Informasi dan Tips – informasitips.com

Menengok Keindahan Curug Cilember

informasitips.com – Pernahkah Anda mendengar kata Curug Cilember? Mungkin bagi sebagian orang, kata Curug Cilember terdengar cukup asing. Padahal sebenarnya Curug Cilember adalah tempat wisata alam yang sangat indah. Curug merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti air terjun. Curug Cilember merupakan air terjun yang berada di kawasan perbukitan Hambalang, tepatnya di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Kawasan ini terletak di ketinggian 700 meter diatas permukaan air laut dengan temperature rata-rata 15-25 derajat celcius. Curug Cilember sering disebut juga disebut sebagai Curug 7 Cilember, karena air terjun ini terdiri dari 7 buah air terjun di ketinggian berbeda dengan jeram tertinggi setinggi kurang lebih 40 meter. Kawasan wisata Curug Cilember didominasi oleh hutan pinus merkusi. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit III dan juga PHBM Jawa Barat.

Menuju Curug Cilember

Dari Bogor, Curug Cilember dapat ditempuh dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan angkutan umum. Jika Anda menggunakan angkutan umum, maka Anda bisa naik angkutan umum jurusan Sukasari-Bubulak yang bernomor 02. Setelah sampai di Sukasari, maka Anda harus naik angkutan umum jurusan Sukasari-Cisarua dan sesampainya di Cisarua, Anda dapat menggunakan jasa ojek untuk sampai di lokasi Curug Cilember. Lamanya perjalanan dari Bogor sekitar 1,5 jam.

Dari Curug 7 hingga Curug 1

Indahnya Curug Cilember

sumber gambar: aquperikecil22.blogspot.com

Lho? Mengapa urutannya terbalik, yaitu dari Curug 7 hingga ke Curug 1? Karena curug yang paling dekat dengan pintu masuk kawasan wisata Curug Cilember dinamakan Curug 7. Curug ketujuh merupakan curug yang akan menyambut Anda pertama kali. Curug ini paling ramai kondisinya, karena paling mudah juga diakses. Curug ini memiliki 2 cabang air yang akan mengalir menuju kolam penampungan alami di bawahnya. Sebagian besar pengunjung Curug Cilember lebih memadati curug ini dibandingkan 6 curug lainnya. Selain digunakan sebagai tempat mandi dan berendam, lokasi Curug 7 juga sering digunakan sebagai lokasi pemotretan pre wedding.

Setelah Curug 7, perjalanan bisa dilanjutkan menuju curug-curug yang lain. Urutan selanjutnya adalah Curug 6, tetapi karena belum ada jalan setapak yang layak menuju curug ini, maka sebagian besar pengunjung Curug Cilember akan melanjutkan perjalanannya ke Curug 5. Curug 5 merupakan curug yang disebut-sebut sebagai curug terindah diantara kumpulan curug yang membentuk Curug Cilember. Keindahan Curug 5 disebabkan oleh aliran airnya yang bertingkat-tingkat. Curug ini bersama Curug 7 merupakan 2 curug yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung Curug Cilember.

Setelah Curug 5, maka perjalanan bisa dilanjutkan ke Curug 4 dan Curug 3. 2 curug ini terletak tidak begitu jauh dari Curug 5, tapi medannya cukup sulit, karena harus melalui jalan menanjak yang sangat licin. Belum lagi banyak terdapat lintah-lintah penghisap darah yang menempel di dedaunan di sepanjang jalan menuju Curug 4 dan Curug 3. Disarankan agar Anda memakai jaket yang cukup tebal sehingga terhindar dari gangguan lintah penghisap darah.

Setelah Anda sampai di Curug 4 dan Curug 3, maka perjalanan dapat dilanjutkan menuju Curug 2. Curug 2 terletak agak jauh dari Curug 3. Kondisi jalan antara Curug 3 dan Curug 2 cukup terjal dan curam dengan kemiringan antara 40 hingga 60 derajat. Sesampainya di Curug 2, perjalanan bisa dilanjutkan menuju Curug 1 tapi Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan kaki dari Curug 2. Banyak orang tidak mengetahui jalan menuju ke lokasi Curug 1, sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk menyewa pemandu jalan jika Anda betul-betul berminat menuju Curug 1.

Legenda Curug Cilember

Menurut legenda, Curug Cilember merupakan tempat peristirahatan seorang putri Sunda yang cantik jelita. Putri itu dikenal karena awet muda dan, menurut legenda, yang menyebabkan putri tersebut menjadi awet muda adalah karena kebiasaan uniknya, yaitu membasuh wajahnya dengan air dari tujuh curug di kawasan Curug Cilember.

Dalam lokasi Curug Cilember juga terdapat sebuah makam kuno yang menurut masyarakat sekitar curug merupakan makam dari Embah Jaya Sakti yang konon masih keturunan Prabu Siliwangi dari Kian Santang.

Sarana dan prasarana Curug Cilember

Berdasarkan pengalaman saya, fasilitas di Curug Cilember terbilang cukup lengkap. Mulai dari toilet yang bersih, lahan parkir, lahan camping, pos jaga dan pos bantuan serta penginapan yang disebut Jungle Lodge. Jika Anda menginap di Jungle Lodge maka Anda akan dapat menikmati pemandangan langsung ke arah Curug 7. Kelengkapan sarana dan prasarana Curug Cilember menyebabkan Curug Cilember sering dijadikan tempat kegiatan outbond oleh anak-anak sekolah mulai dari usia SD hingga SMA. Curug Cilember sangat cocok digunakan sebagai tempat pengenalan alam kepada anak-anak usia sekolah.

Flora dan Fauna Curug Cilember

Secara umum, kawasan wisata Curug Cilember didominasi oleh pinus merkusi. Selain itu terdapat semacam tumbuhan paku-pakuan dan suplir. Untuk faunanya terdapat burung kutilang, prenjak, dan yang terkenal adalah 12 species kupu-kupu hutan.

Nuansa alami khas pegunungan Pasundan yang ditawarkan oleh kawasan wisata Curug Cilember tidak hanya menarik wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing. Apakah Anda ingin menjadi salah satunya? Cobalah!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: