Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Kita Mimisan?

informasitips.com – Mimisan atau keluarnya darah dari hidung merupakan kejadian yang sering dialami oleh seseorang. Kadang-kadang Kita merasa malu jika harus mengalami mimisan di depan umum. Meski begitu, mimisan bukanlah suatu hal serius yang harus ditakuti, Kamu hanya harus duduk atau berdiri dengan tegak (jangan tiduran) sehingga posisi hidung berada di atas dada jika ingin menghentikan keluarnya darah akibat mimisan. Mimisan atau dikenal juga dengan epistaksis setidaknya terjadi sekali dalam hidup seseorang.

Penyebab Mimisan

Sebenarnya, mengapa seseorang sampai mengalami mimisan? Apa penyebabnya? Suatu hal yang wajar jika mimisan sampai terjadi, bagaimana tidak? Hidung yang terletak tepat di bagian tengah wajah dan penuh dengan pembuluh darah di area sekitarnya membuatnya rentan mengalami mimisan. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan terjadinya mimisan:

  • Mimisan dapat terjadi secara spontan ketika seseorang mengorek hidungnya dimana selaput lendir di dalamnya kering.
  • Mimisan juga biasa terjadi pada mereka yang minum antikoagulan, seperti aspirin. Jika mimisan sampai terjadi pada pasien yang mengonsumsi antikoagulan, pasien hipertensi atau pasien dengan kelainan pada pembekuan darah, maka mimisan dapat berlangsung lama bahkan bisa mencapai 20 menit.
  • Trauma yang terjadi di wajah juga dapat menyebabkan mimisan. seperti yang telah disebutkan di atas bahwa hidung terletak pada pusat wajah dimana terdapat banyak pembuluh darah di bawahnya, karena hal itu maka sedikit luka pada wajah dapat menyebabkan terjadinya mimisan.
  • Perubahan suhu yang mendadak dari panas ke dingin atau dingin ke panas juga dapat menyebabkan terjadinya mimisan. Hal itu sering terjadi di luar negeri yang mengalami 4 musim, sedangkan di Indonesia suhunya relatif konstan sehingga mimisan karena hal tersebut jarang terjadi.
  • Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan juga dapat menjadi penyebab dari mimisan.
  • Seperti telah disebutkan di atas bahwa darah tinggi atau hipertensi memiliki kaitan dengan mimisan. Berdasarkan penelitian, hal tersebut memang telah terbukti, adanya hubungan antara darah tinggi dengan mimisan. beberapa ahli mengatakan bahwa kondisi darah tinggi pada seseorang akan memperlama keluarnya darah dari hidung ketika mereka menderita mimisan.

Cara Sederhana Mengatasi Mimisan

Tentunya tidak nyaman jika darah keluar terus dari hidung saat Anda mengalami mimisan. Hal yang pertama dipikirkan adalah cara untuk menghentikan keluarnya darah tersebut. Nah, berikut ini langkah pertama yang harus dilakukan ketika Kamu mimisan:

  • Posisikan tubuh Anda dalam keadaan duduk tegak dan bersandar ke depan. Dengan posisi tegak berarti Kamu telah mengurangi tekanan pada pembuluh darah di hidung, sehingga akan mengurangi keluarnya darah. Posisi bersandar ke depan akan mencegah tertelannya darah yang tentunya akan terasa tidak enak di perut.
  • Jepit hidung Kamu pada bagian yang lembut. Gunakan jempol dan jari telunjuk untuk melakukannya. Ingat ya, Kamu harus menjepit kedua bagian lubang hidung Kamu meski yang mengeluarkan darah hanya satu sisi saja. Dalam keadaan terjepit, untuk sementara bernafaslah dengan menggunakan mulut. Jepit hidung Kamu selama kurang lebih 5-10 menit. Cara ini sangat efektif untuk menghentikan keluarnya darah dari hidung.
  • Ulangi. Jika darah tidak juga berhenti keluar, maka ulangi langkah di atas sampai kira-kira 15 menit. Biasanya langkah-langkah tersebut efektif untuk menghentikan mimisan.
  • Jika darah telah berhenti keluar, maka usahakan untuk tidak mengorek-ngorek hidung Kamu lagi, serta hindari posisi menunduk pada tubuh Kamu untuk beberapa jam ke depan. Posisi kepala Anda harus lebih tinggi daripada jantung Anda, oleh karenanya jangan berbaring dulu.

Semoga bermanfaat ya…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: