Anda tentunya bisa bermain dengan ide-ide dan kreativitas lainnya sesuai dengan keinginan Anda.

Agar bisa bertahan lama, pastikan Anda menjaga kualitas barang dagangan Anda. Gunakan bahan-bahan baku yang kualitasnya baik, olah dengan cara yang baik, sajikan pula dengan cara yang baik. Hindari membungkus dan menyajikan gorengan dengan menggunakan koran. Perhatikan juga aspek kebersihan dan kesehatan kualitas dagangan Anda.

Selain itu, penting juga memerhatikan kualitas pelayanan Anda selaku penjual kepada pembeli. Penjual haruslah ramah dan berlaku sopan pada pembeli. Penjual juga harus bisa menyajikan barang dagangannya ke pembeli dengan cepat, jangan lamban.

Bagaimana, tidak terlalu sulit dan butuh modal sangat besar kan untuk memulai usaha ini? Tertarik untuk mencoba? Jika tertarik mencoba, langsung dimulai saja. Jangan ditunda-tunda. Sepanjang Anda sudah membuat perhitungan yang pas, langsung mulai saja, “just do it!”. 🙂



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *