Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Lumut Disebut Tumbuhan Perintis?

informasitips.com – Di suatu tempat yang tandus dimana tidak ada satu tumbuhan yang hidup di sana, maka kehidupan di tempat seperti itu akan diawali dengan munculnya tumbuhan perintis. Tumbuhan perintis akan mengawali terciptanya suatu ekosistem dalam suatu lingkungan yang ekstrim, seperti lahan tandus. Di tempat yang seperti itu biasanya kondisinya serba kurang memadai, mulai dari nutrisi hingga keadaan tanahnya yang sulit ditumbuhi. Oleh karena itu diperlukn tumbuhan yang dapat hidup meski dalam keadaan ekstrim sekalipun. Contoh tumbuhan yang seperti itu adalah lumut.

Lumut Tumbuhan Perintis

Lumut dapat tumbuh pada bebatuan, serta dapat memecahnya sehingga dari bebatuan tersebut akan tersedia berbagai mineral yang dapat mendukung kehidupan selanjutnya. Proses pecahnya batu dapat disebabkan karena tumbuhan lumut dapat mengeluarkan senyawa asam yang dapat menghancurkan bebatuan. Tidak hanya mineral, dari koloni tumbuhan perintis yang telah mati akan tersedia sumber organik yang akan menjadi tanah, sehingga sumber organik tersebut dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan-tumbuhan lain untuk proses tumbuhnya mereka pada lingkungan yang tadinya ekstrim itu.

Selain lumut, tumbuhan perintis yang lain adalah pakis dan gulma. Tanpa tumbuhan perintis, suatu ekosistem tidak akan pernah berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih