Informasi dan Tips – informasitips.com

Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak

cara menanamkan rasa tanggung jawab pada anakDari artikel utama 8 Nilai Penting yang Harus Diajarkan Orang Tua Kepada Anak

informasitips.com – Tanggung jawab tak hanya perlu diperkenalkan dan diajarkan, namun juga perlu ditanamkan kepada anak. Nilai ini perlu diajarkan dan ditanamkan karena seseorang tidak akan tahu bagaimana caranya bertanggung jawab bila tidak pernah diajarkan. Nilai tanggung jawab dapat diajarkan lewat tugas-tugas sederhana yang diberikan kepada anak. Katakan kepada anak bahwa tugas sederhana yang harus ia kerjakan tersebut adalah tanggung jawab yang harus diselesaikannya. Orang tua dapat memberikan tugas sederhana kepada anak misalnya meminta anak untuk membersihkan mainannya setiap kali si anak selesai bermain.

Cara lain untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab dalam diri anak adalah dengan mengajarkan kepada anak agar siap menebus kesalahan ketika ia berbuat salah. Hal ini selain mengajarkan kepada anak agar mau meminta maaf atas kesalahan yang dibuatnya, sekaligus juga akan mengajarkan kepada anak mengenai nilai keadilan, yaitu bahwa bila ia melakukan kesalahan terhadap seseorang atau sesuatu, berarti ia telah merugikan seseorang/sesuatu tersebut sehingga ia harus mampu bersikap adil dengan menebus dan memperbaiki kesalahannya tersebut.

Jelaskan kepada anak bahwa segala sesuatu yang dilakukan pasti memiliki konsekuensi, dan ia harus siap dengan segala konsekuensi yang ditimbulkan dari segala yang ia lakukan. Dengan begini, Anda juga mengenalkan dan mengajarkan bahwa anak harus bisa lebih bertanggung jawab dalam segala tindak tanduknya.

Seringlah berdiskusi mengenai pentingnya tanggung jawab dalam kehidupan. Orang tua pun tentunya harus mencontohkannya langsung kepada anak, karena anak belajar dari meniru apa yang biasa ia lihat sehari-hari. Ajari anak tanggung jawab secara perlahan-lahan, setiap hari, dan sesuai usianya. Jangan lupa untuk memberikan penghargaan yang sewajarnya kepada anak bila ia berhasil menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *