Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Teh Hijau: untuk Kesehatan dan Kecantikan

informasitips.com – Kamu suka minum teh hijau? Karena manfaat teh hijau atau karena rasanya? Memang, rasa dan aroma teh hijau berbeda dengan teh yang lain, dapat membuat kita kecanduan untuk selalu meminum teh ini. Belum lagi jika kita mengetahui berbagai manfaatnya. Berikut ulasan yang akan membuka mata kita tentang khasiat teh hijau yang begitu besar bagi kesehatan.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat teh hijau yang telah mendunia ini. Di antaranya adalah seorang peneliti dari London yang melakukan penelitian terhadap 340 orang laki-laki dan wanita penderita serangan jantung dan yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut. Gangguan jantung itu berkaitan dengan usia, gender, dan lingkungan tempat tinggal. Pembandingnya adalah kelompok yang biasa minum kopi dan teh selama setahun. Peminum teh hitam masih dibandingkan lagi dengan peminum teh hijau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peminum teh berisiko mendapat serangan jantung lebih kecil, yakni 50% dibandingkan dengan peminum non-teh. Oleh sebab itu, para peneliti meyakini bahwa teh bermanfaat bagi jantung karena kandungan flavonoidnya.

Selain hal di atas, berikut ini beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan manusia:

  • Antikanker

    Tepatnya kanker pay*d*ra dan kanker prostat. Para peneliti telah membuktikan akan manfaat teh hijau dalam melawan sel-sel kanker. Senyawa yang terkandung dalam teh hijau, yaitu polifenol, mampu menghambat dua protein yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan sel kanker dan migrasinya. Manfaat sebagai antikanker ini telah terbukti, dimana jumlah penderita kanker pay*d*ra dan prostat di Jepang yang 3 kali lebih rendah dibandingkan dengan di Amerika Serikat. Jepang diketahui sebagai negara yang tingkat konsumsi teh hijaunya cukup tinggi.

    Penelitian lain dilakukan oleh Universitas Curtin Australia dengan Rumah Sakit Kanker di Huangzhou, China yang membuktikan bahwa risiko terserang kanker kandungan pada perempuan yang minum teh hijau setiap hari dapat dikurangi hingga 60%.

  • Antimikroba dan antibakteri

    Teh hijau juga diketahui khasiatnya sebagai pencegah infeksi pada saluran kemih, seperti yang diterbitkan oleh NCBI, serta juga dapat bertindak sebagai antibakteri pada kulit.

  • Mencegah aterosklerosis

    Teh hijau memiliki khasiat sebagai antioksidan yang dapat berperan dalam proses pencegahan terjadinya aterosklerosis yang menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat menimbulkan kematian akibat stroke atau serangan jantung koroner.

  • Mencegah penyakit jantung

    Kemampuannya dalam mencegah terjadinya aterosklerosis membuat teh hijau juga mampu untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Jika penyempitan pembuluh darah terjadi pada pembuluh darah jantung, maka seseorang dapat terkena penyakit jantung koroner, nah teh hijau bermanfaat dalam mencegah hal tersebut.

  • Mencegah penyakit batu ginjal

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mungkin dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Penelitian dilakukan dengan cara menguji ekstrak teh hijau pada hewan percobaan dan ternyata menunjukkan hasil yang mengejutkan karena jenis batu ginjal tertentu mampu dicegah proses pembentukannya

  • Antidiabetes

    Teh hijau mungkin dapat mengatasi penyakit diabetes tipe 2 dengan cara meningkatkan toleransi tubuh terhadap gula. Hal tersebut ditunjukkan oleh penelitian yang menguji senyawa Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang diberikan pada hewan coba. Pemberian EGCG tersebut mampu membuat tubuh hewan uji lebih tahan terhadap pengaruh gula yang tinggi dalam darah.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

    Kandungan Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dapat memperkuat system kekebalan tubuh seseorang, yaitu dengan cara mencegah serangan radikal bebas yang dapat membawa pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh manusia.

  • Menurunkan kolesterol

    Klaim teh hijau selama ini diketahui dapat menurunkan kolesterol, namun efek tersebut tampaknya tidak terlalu maksimal, seperti dikutip oleh NYtimes. Oleh karena itu, meski sudah minum teh hijau bukan berarti seseorang bebas mengonsumsi makanan, termasuk makanan yang tinggi kandungan kolesterol seperti cumi-cumi, udang, dan lain-lain.

  • Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat

    Ekstrak teh hijau dapat meningkatkan konektivitas antara korteks parietal dan frontal di dalam otak. Peningkatan Keterhubungan sel-sel tersebut berhubungan dengan peningkatan kemampuan kerja yang berkaitan dengan daya ingat (memori).

Beberapa manfaat lain teh hijau untuk kesehatan antara lain: mencegah karies gigi, mencegah nafas tak sedap, melancarkan sekresi air seni, membantu proses metabolisme tulang, meredam stress, memberikan rasa rileks, menurunkan tekanan darah.

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

  • Memperlambat proses penuaan
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Bahan campuran kosmetik
  • Mengobati gigitan serangga, terbakar sinar matahari
  • Penyegar mata yang lelah

Nah, melihat berbagai manfaat di atas, masih ada alasan untuk tidak minum teh hijau?



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *