Informasi dan Tips – informasitips.com

Masker Spirulina: Manfaat dan Cara Membuatnya

informasitips.com – Menggunakan produk alami untuk kulit merupakan pilihan yang paling aman, karena jika dibandingkan dengan senyawa kimia, maka produk alami relatif lebih sesuai dengan sifat kulit manusia. Hal itu termasuk dalam memilih bahan untuk masker yang akan digunakan untuk kecantikan kulit wajah. Syarat minimal bahan untuk masker adalah aman untuk penggunaannya di kulit wajah, karena kulit wajah termasuk kulit yang sensitif, sedikit saja ada ketidakcocokkan maka dampaknya bisa sangat merepotkan. Salah satu bahan alami yang kini banyak digunakan sebagai bahan alami untuk masker wajah adalah Spirulina.

Spirulina adalah mikro ganggang (mikroalga) yang berbentuk menyerupai spiral berwarna hijau-biru dengan ukuran mikro, sehingga hanya bisa dilihat dengan jelas di bawah mikroskop. Spirulina sebenarnya sudah tidak asing lagi terdengar, karena bahan tersebut sudah lama digunakan oleh manusia sebagai bahan suplemen protein yang menyehatkan tubuh. Namun, seiring dengan waktu ternyata Spirulina sangat cocok digunakan dalam formula masker wajah. Bahkan penggunaannya terbilang sangat mudah.

Cara Membuat Masker Spirulina

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa membuat masker spirulina sangatlah mudah. Bahan yang perlu disiapkan adalah:

  • ¼ sendok teh bubuk Spirulina
  • Beberapa tetes air bersih

Langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Campur ¼ sendok the bubuk Spirulina dengan beberapa tetes air bersih sampai mengental dan terbentuk pasta
  • Oleskan pasta Spirulina tersebut pada permukaan kulit wajah yang bersih dengan menggunakan kuas facial ataupun menggunakan ujung jari.
  • Diamkan selama 20 hingga 30 menit, lalu dibilas dengan menggunakan air hangat atau kain basah yang lembut.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan penggunaan toner dan moisturizer pada kulit wajah Anda.

Untuk hasil yang optimal, masker Spirulina sebaiknya digunakan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Keunggulan Spirulina sebagai Bahan Masker

Masker Spirulina

Spirulina bisa langsung digunakan begitu saja sebagai masker wajah tanpa harus menambahkan bahan yang lain, karena Spirulina mengandung ekso polisakarida yang dapat berikatan dengan air untuk membentuk pasta sehingga memiliki daya lekat pada kulit manusia, termasuk kulit wajah. Hal tersebut merupakan salah satu keuntungan menggunakan Spirulina sebagai bahan masker. Hanya saja, Spirulina memiliki bau khas yang mungkin sebagian orang tidak tahan terhadap aroma khas tersebut. Nah, jika Kamu termasuk yang tidak tahan dengan aroma Spirulina, maka Kamu bisa menambahkan bahan lain untuk menutupi aroma Spirulina, seperti air perasan lemon. Namun bahan yang dipilih tetap harus mempertimbangkan khasiat dan dampaknya bagi kulit wajah Kamu, pilihlah bahan yang sesuai dengan karakteristik kulit wajah Kamu.

Kandungan senyawa dalam Spirulina membuatnya memiliki manfaat tersendiri bagi kulit manusia, seperti antioksidan yang bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi jerawat, ataupun senyawa polisakarida dan fikosianin yang dapat berkhasiat sebagai antibiotik. Tidak heran jika penggunaan Spirulina sebagai bahan masker digemari oleh banyak orang. Namun, semua manfaat itu tidak akan didapat jika bukan Spirulina organik atau Spirulina asli yang Kamu gunakan. Soal harga, Spirulina asli tidak lah terlalu mahal, mungkin memang lebih mahal ketimbang yang palsu, tapi secara umum dapat dikatakan murah. Apalagi manfaat yang didapatkan melebihi biaya yang dikeluarkan untuk memperolehnya.

So, tunggu apa lagi, segera gunakan masker Spirulina dan rasakan manfaatnya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: