Informasi dan Tips – informasitips.com

Masker Alami untuk Merawat Kulit Wajah

informasitips.com – Kulit wajah yang halus, bersih, cantik dan sehat tentu menjadi idaman bagi setiap wanita. Namun, ada kalanya kondisi kulit wajah menjadi sering bermasalah seperti, berminyak, kering, berjerawat, kusam, kasar, dan lain sebagainya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, di antaranya adalah pola makan dan gizi yang tidak seimbang, stres, kurang istirahat, jarang berolahraga, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kulit, hingga polusi dan debu. Ditambah lagi dengan kebiasaan kita yang malas atau tidak sempat merawat kulit, membuat kondisi kulit menjadi semakin parah.

Untuk mengembalikan kondisi kulit wajah agar cantik dan sehat seperti semula, yuk, mulailah rajin melakukan perawatan wajah. Tak perlu repot-repot ke salon, kita bisa merawat sendiri kulit wajah kita di rumah. Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan merawat wajah menggunakan masker alami yang bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Selain aman dan bebas dari bahan kimia, masker wajah yang terbuat dari bahan alami juga efektif dalam menjaga dan membersihkan kulit wajah.

Berikut beberapa masker alami yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah:

  1. Masker Teh Hijau
    Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang baik dan berguna untuk membantu mengatasi kadar minyak berlebih di wajah. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah kulit wajah yang sering berminyak, dapat mencoba menggunakan masker teh hijau ini untuk mengatasinya. Selain itu, masker teh hijau ini juga dapat berperan sebagai antiaging untuk kulit wajah.

    Cara membuat masker teh hijau:
    Campurkan 2-3 sdm teh hijau bubuk, 1/2 sdm madu dan air secukupnya. Kemudian aduk rata dan simpan dulu dalam lemari es kurang lebih selama 20 menit. Setelah 20 menit, masker siap digunakan. Oleskan rata pada wajah, diamkan kira-kira 15 menit. Lakukan rutin hingga mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

  2. Masker Tomat
    Tomat merupakan antioksidan alami yang banyak mengandung likopen dan vitamin C yang bermanfaat untuk melembabkan kulit, menjadikan kulit halus, lembut, dan kencang. Kandungan vitamin C dalam tomat juga efektif untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam.

    Cara membuat masker tomat:
    Siapkan 2 buah tomat untuk di-blender. Cuci bersih dulu tomat, potong-potong dan masukkan dalam blender, tambahkan air kurang lebih 100 ml, kemudian proses hingga halus.
    Setelah di-blender halus, diamkan sebentar dalam lemari es kurang lebih selama 20 menit. Setelah 20 menit, keluarkan masker tomat untuk selanjutnya siap digunakan pada wajah.
    Sebelum menggunakan masker tomat, bersihkan dulu wajah. Setelah itu, oleskan masker tomat merata ke seluruh area wajah (kecuali mata dan bibir). Setelah dioleskan merata, diamkan sebentar selama 15-20 menit agar meresap. Setelah selesai, cuci bersih wajah dengan air hangat.

    Masker Teh Hijau untuk Wajah

    Masker Teh Hijau untuk Wajah

  3. Masker Wortel
    Wortel kaya akan betakaroten, Vitamin A, dan Vitamin C yang baik untuk kulit. Selain berkhasiat untuk mencerahkan wajah, wortel juga berperan sebagai antiaging alami bagi kulit sehingga ampuh dalam menghambat munculnya aneka kerutan, bintik hitam, dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

    Cara membuat masker wortel:
    Bersihkan wortel, dan kukus atau rebus terlebih dahulu. Selanjutnya, blender wortel dan campurkan dengan 1 sdm madu, dan 1 sdm perasan buah lemon.
    Oleskan masker wortel pada wajah, diamkan sebentar kurang lebih 10-15 menit. Kemudian, bilas dan bersihkan wajah dengan air hangat.

Tips Merawat Kulit Wajah
Agar kulit wajah selalu cantik dan sehat, lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Rajinlah merawat kulit wajah. Perawatan yang perlu dilakukan adalah perawatan dari dalam dan luar.
  • Perawatan dari dalam adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang untuk menutrisi sel-sel kulit dari dalam. Hindari makanan-makanan yang bisa merusak kulit, seperti makanan-makanan berlemak tinggi, junk food. Hindari pula rokok dan alkohol. Jauhi stres karena stres berdampak buruk bagi kondisi kulit.

    (Baca juga : Dampak Buruk Stres Bagi Kulit)

  • Perawatan kulit wajah dari luar dapat dilakukan dengan cara rajin membersihkan wajah, minimal 2 kali dalam sehari, memakai produk-produk perawatan wajah yang cocok dan aman bagi kulit, memakai aneka masker alami untuk wajah, beberapa di antaranya seperti yang sudah disebutkan di atas.
  • Jangan lupa untuk menggunakan sunblock untuk menghindari radiasi sinar UV A dan UV B.

    (Baca juga: Sun Protecting Factor (SPF) Pada Tabir Surya untuk Melindungi Kulit

  • Bijak dan cermatlah dalam memilih dan menggunakan produk-produk perawatan kulit wajah. Pastikan produk perawatan yang digunakan memang aman bagi kulit, tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit, dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang justru bisa merusak kulit.

    (Baca juga: Waspadai Bahan dan Zat Kimia Berbahaya Dalam Produk Pemutih Kulit)

  • Jangan pernah tidur dalam keadaan wajah yang masih penuh make up dan belum dibersihkan. Sisa make up, debu, dan kotoran dapat menempel di wajah dan menutup pori-pori kulit wajah sehingga berisiko merusak kulit.

Itulah beberapa masker alami dan tips dalam merawat kecantikan kulit wajah. Semoga bermanfaat. 🙂



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Masker Alami untuk Merawat Kulit Wajah

  1. Risna Akbar

    Aku juga rajin buat masker sendiri dirumah, tp aku baru tau cara membuat masker teh hijau itu .. selain rajin maskeran, aku juga pake BB Cream dari MOKO MOKO untuk membantu kulit wajah tetap kenyal dan cantik natural 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *