Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengatasi Atap Rumah yang Bocor

informasitips.com – Rumah yang bersih, sehat, sejuk dan tentunya memiliki kualitas perlindungan yang maksimal adalah impian setiap penghuninya, termasuk Anda bukan. Lalu bagaimana jika, musim kemarau yang berlalu dan datangnya musim penghujan membawa rumah Anda pada ambang kerusakan yang kemungkinan besar hanya dipahami oleh beberapa keluarga saja. Kerusakan atau kesalahan kecil seperti keadaan atap rumah inilah yang sering dilalaikan hampir semua keluarga, dan nantinya menimbulkan kebocoran atap rumah.

Atap rumah adalah kunci dari isi rumah keseluruhan, kelalaian kecil saja dari pemberdayaan atap rumah akan membawa kerusakan terutama pada dinding dan tiang penyangga rumah. Mau tidak mau, tenaga, fikiran dan materi yaitu uang harus dikeluarkan untuk pembenahan atap rumah. Untuk itu harus Anda ketahui apa saja yang menjadikan atap rumah bocor, bagaimana mendiagnosa dan menganalisis kerusakan yang mungkin akan terjadi. Atap rumah yang bocor, merupakan hal yang biasa, dan hal ini tidak bisa dihindari karena sifat dari sebuah benda itu sendiri yang lama-kelamaan akan rusak.

Atap Rumah Bocor
Beberapa Penyebab Atap Bocor

Atap bocor biasanya disebabkan karena pemilihan bahan dasar bangunan dan bahan penguat atap yang asal-asalan atau dipilih bahan yang paling murah namun berkualitas kurang baik. Sebelum memasang semua peralatan atap, haruslah ditaksir penempatan material yang ada, sesuai tempat dan posisi yang tepat. Bahan baku untuk bangunan dan material, haruslah dipertimbangkan yang paling baik kualitasnya serta awet untuk digunakan pada jangka waktu yang panjang atau berkelanjutan.

Kesalahan pemasangan seperti genteng, talang maupun resplang mampu membuat air hujan khususnya dengan volume yang deras dan lebih akan menyebabkan air masuk pada sela-sela lubang atap yang tidak tertutup rapat, dan inilah yang menjadi kebocoran atap rumah.

Kemiringan dan peletakan atap rumah yang kurang baik, akan menjadi penyebab selanjutnya yang perlu diketahui para pembangun rumah. Kesalahan pada kontruksi bangunan adalah hal yang besar yang perlu dihindari, atap rumah yang lebih rendah daripada talang rumah akan menjadikan atap rumah bocor karena tumpah atau meluapnya air dari genteng. Hal ini bisa merembes pada dinding tembok dan menyebabkan lembabnya material lain rumah.

Cuaca yang ekstrim, dimana cuaca siang hari panas dan sorenya hujan deras akan ikut merusak bahan material. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, genteng dan atap rumah akan rapuh, dan inilah yang menyebabkan atap rumah bocor.

Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor

Gaya hidup yang sehat, membersihkan atap rumah secara berkala baik di musim kemarau ataupun musim penghujan akan membantu meminimalisir kebocoran atap rumah. Untuk atap yang kuat, perlu kontruksi, pemasangan, dan peletakan yang tepat. Gunakan cat pelapis genteng agar genteng satu dengan yang lainnya lebih rekat, sehingga kemungkinan kebocoran atap rumah bisa di cegah. Gunakan dan ganti material yang sudah rusak dengan segera, agar kerusakan tidak merembet ke material dan tempat-tempat lain di sekitarnya. Hal ini akan membuat kerusakan yang lebih banyak dan membuat Anda memerlukan tenaga, waktu dan uang yang berlipat untuk membenahi atap yang telah bocor. Kunci utama adalah menjaga kesehatan dan kebersihan bangunan tidak hanya di dalam rumah tetapi juga di luar rumah. Kegiatan seperti inilah akan mengatasi atap rumah yang bocor.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: