Informasi dan Tips – informasitips.com

Memilih Jam Tangan Sesuai Bentuk Tangan dan Warna Kulit

informasitips.com – Keinginan untuk tampil trendi dengan menggunakan jam tangan adalah hal yang wajar. Sebab, selain sebagai kebutuhan untuk mengetahui jadwal atau waktu, jam juga berfungsi sebagai pelengkap penampilan. Itu sebabnya, beragam desain jam tangan selalu mengalami pembaharuan dari masa ke masa. Bahkan, tidak sedikit jam tangan yang dijual dengan harga relatif mahal karena kemewahan desainnya.

Namun, bagi pengamat gaya, penggunaan jam tangan memiliki aturan tersendiri. Tidak dianjurkan untuk asal pakai tanpa mempertimbangkan bentuk tangan dan warna kulit. Kekeliruan dalam memilih jam tangan justru akan merusak penampilan. Dan, tentunya akan mengurangi rasa kepercayaan diri penggunanya.

Sebelum memutuskan menggunakan jam tangan, sebaiknya amati bentuk tangan dan warna kulit Anda terlebih dahulu. Lalu, sesuaikan bentuk dan warna jam tangan yang cocok berdasarkan bentuk tangan dan warna kulit Anda.

Pertimbangan Memilih Jam Tangan Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Tangan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Diameter tangan kecil
    Umumnya pemilik tangan berdiameter kecil adalah orang-orang yang bertubuh kurus dan sangat kurus. Baik tulang dan daging pada seluruh batang tangan memang sangat kecil sehingga tangan tampak sangat ringan.

    Bagi Anda yang memiliki jenis tangan seperti ini, hindari penggunaan jam tangan bertali lebar dan berbandul besar. Kesannya justru jam tangan akan terlihat membebani tangan Anda sendiri, meskipun Anda tidak merasakan hal yang demikian. Sebaiknya, pilihlah bentuk jam tangan bertali tipis dan kecil serta berbandul kecil pula.

  • Diameter tangan besar dan berlemak
    Umumnya pemilik tangan berdiameter besar dan berlemak adalah mereka yang bertubuh gemuk dan sangat gemuk. Sebenarnya, tulang tangan orang yang bertubuh gemuk tidaklah besar. Hanya saja, lapisan daging dan lemak yang cukup tebal membuat ukuran tangan menjadi besar.

    Bagi Anda yang memiliki jenis tangan seperti ini, hindari penggunaan jam tangan bertali kecil dan berbandul kecil. Sebab, jam tangan seperti itu justru akan terlihat ‘tenggelam’ di tangan Anda. Sebaiknya, pilihlah jam tangan bertali sedang hingga lebar, material tali tidak terlalu tipis, dan bandul jam berukuran sedang hingga besar.

    Jam Tangan Pria Swiss Army

  • Bentuk tangan berotot
    Umumnya pemilik tangan berotot adalah mereka yang senang berolahraga. Ditandai dengan tampilan tangan keras, kuat, dan berurat.

    Bagi Anda yang memiliki jenis tangan berotot, sebaiknya pilihlah jam tangan dengan ukuran tali dan bandul yang agak besar. Anda juga bisa memilih model jam tangan yang lebih sporty dan maskulin. Hindari penggunaan tali jam berbahan stainless steel atau chroom, gelang, dan kain. Sebab, justru akan terlihat tidak sebanding dan kurang sesuai dengan kegagahan tangan berotot Anda tersebut.

  • Bentuk tangan proporsional
    Umumnya pemilik tangan berukuran proporsional adalah mereka yang memiliki bobot tubuh proporsional pula. Dari segi tampilan, tangan seperti ini terlihat berukuran sedang, tidak terlalu berlemak/berdaging tebal, dan tidak terlalu berurat/berotot.

    Bagi Anda yang memiliki jenis tangan seperti ini, bersyukurlah karena segala bentuk jam tangan dapat Anda gunakan.

  • Bentuk tangan lebar dan pipih
    Beberapa orang memiliki bentuk tangan yang terlihat pipih, namun lebar.

    Jika Anda memiliki tangan seperti ini, tidak ada permasalahan berarti bila ingin memilih jam tangan berbandul kecil maupun besar. Namun, akan lebih indah jika Anda menggunakan jam tangan gelang dengan material tali seperti stainless steel atau chroom dibandingkan tali kulit atau kanvas.

Pertimbangan Memilih Jam Tangan Berdasarkan Warna Kulit

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Kulit cerah/terang
    Bagi Anda yang memiliki kulit berwarna cerah/kulit seperti kuning langsat dan cenderung putih, Anda bisa bebas memilih warna jam tangan yang Anda sukai. Mulai dari warna gelap, cerah (terang) atau warna-warna yang lembut sekalipun. Sebab, warna kulit yang cerah selalu bisa dipadu-padankan dengan warna apapun. Akan lebih baik lagi jika Anda yang berkulit terang/cerah memilih jam tangan berwarna agak mencolok seperti merah, pink pekat, hitam dan coklat agar terlihat kontras dengan warna kulit Anda.

  • Kulit gelap
    Bagi Anda yang memiliki warna kulit gelap atau sawo matang pekat harus berhati-hati dalam memilih warna jam tangan. Pemilihan warna jam tangan yang terlalu terang seperti kuning, shocking pink, merah, dan hijau lime, justru akan membuat penampilan jadi terkesan norak. Dan, jika pemilihan warna jam tangan terlalu gelap seperti hitam, coklat tua, abu-abu tua, justru akan membuat tampilan jam tangan ‘samar’ dengan warna kulit gelap Anda sendiri. Oleh karena itu, pilihlah jam tangan berwarna lembut yang netral seperti cream, biru dongker, merah hati, atau abu-abu muda.

  • Kulit sedang
    Anda yang memiliki warna kulit sedang (tidak terlalu gelap, tidak pula terlalu terang) bisa lebih bebas dalam memilih warna jam tangan. Anda juga boleh bereksperimen dengan berbagai model bentuk dan warna jam tangan. Namun, tetap sesuaikan dengan pakaian dan jenis kegiatan Anda, ya.

Beberapa tips di atas sebaiknya perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli dan memilih jam tangan. Dengan menyesuaikan model dan bentuk jam tangan yang akan Anda kenakan dengan bentuk tangan dan warna kulit, tentunya akan membuat penampilan Anda terlihat semakin trendi, keren, dan gaya.

Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: