Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengenal Virus Yuk….

informasitips.com – Mengenal virus yuk… Tidak seperti bakteri, virus bukanlah mahluk hidup, melainkan sebuah partikel yang berukuran sangat kecil dan mengandung materi genetik (DNA atau RNA) yang dilindungi oleh suatu protein. Virus yang paling sederhana hanya memiliki dua komponen saja, yaitu inti asam nukleat dan protein kapsid. Inti asam nukleat, bisa DNA atau RNA, mengandung “program” atau “perintah” untuk mengambil alih sel inang dengan tujuan untuk membuat virion, atau partikel-partikel virus yang baru. Inti asam nukleat dikelilingi oleh kapsid yang merupakan suatu protein pelindung. Satu molekul protein yang menyusun kapsid virus disebut dengan Kapsomer. Berikut Kamu bisa lihat struktur virus dari berbagai bentuk:

struktur virus

Semua virus setidaknya memiliki satu kapsid dan satu jenis inti asam nukleat. Inti virus terdiri atas satu dari 4 jenis asam nukleat berikut:

  • DNA utas ganda
  • DNA utas tunggal
  • RNA utas ganda
  • RNA utas tunggal

Perbedaan antara virus dengan sel adalah: sel memiliki DNA dan RNA, sedangkan virus hanya salah satunya saja, DNA atau RNA. Pada sel umumnya hanya ditemui DNA utas ganda dan RNA utas tunggal, sedangkan pada virus juga dapat ditemui DNA utas tunggal dan RNA utas ganda.

apa sih virus

Virus telah ada di planet ini sejak miliaran tahun yang lalu. Meskipun tidak hidup, virus memiliki fungsi yang mirip dengan mahluk parasit yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada sel inangnya. Bahkan infeksi oleh virus bisa lebih berbahaya daripada mahluk parasit lainnya, oleh karena itu virus mungkin merupakan parasit yang paling efisien yang ada di muka bumi ini. Berbagai macam penyakit dapat disebabkan oleh virus, mulai dari yang mudah disembuhkan hingga yang sangat sulit untuk diatasi, mulai dari flu hingga AIDS.

Infeksi oleh virus hanya dapat terjadi jika virus berada pada sel inang yang hidup. Berikut tahapan virus bekerja ketika menyerang sel hidup:

Gambar tahap infeksi virus

  • Virus menempelkan proteinnya pada reseptor yang ada pada permukaan sel hidup.
    Mekanismenya mirip dengan mekanisme kunci dan gembok, hanya kunci yang cocok saja yang mampu membuka gembok itu, jika kunci tidak cocok maka gembok tidak akan terbuka. Jika protein virus tidak cocok dengan reseptor yang ada pada permukaan sel, maka protein virus tidak dapat menempel pada reseptor tersebut dan akibatnya virus tidak bisa menginfeksi sel hidup tersebut. Mekanisme penempelan virus pada sel dapat dilihat pada gambar di atas dimana virus HIV menempel pada protein reseptor yang disebut dengan CD4 yang dapat ditemukan pada permukaan sel darah putih manusia.

  • Setelah menempel, virus mengeluarkan materi genetiknya (asam nukleat) ke dalam sel, kemudian virus mengambil alih sel.
    Pada tahap ini virus yang telah mengambil alih sel memrogram kembali sel tersebut untuk menjalankan fungsi yang diinginkan oleh virus, yaitu memroduksi produk-produk virus seperti asam nukleat dan protein virus. Bahkan, molekul-molekul sel itu sendiri seperti ATP (energy) juga ikut digunakan oleh sel yang telah dikendalikan untuk memroduksi “spare part” virus. Pengendalian sel oleh virus itu terjadi sebagai akibat dari masuknya materi genetik virus ke dalam sel dan kemudian bergabung dengan materi genetik sel dan memperbanyak diri. Pada kasus HIV, virus HIV menginjeksikan materi genetiknya yang berupa RNA (Ribonucleic Acid) ke dalam sel darah putih.

  • Virus-virus yang telah diperbanyak mendorong diri keluar sel membentuk virus baru yang siap untuk menginfeksi sel lain.
    Akhirnya, virus yang telah bereplikasi mencapai jumlah yang sangat banyak hingga sel tak mampu lagi menampungnya dan akhirnya sel meledak serta melepaskan partikel virus yang siap untuk menginfeksi sel-sel yang lain hingga akhirnya menimbulkan gejala –gejala penyakit pada inangnya. Pada tahap ini jumlah virus mencapai 10 hingga puluhan ribu, tergantung dari jenis virusnya. Pada gambar di atas dapat dilihat terdapat partikel virus yang telah lengkap keluar dari sel darah putih manusia.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: