Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Kita Harus Sarapan?

informasitips.comMengapa kita harus sarapan? Mengapa sarapan itu penting? Banyak sekali keuntungan yang akan kita peroleh dengan terbiasa sarapan. Temukan jawaban mengapa sarapan itu sangat penting bagi kita di artikel ini!

Kata sarapan sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sejak kecil, ibu selalu menekankan untuk sarapan sebelum berangkat sekolah. Tapi, sejak kecil pula kita sering bandel dan malas sarapan. Sebenarnya kebiasaan makan pagi ini sangat penting untuk kesehatan kita, bahkan bagi anda yang sedang menjalani diet. Percayalah bahwa sarapan lebih penting daripada alasan yang kerap kali digunakan untuk menghindarinya.


Alasan Menolak Sarapan
Beberapa orang tidak mau membiasakan sarapan karena beberapa alasan berikut:
1. Sedang diet
2. Terburu-buru/tidak sempat
3. Tidak suka dengan makanan yang disajikan
4. Belum lapar



Mengapa Sarapan Penting?
Sarapan bukan hanya cara untuk memperoleh energi tapi juga cara memperoleh berbagai manfaat kesehatan dan psikologi. Pada malam hari kita tidur selama 7-8 jam. Saat tidur gerak peristaltik pada pankreas dan produksi getah pencernaan meningkat. Ini menyebabkan sisa makanan di saluran pencernaan terkuras sehingga pada pagi hari perut anda benar-benar dalam keadaan kosong. Keadaan ini juga menyebabkan gula darah menurun.

mengapa sarapan penting untuk mengawali hari kita?

Pagi hari adalah saat memulai berbagai aktivitas, baik sebagai pelajar, karyawan, pengusaha, bahkan ibu rumah tangga. Anda memerlukan energi untuk melakukan seabreg aktivitas tersebut sampai jadwal makan siang. Kegiatan yang anda lakukan tentu tidak hanya memerlukan energi, namun juga pikiran. Anda akan bisa melaksanakan tugas apapun dengan optimal ketika energi dan otak dalam keadaan siap. Nah, dari dua proses itulah sarapan menjadi kebiasaan yang sangat penting bagi kehidupan.

  • Sarapan akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Gula darah tidak hanya diproses untuk menjadi energi, tapi juga digunakan sebagai makanan otak. Karena beraktivitas memerlukan energi dan pikiran, maka sarapan menjadi keharusan untuk mengawali hari anda. Sarapan seperti senjata yang harus dimiliki sebelum bertempur.

  • Selain diperlukan untuk berpikir dan beraktivitas, sarapan juga akan menghindarkan anda dari penyakit diabetes. Dengan sarapan maka kadar gula darah akan stabil. Jika anda tidak makan pagi, tubuh akan kekurangan gula darah dalam jangka waktu lama. Biasanya orang yang tidak sarapan akan makan banyak sekaligus di siang hari sehingga gula darah melonjak. Kadar gula darah yang tidak stabil inilah awal mula terjadinya diabetes.
  • Sarapan akan menghindarkan anda dari obesitas. Seseorang yang tidak makan pagi akan makan jauh lebih banyak saat siang hari. Penelitian membuktikan cara seperti ini membuat anda 4x lebih gemuk. Selain itu, orang yang tidak sarapan biasanya akan merasa lapar pada jam 09.00-10.00 WIB. Untuk mengatasinya mereka akan makan makanan kecil yang mengandung lebih banyak lemak, sehingga saat siang hari lambung terlalu penuh dengan makanan. Ini juga menyebabkan kegemukan.
  • Alasan lain perlunya sarapan adalah untuk membina keharmonisan keluarga. Makan pagi bisa dijadikan momen berkumpul keluarga sebelum berangkat kerja atau sekolah. Tentu kehangatan keluarga akan membuat kenyamanan tersendiri sehingga menjaga “mood” anda saar bekerja.



Akibat tidak sarapan
Karena otak tidak diberi makanan, maka tentunya tidak bisa digunakan dengan baik. Sudah menjadi rahasia umum kalau pelajar yang biasa sarapan lebih baik prestasinya. Sedangkan yang mengabaikan sarapan biasanya kurang bergairah menerima pelajaran, kurang konsentrasi, dan menurunkan kepekaan. Begitu juga dengan para pekerja. Itu artinya meninggalkan makan pagi sama dengan membuat diri anda menjadi lebih bodoh.

Meninggalkan sarapan juga akan merusak otak. Jika gula darah menurun drastik maka akan terjadi hipoglikemia yang berakibat pada kerusakan saraf-saraf otak.

Kebiasaan tidak makan pagi akan mengurangi pendapatan. Jika otak tidak bisa konsentrasi dan tubuh dalam keadaan loyo kurang energi, maka hasil pekerjaan anda tidak maksimal, begitu pula dengan pelajar. Orang yang tidak sarapan mungkin akan makan pada pukul 09.00-10.0 WIB sehingga konsentrasi malah akan terpecah. Ingat, cara mendapatkan konsentrasi jangka panjang adalah menyiapkan segala keperluan sebelum mulai sesuatu, termasuk sarapan.

Karena anda meninggalkan sarapan yang kaya gizi maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Dunia luar merupakan tempat berkumpulnya berbagai macam kuman dan toksin, jika anda pergi tanpa senjata (gizi), sama saja menyerahkan diri pada musuh.

Bagi pelajar meninggalkan sarapan sama dengan mendidik boros. Mereka akan jajan sembarangan pada jam istirahat yang belum tentu bersih dan bergizi. Dengan memberinya sarapan maka kebiasaan jajan bisa dikurangi, dan makanan yang mereka makan lebih aman. Jika anda seorang ibu yang tidak sempat membuat sarapan, ada baiknya anda temani si kecil membeli sarapan sehingga mereka tidak jajan sembarangan.



Menu sarapan yang baik
Menu yang baik tentu sesuai dengan kebutuhan tubuh. Menu sarapan bisa berbeda tergantung kebutuhan individu. Tentu saja menu anak SD tidak sama dengan menu pekerja bangunan.

Lambung sudah berpuasa semalaman, karenanya mulailah minum atau makan sesuatu yang manis dan ringan seperti teh dan roti. Menu sarapan untuk pelajar atau karyawan sebaiknya mengandung suplemen otak seperti protein, kafein, coklat, dsb. Jangan mengkonsumsi banyak karbohidrat karena akan menimbulkan rasa kantuk. Karbohidrat mudah dicerna sehingga gula darah naik dengan cepat dan perut mudah lapar kembali. Pelajar tidak memerlukan banyak energi, tapi lebih memerlukan kerja otak secara optimal. Menambahkan serat pada makanan juga baik agar tidak mudah lapar, sehingga bisa tetap konsentrasi.

Jika pekerjaan anda memerlukan energi dalam jumlah luar biasa, maka banyak karbohidrat dan lemak tidak salah. Hal ini dimaksudkan agar anda segera mendapat cukup energi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Menu yang baik untuk perempuan yang sedang diet adalah buah. Buah kaya akan serat sehingga anda tidak mudah lapar. Buah mengandung gula yang bisa langsung diserap, jadi tidak perlu khawatir. Salad, yogurt, dan protein bisa menjadi pilihan bagi anda.

Setelah mengetahui betapa besar manfaat sarapan, masihkan anda ingin meninggalkannya? Jika untuk berpenampilan secara fisik saja menjadi begitu penting, kenapa tidak untuk tubuh kita? Padahal tubuh sehat akan membuat anda semakin menarik. Sekarang saatnya kita menyayangi tubuh dengan membiasakan sarapan sehat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Mengapa Kita Harus Sarapan?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: