Informasi dan Tips – informasitips.com

Memilih Mainan Berdasarkan Usia Bayi

informasitips.com – Anak berusia 0-3 bulan masih sangat kecil dan belum terlalu mengerti dengan kegunaan mainan yang ia punya. Namun justru di usia inilah, perangsangan sistem motorik dan kognitif anak harus dilatih. Pilihlah mainan yang sifatnya bisa diremas dan menimbulkan bunyi. Tujuannya adalah melatih daya genggam tangan anak Anda dan melatih pendengarannya untuk mendengar berbagai macam bunyi. Anda bisa menemukan mainan bebek-bebekan atau kodok-kodokan yang terbuat dari karet yang apabila diremas akan menimbulkan bunyi. Mainan tersebut bisa sekaligus dibawa saat Anak Anda mandi karena sifatnya yang waterproof atau tahan air.

Memilih mainan untuk bayi berusia 3-6 bulan

Di usia ini hampir sama dengan usia 0-3 bulan. Hanya saja mobilitas anak Anda akan semakin aktif. Rasa ingin tahu dan rasa ingin memilikinya jauh lebih besar dari usia sebelumnya. Pilihlah mainan-mainan yang bisa memacu anak Anda untuk duduk, menegakkan kepalanya, tengkurap, atau menjulurkan tangannya untuk meraih mainan tersebut. Contoh mainan yang bisa Anda berikan pada usia ini misalnya seperti balok susun dan bola gulir. Biarkan anak anda menyusun balok sesuka hatinya dan kemudian menghancurkan susunannya kembali. Bisa juga Anda menggulirkan bola karet aneka warna, dan perhatikan aksinya merangkak mengejar bola-bola aneka warna tersebut. Ini bermanfaat untuk melatih kelincahannya.

Mainan bayi berusia 6-9 bulan

Ketika bayi berada di usia 6-9 bulan, pilihan mainannya pun akan sedikit berbeda daripada usia sebelumnya. Meskipun mainannya terdahulu masih bisa dimanfaatkan, namun tidak ada salahnya bila Anda memilihkan mainan yang bisa memberikan stimulasi yang berbeda lagi. Selain bisa menghilangkan kejenuhan bayi Anda dengan mainan-mainan lamanya, mainan baru dengan fungsi yang berbeda juga membantu mendukung perkembangan pertumbuhannya. Pilihan mainan yang tepat untuk bayi berusia 6-9 bulan adalah mainan-mainan yang bisa mengeluarkan cahaya warna-warni dan bunyi-bunyian yang lebih nyentrik lagi. Usahakan cahaya yang dikeluarkan dari mainan tersebut berubah-ubah dalam suatu waktu. Begitu pula dengan mainan yang mengeluarkan bunyi, diharapkan ritme bunyinya berubah-ubah. Permainan seperti itu bisa melatih indra penglihatan anak Anda untuk mengenal warna dan indra pendengarannya untuk membedakan bunyi yang berbeda-beda. Contohnya adalah senter-senteran yang terbuat dari bahan plastik. Bola karet yang berisi lampu warna warni, atau tape recorder mainan yang menggunakan baterai sebagai alat untuk menyalakannya.

Memilh Mainan Bayi Berdasarkan Usianya

sumber gambar: www.babys-corner.com

Memilih mainan untuk bayi berusia 9-12 bulan

Di usia ini, Anda diharapkan memilih mainan yang bisa melatih motorik kasar anak. Adapun motorik kasar berupa aktivitas kaki, seperti berlari, mengejar, menangkap, melompat, dan berjalan. Pilihlah mainan-mainan yang menstimulasi anak Anda untuk menggerakkan tubuhnya secara aktif ketika bermain. Contoh mainannya bisa berupa mobil-mobilan, kereta-keretaan sorong, mainan memancing ikan-ikanan, dan mainan bola-bola bowling. Semakin banyak gerak tubuh anak Anda ketika memainkannya, semakin terlatih pula motorik kasarnya untuk dapat berfungi secara optimal.

Memilih mainan untuk anak berusia 12 bulan atau 1 tahun, dst

Bila anak Anda telah mencapai usia tersebut, maka pemilihan mainan untuknya tidak lagi terlalu repot. Sedikit banyak ia telah mampu menangkap instruksi Anda dalam membimbingnya bermain. Di usia ini pilihan mainan lebih baik menjurus pada mainan-mainan yang melatih daya kosentrasi dan kreasi tangannya. Pilihan mainannya bisa berupa mainan piano-piano yang dengan solmisasi sesuai nada alat musik pada umumnya (do, re, mi, fa, sol, la, si, do), buku gambar dan mewarnai, puzzle, papa tulis aneka gambar, dan mainan belajar berhitung dan mengenal bentuk. Di usia ini, mainan yang bersifat edukatif lebih dianjurkan untuk dipilih para oaring tua untuk anak-anaknya. Ingat, di fase ini anak Anda mengalami masa golden age atau usia keemasan. Rasa ingin tahunya semakin besar dan Anda dituntut semakin cerdas dalam memilih mainan yang bisa memberi stimulasi dan edukasi untuk tumbuh kembang si buah hati.

Demikian tips-tips sederhana dalam memilih mainan untuk anak-anak Anda. Semakin bijak Anda menentukan pilihan mainan, semakin menyenangkan dan bermanfaat pula aktivitas bermain untuk anak Anda. Jangan lupa, belilah mainan untuk anak Anda di toko mainan anak terpercaya. Selamat mencoba!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

3 thoughts on “Memilih Mainan Berdasarkan Usia Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: