Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Zinc untuk Mengatasi Diare

informasitips.com – Zinc dikenal sebagai salah satu mineral yang sangat penting bagi tubuh. Mineral esensial yang satu ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan, termasuk dalam mengatasi diare. Dalam suatu penelitian yang dilakukan di Medical College of Georgia terbukti bahwa mineral zinc berkhasiat dalam mengatasi diare. Dari percobaan yang dilakukan, pemberian suplemen zinc pada pasien diare mengurangi kejadian dari penyakit tersebut. Pemberian zinc juga dapat mengurangi frekuensi buang air besar pada para pasien.

Mineral Zinc

Hal di atas merupakan bukti yang tidak bisa dipungkiri bahwa zinc merupakan mineral paling esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada kenyataannya mineral yang satu ini memiliki peran yang holistik bagi tubuh manusia. Zinc berperan dalam proses sintesis protein, pertumbuhan dan diferensiasi sel-sel tubuh, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan proses pengangkutan air dan elektrolit di dalam saluran pencernaan. Fungsi zinc yang terakhir itu sangat berperan dalam mengatasi diare pada manusia, karena pada saat diare seseorang akan banyak kehilangan cairan, dengan mengonsumsi suplemen zinc maka proses tansport air dan elektrolit akan dipulihkan sehingga proses penyembuhan diare pun akan terjadi. Selain itu, kemampuan zinc dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh akan membantu dalam proses penyembuhan diare.

Beberapa bahan makanan yang diketahui mengandung mineral esensial zinc antara lain bayam, daging sapi, ati, jamur dan lain-lain. Kalau seseorang cukup mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, maka dia mungkin tidak membutuhkan tambahan lagi dari sediaan suplemen zinc. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk memastikan dirinya mengonsumsi makanan yang bergizi.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: