Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Sederhana Untuk Mengenali Potensi Diri

informasitips.com – Setiap individu memiliki keunikan sendiri. Tak ada manusia yang persis sama di muka bumi ini. Baik dalam hal fisik maupun psikis. Seseorang memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu, memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda pula. Seringkali terjadi kebingungan di dalam diri seseorang untuk mengetahui apa yang menjadi bakat dan minatnya. Hal ini khususnya mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan-keputusan besar dalam hidupnya. Misalnya dalam memilih sekolah, memilih jurusan dan memilih suatu bidang pekerjaan. Terkadang seseorang memilih jurusan tertentu hanya untuk ikut-ikutan, hanya mengikuti keinginan orang tua, atau yang lebih parah menjalani sesuatu tanpa ada arah tujuan..hanya sekedar kuliah untuk mendapatkan selembar ijazah atau hanya sekedar bekerja untuk mendapatkan gaji untuk bisa menjaga kelangsungan hidup, tanpa merasakan adanya semangat dan gairah yang kuat untuk melakukan sesuatu kegiatan tersebut.

Kehidupan yang biasa-biasa saja telah begitu banyak terjadi di dalam dunia ini, namun untuk bisa menjadi seseorang yang maksimal, kita tentu saja perlu mengenali potensi diri kita sendiri. Yakni bakat atau talenta yang kita miliki yang masih terpendam untuk kemudian digali, diasah dan dikembangkan menjadi sesuatu yang berarti. Kutipan yang mengatakan “The right man in the right place” adalah benar adanya. Dimana seseorang dengan kepribadian dan bakat tertentu akan lebih baik untuk ditempatkan bekerja pada bagian tertentu sesuai dengan bidangnya sehingga seseorang tersebut menikmati pekerjaannya dan seseorang yang menikmati pekerjaannya biasanya akan memberikan kontribusi yang baik.

Mengenal Potensi Diri

Saat ini ada beberapa cara yang sering digunakan untuk mengenali bakat dan minat seseorang. Pihak sekolah/perguruan tinggi dalam proses penerimaan siswa/mahasiswa baru dan perusahaan dalam merekrut karyawan biasanya menggunakan psikologi tes atau lebih sering disebut psikotes. Psikotes adalah suatu pemeriksaan psikologis, dengan alat-alat ukur tertentu (dalam bentuk soal-soal tes) yang diciptakan oleh para pakar psikologi, untuk membedakan perilaku seseorang dengan orang lain. Dimana melalui psikotes atau pemeriksaan psikologis ini maka dapat disimpulkan intelegensi, motivasi, karakter, kondisi emosional, bakat bahkan ketahanan kerja dari si pelamar tersebut. Hal ini tentunya akan sangat berkaitan dengan jenis pekerjaan yang tersedia. Dan yang saat ini juga sering digunakan adalah cara untuk mengenal bakat dan minat dengan cara finger print test. Fingerprint Test DIC (Dermatoglyphics Intelligence Capacity) adalah suatu sistem analisa sidik jari yang bertujuan untuk mengungkapkan potensi genetik (bawaan sejak lahir) seseorang dalam kaitannya dengan bakat, kecerdasan, kecenderungan karakter, dan motivasi.

Namun selain cara tersebut ada cara lain yang jauh lebih simple dan mudah dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Caranya adalah dengan langkah-langkah berikut :

  1. Tuliskan 10 kegiatan yang paling sering anda lakukan dan yang anda suka melakukannya. Hal ini bisa kegiatan yang anda lakukan di kantor, di rumah, atau dimana saja.
  2. Dari 10 kegiatan tersebut, pilih 5 kegiatan yang menurut anda paling disukai
  3. Kemudian dari 5 kegiatan yang telah anda pilih tersebut, pilih lagi 3 kegiatan yang menurut anda paling menyenangkan bagi anda.
  4. Yang terakhir adalah memilih 2 dari 3 kegiatan yang telah anda pilih. Biasaya 2 kegiatan tersebut akan linear dan berhubungan satu sama lain.

Dari hal itu anda bisa memutuskan apa bakat dan minat terbesar anda yang sebenarnya dan anda dapat mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan bakat dan minat anda tersebut.

Namun, mengenal bakat dan minat saja tidaklah cukup. Anda perlu menggali dan terus belajar untuk dapat mengembangkannya dan memiliki kehidupan yang maksimal.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

2 thoughts on “Tips Sederhana Untuk Mengenali Potensi Diri

  1. angelz

    Ak umur 22thn n skrg krja sbg internal audit.. Ak lulusan S1 accounting.. Ak uϑªh krja 2 tahun, n skrg ak pngin resign krn ak bosan dgn kondisi lingkungan krja na.. N ak pngin cri krjaan ЧªлG sesuai dgn minat ak, tp ak bngung bidang apa ЧªлG akan ak ambil.. Ak ingin test bakat minat, apakah itu perlu? N bdanya ap dgn test psikotest dll nya? N apakah ad rekomendasi tempat untuk test bakat minat?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: