Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan Siang?

informasitips.com – Mengantuk sehabis Kita menyantap makan siang rasanya adalah hal yang banyak dialami oleh setiap orang. Tidak jarang juga yang menuruti rasa ngantuk tersebut untuk kemudian tidur sebentar sebelum kembali melanjutkan aktivitasnya. Biasanya kalau sudah tidur, Kita akan merasa lebih baik setelahnya. Pertanyaannya, apakah mengantuk setelah makan siang itu normal? Ataukah itu merupakan suatu kelainan?

Merasa ngantuk setelah makan siang merupakan hal yang sangat normal, hampir setiap orang mengalaminya. Hal apa yang mungkin bisa menyebabkan hal tersebut? Banyak spekulasi berkembang terkait munculnya rasa kantuk itu. Ada yang menyebutkan bahwa rasa kantuk yang dirasakan setelah seseorang makan siang disebabkan oleh berubahnya aliran darah yang tadinya menuju otak, namun setelah makan siang darah lebih banyak mengalir ke perut agar proses pencernaan berjalan dengan lancar. Hal itu mungkin populer berkembang di kalangan masyarakat, namun sebenarnya tidak masuk akal, jika memang begitu, lalu kenapa Kita tidak merasakan ngantuk setelah menyantap sarapan atau makan malam? Jelas sudah, kalau mengantuk setelah makan siang itu tidak terkait dengan berubahnya aliran darah.

Beberapa orang ada yang berpendapat bahwa rasa kantuk yang muncul disebabkan oleh komponen atau senyawa yang terkandung di dalam makanan. Sebut saja makanan yang mengandung melatonin, yaitu suatu hormon yang berperan penting dalam mengatur waktu tidur seseorang. Pada kenyataannya, melatonin yang terkandung dalam makanan berada dalam kadar yang rendah sehingga tidak cukup dosis untuk memengaruhi waktu tidur manusia.

Makanan lain yang mengandung asam amino triptofan mungkin dapat menyebabkan seseorang merasa sedikit mengantuk, namun tetap saja rasa kantuk yang dirasakan setelah makan siang lebih besar dari itu. Jadi, penyebabnya bukanlah berasal dari makanan yang Kita makan. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari munculnya rasa kantuk setelah seseorang makan siang?

Ada dua hal utama yang menyebabkan seseorang merasa ngantuk setelah mereka makan siang. Sebenarnya, kata-kata “setelah makan siang” tidaklah tepat, karena memang pada saat itulah tubuh manusia secara alami akan merasa ngantuk. Hal itu terkait oleh dua hal, yaitu pengaturan homeostasis tidur dan circadian rhythm atau jam biologis tubuh.

Pengaturan homeostasis tidur maksudnya adalah, secara alami, jika seseorang telah lama terjaga (telah lama bangun dari tidurnya), maka di dalam otak manusia akan terjadi akumulasi adenosine. Semakin lama seseorang melek dari tidur terakhirnya, semakin tinggi kadar adenosine yang terakumulasi di otaknya, yang berarti semakin besar keinginan orang itu untuk tidur. Itu artinya di waktu siang hari kadar adenosine yang terdapat di otak jauh lebih tinggi dibandingkan saat pagi hari. Itulah sebabnya Kamu merasakan ngantuk di siang hari, yang kemudian orang mengaitkan rasa kantuk tersebut dengan makan siang.

Penyebab kedua dari munculnya rasa kantuk di waktu siang adalah circadian rhythm pada tubuh manusia. Circadian rhythm di sini maksudnya adalah jam biologis yang mengatur periode waktu seseorang untuk bangun ataupun tidur. Circadian rhythm tersebut merupakan suatu sinyal yang memiliki pola tertentu, kadang naik, kadang turun. Nah, di saat siang hari, kira-kira pukul 13.00-15.00 (umumnya sehabis makan siang), sinyal circadian rhythm mengalami penurunan, yang berarti bahwa tubuh menginstruksikan kita untuk istirahat atau tidur. Jika Kamu tidak cukup tidur saat malam sebelumnya, maka rasa kantuk yang Kamu alami akan semakin besar. Namun, jika durasi tidur Kamu cukup, maka intensitas kantuknya akan kecil. Jam biologis tubuh ini diatur oleh bagian otak yang disebut Suprachiasmatic Nucleus atau biasa disingkat dengan SCN.

Nah, itu dia penjelasannya mengapa Kita seringkali mengantuk di waktu-waktu setelah makan siang. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: