Informasi dan Tips – informasitips.com

Kenapa Gajah Suka Mengamuk?

informasitips.com – Pada umumnya, gajah yang suka mengamuk adalah gajah berkelamin jantan. Sudah banyak yang menjadi korban dari kejadian gajah mengamuk, yang paling terbaru terjadi di Indonesia adalah insiden dokter yang diinjak gajah ngamuk di Wonogiri.

Para penjaga atau pawang gajah jantan sangat diperingatkan untuk berhati-hati dalam menjalankan pekerjaan mereka, karena gajah jantan kerap mengamuk dan akan sangat membahayakan. Bukan hanya manusia yang menjadi korban dari gajah yang mengamuk, tapi kerap kawanannya sendiri atau bahkan anak gajah juga rentan untuk menjadi korban amukan gajah jantan.

Mengapa Gajah Jantan Mengamuk?

Pada gajah jantan terdapat siklus tahunan dimana agresivitas mereka dapat meningkat dengan tajam. Siklus tahunan tersebut terkait dengan terjadinya peningkatan hormon testosteron yang juga ditandai dengan seringnya urinasi dengan aroma sangat kuat dan produksi suara gemuruh berfrekuensi rendah secara terus-menerus.

Peningkatan hormon testosteron itu tentunya terkait dengan tingginya keinginan gajah jantan untuk kawin (mating). Tanda lainnya yang menyertai amukan gajah adalah terjadinya pembengkakan kelenjar temporal yang kemudian mensekresi cairan lengket yang akan meninggalkan noda pada sisi wajah sang gajah (lihat gambar berikut).

Gajah Mengamuk

Gajah jantan dewasa yang agresif dapat menyerang secara acak, termasuk gajah di dalam kawanannya, binatang lain, menyerang sebuah pemukiman, dan menyerang orang-orang di sekitarnya.

Gajah yang mengamuk tidak bisa ditangani dan sangat berbahaya. Hal yang paling dianjurkan saat melihat gajah mengamuk adalah berlari menghindarinya.

Gajah Asia pada umumnya mengalami siklus mengamuk pada saat usianya mencapai 20 tahun, sementara gajah Afrika akan mencapai tahap itu saat usia mereka menginjak 25 tahun atau lebih.



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: