Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Es Mencair Jika Diberi Garam

informasitips.com – Di antara kita mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa garam dapur (NaCl) dapat mencairkan es? Sebenarnya apa yang terjadi sampai es yang padat itu bisa mencair ketika diberi garam?

Sebelumnya, Kamu pasti tahu kan berapa titik beku air hingga air bisa berubah menjadi es? Ya tepat sekali, titik beku air adalah 0 (nol) derajat Celsius atau 32 derajat Fahrenheit. Hal tersebut berarti ketika kita meletakkan segelas air pada tempat bertemperatur 0 derajat Celsius, maka air tersebut akan membeku dan menjadi es. Apa yang terjadi ketika kita menambahkan garam pada es tersebut? Yang akan terlihat adalah es akan mencair ketika diberi garam. Kok bisa ya?

Mengapa Es Mencair diberi Garam

sumber gambar: ehow.com

Pada saat es diberi garam, maka lapisan air yang berada dalam bentuk cair yang ada di permukaan es akan melarutkan garam. Hal tersebut akan memengaruhi lapisan-lapisan air berikutnya, sehingga pada saat itu titik beku air akan menurun dari 0 derajat Celsius atau dari 32 derajat Fahrenheit menjadi 20 derajat Fahrenheit. Jadi, pada ruang dengan temperature 0 derajat Celsius, air yang telah bercampur dengan garam tidak lagi membeku dan es akan mencair. Penurunan titik beku air dari 32 derajat Fahrenheit menjadi 20 derajat Fahrenheit disebut dengan sifat koligatif larutan. Percobaan di laboratorium dengan kondisi yang terkontrol bahkan menunjukkan bahwa larutan garam akan membeku pada temperatur -6 derajat Fahrenheit.

Sekarang jadi lebih jelas bukan kenapa es bisa mencair ketika diberi garam.

Referensi:

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih