Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Kecambah Baik Untuk Kesehatan?

informasitips.com – Kecambah kerap digunakan dalam berbagai kuliner khas Indonesia, seperti pada soto sokaraja. Hal itu tidak mengherankan karena kecambah merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Kecambah berasal dari biji yang didiamkan dalam kondisi tertentu selama beberapa waktu. Kecambah sebenarnya adalah tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Seiring dengan terjadinya perkecambahan, peningkatan kandungan nutrisi di dalamnya juga terjadi. Biasanya, setelah melalui tujuh hari proses perkecambahan kepadatan nutrisinya mencapai maksimal, itulah saat yang tepat untuk memanen kecambah.

Mengonsumsi kecambah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa alasan mengapa kecambah baik untuk kesehatan:

Kecambah Kaya akan Vitamin

Meski bagi sebagian orang kecambah terlihat tidak menarik, bahkan ada juga yang tidak menyukainya, namun kecambah memiliki kandungan vitamin yang amat kaya. Kecambah mengandung vitamin A, B kompleks, vitamin C dan E. Beberapa hari dari proses perkecambahan ternyata kandungan vitamin A nya meningkat hingga 20% bila dibandingkan pada saat masih biji. Menurut sebuah penelitian, saat biji berkecambah kandungan vitamin B1-nya bisa meningkat sangat drastis hingga 285%.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kecambah dalam menurunkan berat badan dikarenakan kecambah kaya akan kandungan serat, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuhnya dan berperan penting dalam mengeluarkan toksin dari tubuh.

Kecambah Kaya Antioksidan

Tidak hanya kaya akan vitamin, kecambah juga mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi sangat esensial bagi kesehatan rambut, kulit, kuku, dan lain sebagainya.

Kecambah Baik Untuk Rambut

Karena kecambah kaya akan vitamin C dan antioksidan, maka kecambah memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Vitamin C berperan dalam pertumbuhan rambut yang kuat, sehingga dapat tumbuh panjang dengan baik dan membuat pemiliknya menjadi enak dipandang. Antioksidan dalam kecambah akan memastikan bahwa rambut terbebas dari serangan radikal bebas yang dapat membuatnya kusam, rusak, dan tipis, karena rambut menjadi lemah.

Kecambah Kaya Zat Besi

Kecambah memiliki peran dalam proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh, karena kecambah kaya akan zat besi yang merupakan inti dari haemoglobin yang berperanan dalam proses pengangkutan oksigen untuk jalannya metabolisme di dalam tubuh.

Kecambah Dipadati Asam Lemak Esensial

Kecambah mengandung berbagai asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri di dalam tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan. Mengonsumsi kecambah akan membuat Anda mendapatkan tambahan nutrisi asam lemak esensial yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Membuat Tubuh Menjadi Alkali

Kecambah juga memiliki peranan dalam membuat tubuh menjadi lebih alkali. Dalam suasana yang asam, tubuh cenderung rentan untuk terserang berbagai penyakit. Netralisasi dan/atau bahkan alkalinisasi tubuh akan membuat tubuh menjadi lebih tahan dalam menghadapi serangan penyakit, di situlah kecambah mengambil perannya dalam membuat tubuh menjadi lebih sehat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: