Mengajarkan Nilai Kepekaan Positif Kepada Anak

Dari artikel utama 8 Nilai Penting yang Harus Diajarkan Orang Tua Kepada Anak

informasitips.com – Ajarkan anak untuk peka terhadap apa yang dirasakan orang lain. Ajarkan tentang simpati dan empati pada anak Anda. Dengan melatih kepekaan pada anak maka akan membuat anak menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak, berusaha untuk tidak menyakiti atau merugikan orang lain. Karena meskipun manusia memiliki hak azazi untuk melakukan banyak hal, namun hak azazi tersebut tentunya juga dibatasi oleh hak orang lain. Jangan sampai melakukan sesuatu atas nama hak azazi namun merugikan atau bahkan merampas hak orang lain.

Kepekaan yang diasah juga akan melahirkan sikap lebih ikhlas dalam berbagi dan menolong orang lain. Anak dengan kepekaan yang baik akan lebih peduli pada hal-hal disekitarnya. Hal ini tentulah nilai yang amat penting untuk ditanamkan kepada anak. Karena, sehebat apapun manusia, sepandai apapun manusia, tetap akan menjadi “biasa” saja bila tidak bisa memberikan manfaat untuk orang lain di sekitarnya.

Anak dengan kepekaan yang baik akan berusaha untuk tidak melukai dan merugikan orang lain. Saya pribadi berpendapat bahwa nilai kepekaan ini merupakan nilai yang juga harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena tanpa kepekaan yang baik, seorang pemimpin tidak akan peduli pada apa yang dirasakan dan dialami orang yang dipimpinnya.

Meskipun nilai kepekaan ini diperlukan, namun tetap saja jangan sampai hal tersebut menjadi berlebihan. Karena kepekaan yang terlalu berlebihan hanya akan menjadi bomerang bagi si anak itu sendiri dan akan melemahkan dirinya bahkan akan menghambatnya dalam meraih kesuksesan. Itu sebabnya mengapa saya menyebut kepekaan di sini dengan istilah kepekaan positif.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>