Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Orang Sering Menggigit Kuku?

informasitips.com – Salah satu kebiasaan yang tanpa sadar sering dilakukan orang adalah menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku atau dalam istilah medis disebut juga dengan Onikopagia (onychophagia), biasanya dilakukan pada saat seseorang sedang merasa bosan, stres, tegang, cemas, atau karena takut.

Beberapa fakta menarik tentang kebiasaan menggigit kuku:

  1. Orang biasanya menggigit kuku-kuku pada jari tangannya saat sedang tegang. Namun, ternyata ada pula orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku jari kakinya untuk mengatasi kecemasan. Cukup aneh ya?

  2. Kebiasaan menggigit kuku umumnya sudah mulai muncul pada masa kanak-kanak, dan bisa berlanjut sampai usia dewasa.
  3. Kebiasaan menggigit kuku merupakan salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan oleh anak-anak. Menurut studi, hampir sekitar 60% anak-anak memiliki kebiasaan menggigit kuku, sementara untuk remaja diperkirakan sekitar 45%.
  4. Kebiasaan menggigit kuku tanpa sadar dilakukan saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti menonton TV, membaca buku, atau saat menelepon.
  5. Sebagian besar kebiasaan sering menggigit kuku akan hilang pada usia 30 tahun.
  6. Pada usia 10 tahun ke atas, anak laki-laki ternyata lebih sering menggigit kuku dari pada anak perempuan.


Apa penyebab orang sering menggigit kuku?
Secara umum, penyebab orang menggigit kuku adalah karena orang tersebut sedang merasa bosan, stress, dan tegang. Bagi mereka yang sering menggigit kuku, kebiasaan tersebut dianggap sebagai cara ampuh untuk mengatasi kecemasan, ketegangan, dan stress yang dialaminya.

Penyebab lainnya adalah karena merasa frustasi, merasa sendiri (kesepian), dan bisa juga karena faktor turunan. Untuk kasus yang agak jarang terjadi, menggigit kuku juga bisa merupakan gejala gangguan psikologis tertentu seperti obsessive-compulsive disorder (OCD), yaitu gangguan psikologis berupa kecemasan yang berlebihan, obsesif, dan kompulsif, ditandai dengan pikiran-pikiran negatif seperti kegelisahan, ketakutan, dan kekhawatiran.

Faktanya, orang-orang yang memiliki kebiasaan mengigit kuku ternyata juga memiliki kebiasaan tak wajar seperti terlalu sering mencuci tangan mereka berulang-ulang, meski tidak kotor, dan kebiasaan terlalu sering memeriksa apakah pintu terkunci atau tidak, dimana kebiasaan-kebiasaan tersebut merupakan reaksi atas kecemasan dan kekhawatiran berlebih yang ada dalam diri orang tersebut.

Banyak juga anak-anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku ternyata juga memiliki masalah gangguan perilaku dan konsentrasi seperti ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) atau hiperaktif, sifat suka membangkang dan ketakutan untuk berpisah.


Apa dampak sering menggigit kuku?

  1. Saat seseorang menggigit kuku, sebenarnya tak hanya bagian kuku saja yang digigit, melainkan juga menggigit kutikula, dan jaringan kulit di sekitar kuku. Terlalu sering menggigit kuku dapat menyebabkan kerusakan saraf pada kuku dan kulit sekitar kuku, dan ini dianggap sebagai kebiasaan yang bisa melukai diri sendiri.

  2. Selain itu, kebiasaan menggigit kuku juga akan membuat jari menjadi kemerahan, perih, berdarah dan timbul infeksi. Bakteri dan virus dari jari dan kuku pun bisa pindah ke mulut dan ini cukup berbahaya karena beresiko menimbulkan masalah kesehatan bagi orang yang menggigit kuku.
  3. Menggigit kuku ternyata juga bisa merusak gigi, membuat gigi jadi tidak rapi dan mudah tanggal.
  4. Dampak secara psikologis, kebiasaan menggigit kuku terutama yang tanpa sadar dilakukan di tempat umum dapat menimbulkan perasaan malu dihadapan orang dan ini akan semakin menambah kecemasan dan kekhawatiran.
  5. Menggigit kuku tentunya akan merusak kuku, mengurangi keindahan kuku dan mengganggu pertumbuhan kuku.

Kebiasaan sering menggigit kuku

Bagaimana cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku?

  1. Olesi kuku dengan sesuatu yang pahit. Hal ini cukup ampuh dilakukan pada anak-anak untuk mencegah agar kebiasaannya menggigit kuku tak bertahan sampai ia dewasa.

  2. Jaga jangan sampai kuku terlalu panjang. Ketika kuku mulai panjang, segera potong. Hal ini akan mengurangi kebiasaan menggigit kuku.
  3. Bagi wanita yang memiliki kebiasaan menggigit kuku, dapat memulai untuk sering merawat kuku dengan perawatan manicure. Jika Anda mengeluarkan dana lebih untuk mempercantik kuku, maka otomatis timbul perasaan sayang dan ingin menjada kecantikan dan keindahan kuku Anda. Hal ini perlahan-lahan akan mengurangi kebiasaan menggigit kuku.
  4. Lakukan cara lain untuk menenangkan diri dan menghilangkan stress, misalnya dengan melakukan Yoga, meditasi, atau relaksasi dengan menarik nafas dalam-dalam.
  5. Cobalah menggunakan perban atau sarung tangan pada kuku. Meskipun cara ini terkesan aneh, namun kebanyakan orang menganggap cara ini cukup ampuh untuk mengurangi kebiasaan menggigit kuku.

Jika sudah dilakukan berbagai cara seperti yang dianjurkan di atas namun kebiasaan tersebut tak juga mau hilang, atau kebiasaan menggigit kuku dianggap sudah mengarah pada gangguan psikologis yang cukup serius, tak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter dan tenaga ahli untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: