Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Manusia Bermimpi?

Kenapa manusia bermimpiinformasitips.com – Pertanyaan tentang mimpi adalah pertanyaan yg tidak akan ada habisnya. Kita selalu merasa penasaran mengetahui arti dan makna yang tersembunyi baik mimpi kita maupun mimpi orang lain. Membahas mimpi adalah pembahasan yang luas, kompleks dan rumit. Tetapi pertanyaan utama kita disini adalah ” kenapa kita bermimpi?.”

Membantah Teori Darwinisme

Charles Darwin terkenal setelah mengeluarkan teori evolusi yg dimuat dalam bukunya THE ORIGIN OF SPECIES. Teori evolusi adalah sebuah pemikiran tentang asal-usul mahluk hidup. Darwin mencontohkan asal usul manusia adalah mahluk serupa kera yg mengalami proses evolusi selama kurang lebih 4 – 5 juta tahun. Pandangan ini juga menyatakan bahwa semua yg hidup dan yg mati di alam semesta ini muncul secara kebetulan. Itu artinya teori ini mengingkari keberadaan Tuhan. Para penganut paham Darwinisme berpendapat tidak ada unsur penciptaan yang memulai alam semesta dan segala isinya. Pemikiran inilah yg melahirkan ideologi materialisme.

Sebagai bangsa yang mengaku beriman, kita dapat menggugat mereka dengan mengajukan pertanyaan “Bagaimana dengan mimpi? darimana datangnya mimpi?”. Para penganut teori evolusi pasti bermimpi saat tertidur. lalu, “Siapa yg menciptakan mimpi?” Padahal mimpi begitu jelas mereka rasakan. Apakah mereka masih mengingkari adanya dunia gaib?

Mimpi adalah bukti bahwa ada dunia lain di luar sana. Dunia yg tidak bisa dilihat dengan mata biasa. Dan pasti selalu ada yang menciptakannya. Mimpi adalah salah satu bukti kebenaran bahwa Tuhan memang ada.

Memahami Diri Sendiri

Ada beberapa jenis mimpi yg patut untuk diketahui:

  1. Mimpi yg benar : Gambaran yg benar menurut akal batiniah, yg mengungkapkan kebenaran yg kokoh yg tersimpan dalam benak, benar bahasanya, dan menunjukkan makna yg konsisten.
  2. Mimpi yg mungkin benar : gambaran yg merefleksikan berbagai pikiran atau perbuatan. Perilaku ketika sadar tersimpan dalam hati lalu ia melihat perilakunya dalam mimpi.
  3. Mimpi kosong atau tidak bermakna : Mimpi yg bagian-bagiannya tidak dipahami oleh pemimpi sendiri. Kejadian-kejadiannya tidak dapat di ingat secara sistematis. Maknanya juga berlainan dan tidak sinkron.

Ada nabi yg menerima perintah Tuhan lewat jalur mimpi. Kita bisa menyebutnya sebagai mimpi yang benar. Tapi, bagi kita, tidak bisa sembarangan mengaku sebagai orang suci yang mimpi-mimpinya selalu benar. Maka dari itu pembahasan yang akan kita kupas di sini terkait jenis mimpi yang kedua, mimpi yg mungkin benar. Ada pula mimpi yang memiliki arti tertentu. Dan untuk mengetahuinya diperlukan pengetahuan seorang penakwil mimpi. Contohnya jika Anda bermimpi melihat ular itu pertAnda bahwa Anda sedang dicintai atau dirindukan oleh orang lain secara diam-diam.

Tapi kita tidak membahas hal semacam itu. Yg kita tekankan disini adalah mimpi sebagai sarana untuk memahami emosi dalam diri lalu memanfaatkannya untuk kebaikan kita.

Lebih menyenangkan bermimpi indah daripada mengalami mimpi buruk. Mimpi indah dan menyenangkan dampak berdampak baik bagi kondisi psikologis kita. Mimpi-mimpi seperti berjalan dipinggir pantai, melihat pemandangan alam sambil ditemani kekasih selalu menyenangkan untuk dilihat dan kita rela mengulanginya lagi. Tapi bagaimana dengan mimpi buruk? Mimpi dikejar setan, hantu, atau mahluk menyeramkan lainnya? Tidak semua mimpi buruk itu jelek. Banyak mimpi buruk yang dapat kita ambil pelajarannya karena mimpi juga bisa membantu kita memahami diri sendiri.

Seringkali psikiater mengajukan pertanyaan seputar mimpi pada pasiennya untuk memahami pola alam bawah sadar. Dengan cara ini psikiater mencoba untuk mengetahui apa yang dipikirkan dan emosi yang dirasakan oleh pasiennya, disinilah diperlukan keyakinan dan keterbukaan. Harus diakui, agak sulit untuk masuk dan menyelam ke dalam jiwa kita sendiri. Terlebih apabila kita memiliki pengalaman trumatis di masa lalu. Tapi biasanya hal itu hanya terasa di awal. Akan lebih mudah jika telah berlangsung beberapa waktu dan mulai terbiasa.

Ada makna simbolik terkait mimpi buruk. Sebagai contoh, seseorang yg bermimpi dikejar vampir haus darah. Kemanapun ia pergi, si vampir selalu dapat menemukannya. Meski si vampir tidak dapat menangkap lalu menggigit lehernya, tapi bayangan mahluk peminum darah yang menyeramkan itu selalu menghantui dan mengejar kemanapun ia lari.

Orang yg bermimpi seperti ini kemungkinan memiliki pernikahan yg tidak sehat. Potensi kerusakan bisa datang dari pasangannya yang memiliki sikap dingin, mendominasi, dan menakutkan. Maka, vampir dalam mimpinya adalah refleksi dari pasangannya yang seolah selalu berusaha menerornya. Rasa cemas, takut dan tertekan yang dirasakannya pada saat terjaga, menekan hingga ke bawah sadar. Dan ketika tidur, simbol ketakutan itu menampakkan diri dalam wujud vampir.

Mimpi di atas adalah sebuah pelajaran agar kita lebih terbuka kepada pasangan. Belum tentu pasangan kita semenakutkan yang kita kira. Belum tentu juga ia tidak peduli dengan apa yang kita rasakan. Pasangan kita juga manusia , ia pasti mengerti dan memahami apa yang kita rasakan jika kita mau terbuka dan jujur. Jika Anda ingin lebih jauh mengetahui makna di balik mimpi Anda, penulis menyarankan Anda untuk menemui psikiater.

Sesungguhnya pertanyaan “Kenapa kita bermimpi?” sama saja dengan bertanya, “Kenapa kita harus makan?.” Kita adalah mahluk hidup yg diberi akal pikiran. Dan mimpi adalah sebuah keniscayaan yg datang dari alam bawah sadar kita. Apapun mimpi kita, hendaknya kita selalu berpikiran positif. Jika mimpi buruk datang mengahantui, kita harus instropeksi diri. Lebih terbuka, namun juga harus berhati-hati dalam bertindak dan mengambil keputusan. Bukannya menjauh dan menghindar. Jika mimpi indah yg hadir, bersyukurlah. Anggap setiap hari adalah hari keberuntungan Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: