Informasi dan Tips – informasitips.com

Maskara, Jenis dan Tips Penggunaan Agar Riasan Mata Lebih Sempurna

informasitips.com – Maskara dapat membuat riasan make up pada mata tampak lebih sempurna. Mata juga akan terlihat lebih “hidup”, bulu mata terlihat lebih panjang dan tebal. Maskara tersedia dalam berbagai macam jenis, warna (penggunaannya bisa disesuaikan dengan warna rambut dan bulu mata atau disesuaikan dengan tampilan akhir yang Anda inginkan).

Sebelum mulai menggunakan maskara, ada hal penting yang perlu anda ketahui juga tentang produk kosmetik ini, diantaranya tentang pemilihan maskara. Untuk tampilan mata yang maksimal, sebaiknya pilih maskara yang cepat kering. Ini adalah salah satu tips yang oke untuk mendapatkan bulu mata yang bagus dalam waktu yang lumayan singkat. Semakin cepat kering maskara, maka semakin anda bisa lebih cepat mengaplikasikan lapisan berikutnya, sehingga akan menghemat waktu anda dan juga memberi anda hasil yang sempurna.

Berikutnya, menambahkan sentuhan eyeshadow warna abu-abu pada bagian bawah mata adalah hal yang juga penting untuk memperoleh kesan mata yang lebih dramatis. Selain itu, anda bisa tampil beda dengan memberikan sentuhan warna putih pada ujung dalam kedua mata dan kelopak mata bagian atas anda. Dan untuk sentuhan terakhir, gunakan eyeliner hitam di atas dan bawah kelopak mata. Hal-hal ini akan menambah kesempurnaan penggunaan maskara.

Jenis maskara dan cara memakainya

Jenis-jenis maskara

  1. Maskara untuk menebalkan
    Jenis maskara ini khusus digunakan untuk menambah ketebalan bulu mata. Untuk menunjang fungsinya itu, jenis mascara ini memang diciptakan dengan tekstur yang lebih tebal, sehingga biasanya sering meninggalkan gumpalan karena tugasnya untuk menyatukan beberapa helai bulu mata. Jadi, untuk anda yang menyukai kesan alami, berhati-hatilah dengan gumpalannya saat menggunakan mascara jenis ini. Bentuk sikatnya biasanya lurus dan lebih panjang. Maskara ini cocok untuk jenis bulu mata yang tipis, halus agar bulu mata terlihat lebih tebal.
  2. Maskara untuk memanjangkan
    Kuas yang digunakan pada maskara jenis ini membuat bentukan sambungan pada ujung bulu mata, sehingga kemudian terjadi kesan yang lebih panjang. Hal ini bisa tercipta akibat perkembangan dari teknologi yang semakin maju. Jenis maskara ini cocok untuk Anda yang memiliki bulu mata tebal, baik panjang maupun pendek karena keutamaannya adalah untuk membuat bulu mata terlihat semakin panjang.
  3. Waterproof mascara
    Sesuai namanya yang tahan air, maka mascara ini pastinya lebih tahan terhadap air (hujan, keringat, air mata) dan terbebas dari luntur, selama tidak dipegang atau digosok dengan tangan. Jadi, jika memilih mengaplikasikan mascara jenis ini, anda perlu mengingat bahwa Anda tidak boleh terlalu sering memegang bulu mata, atau boleh memegangnya asal sangat berhati-hati. Jenis maskara ini terbuat dari bahan yang memang tidak mudah larut air.

    Jenis maskara waterproof sangat cocok untuk wanita yang aktif dan menginginkan maskara lebih tahan lama. Cocok juga bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan, agar saat terkena hujan dan berkeringat, maskara tidak luntur. Untuk maskara waterproof terkadang memang agak susah untuk membersihkannya. Biasanya meskipun sudah dibersihkan masih meninggalkan kesan hitam-hitam di mata. Selain membutuhkan cairan khusus untuk membersihkannya yang biasanya juga dijual bersama maskara, ada juga jenis maskara yang hanya membutuhkan air hangat saja untuk membersihkan maskara waterproof dengan merata dan sempurna.

  4. Maskara untuk melentikkan
    Maskara ini fungsinya untuk memberi efek melentikkan bulu mata, yaitu efek mata tampak lebih besar, lebar, dan dramatis. Biasanya sikat untuk maskara ini memiliki bentuk yang melengkung karena memang memberikan hasil yang maksimal untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik.
  5. Maskara untuk tampilan natural
    Ada juga maskara yang dapat memberikan kesan tampilan natural. Jenis maskara ini cocok digunakan sehari-hari oleh anda yang menyukai gaya natural. Hasil yang ingin dicapai dari penggunaan maskara ini adalah bulu mata lebih tebal, lebih panjang namun masih terlihat lembut, ringan, dan alami. Bentuk maskaranya biasanya panjang, sikatnya lurus dan tekstur maskaranya lebih cair.
  6. Maskara multifungsi
    Fungsinya yang lebih dari satu membuat mascara ini bisa menggabungkan beberapa fungsi diatas. Bahkan saat ini banyak maskara yang mengandung cairan yang berfungsi menyehatkan bulu mata.

Pilihan jenis maskara yang ingin Anda pakai sepenuhnya tergantung pada anda karena pada dasarnya semua sama. Hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah mana yang lebih Anda butuhkan, ingin lebih mempertebal bulu mata, membuat kesan bulu mata lebih panjang atau anda menginginkan tampilan bulu mata yang terlihat alami? Semuanya terserah Anda, namun tetap tentunya perlu juga disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Bagaimana cara memakai maskara agar diperoleh hasil yang sempurna? Berikut tips yang perlu Anda ketahui:

  1. Sebelum memakai, anda perlu memilih produk yang tepat, baik itu untuk make up siang hari ataupun malam hari. Untuk maskara yang lightening baik digunakan pada saat siang, sementara yang tickening sebaiknya digunakan pada malam hari. Untuk jenis yang paling banyak disukai para wanita adalah jenis lightening karena sikatnya yang tebal bisa manambah panjang bulu mata. Sedangkan tickening mengandung silicon dan wax yang membuat bulu mata lebih tebal.

    Untuk riasan kerja bagi wanita aktif juga sebaiknya pilih maskara yang waterproof karena lebih tahan lama. Sementera untuk riasan singkat saat hanya pergi ke pesta atau acara-acara, sebaiknya gunakan maskara yang tidak tahan air agar lebih mudah dibersihkan.

  2. Pilihlah warna yang benar-benar cocok dengan bulu mata dan warna rambut. Saat ini banyak beredar jenis maskara dengan berbagai macam warna. Namun, sebaiknya tetap pilihlah warna hitam. Karena tujuan menggunakan maskara adalah untuk mempertegas dan membuat mata tampak lebih “hidup”. Sementara bila Anda menggunakan maskara selain warna hitam, justru mata Anda terlihat kurang dominan.
  3. Sebaiknya saat Anda ingin menggunakan maskara, gunakanlah cermin kecil yang bisa dipegang sehingga Anda bisa melihat secara keseluruhan bulu mata Anda saat dan setelah dipakaikan maskara.
  4. Untuk mendapatkan tampilan sesuai dengan yang diiginkan, kuncinya terletak pada sikat maskara. Bentuk sikat melengkung lebih cocok digunakan untuk tujuan membuat bulu mata lebih lentik, sementara bentuk sikat yang lurus lebih pas digunakan untuk membuat bulu mata lebih panjang dan bervolume (lebih tebal).
  5. Untuk bulu mata pendek sebaiknya gunakan sikat maskara yang lebih halus. Sementara untuk bulu mata agak panjang, Anda dapat menggunakan sikat maskara yang agak besar.
  6. Sebelum menggunakan maskara, pastikan Anda sudah terlebih dahulu menyelesaikan riasan lainnya untuk area mata seperti eyeshadow, dan eyeliner. Bila eyeshadow dan eyeliner sudah diaplikasikan dengan benar, yang terakhir baru boleh menggunakan maskara.
  7. Saat Anda ingin mengaplikasikan maskara, buka maskara dan keluarkan dari kemasan perlahan-lahan. Hal ini untuk mencegah udara masuk ke dalam kemasan yang dapat membuat maskara menjadi cepat kering. Pastikan juga sikat dan ujung kemasan masih dalam kondisi yang baik.
  8. Jika perlu, usapkan dua kali dan hindari berkedip pada saat menggunakannya hingga anda merasa maskara sudah cukup kering.
  9. Pada bulu mata bagian bawah, aplikasikan sedikit mascara saja. Namun bila Anda memiliki kantung mata atau area hitam di bagian bawah mata, sebaiknya tidak perlu mengaplikasikan maskara pada bagian bawah bulu mata.
  10. Jika mascara mengotori wajah, maka gunakan kapas untuk menghapusnya.

Pemakaian mascara yang tepat, tentunya akan membantu mengubah tampilan mata anda menjadi lebih indah.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: