Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Teh Hijau Untuk Diet (Menurunkan Berat Badan)

informasitips.com – Sudah banyak diketahui bahwa teh hijau memiliki manfaat untuk diet atau menurunkan berat badan. Senyawa dalam teh hijau yang diduga berperan besar dalam menurunkan berat badan adalah Epigallocatechin Gallate (EGCG). EGCG merupakan senyawa polifenol golongan catechin dan merupakan ester dari epigallocatechin dan asam gallat. Menurut sejumlah studi, EGCG merupakan senyawa potensial yang bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam memerangi penyakit.

Mekanisme Teh Hijau dalam Menurunkan Berat Badan

EGCG yang terkandung dalam teh hijau merupakan senyawa yang juga dapat berperan sebagai antioksidan, yaitu senyawa yang dapat menangkal serangan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. EGCG yang bisa menetralkan radikal bebas mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh, serta dapat menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh.

Selain itu, EGCG juga membantu dalam mengontrol kadar glukosa darah melalui mekanisme penghambatan absorpsi karbohidrat yang terdapat dalam saluran pencernaan.

Teh Hijau Untuk Diet

Hal tersebut akan mengontrol selera makan seseorang, sehingga mampu mengendalikan makanan yang masuk ke dalam tubuh yang pada akhirnya akan membantu seseorang dalam menurunkan berat badan atau diet. Apalagi, laju metabolisme yang ditingkatkan akan mampu menstimulasi pembakaran lemak, sekaligus mencegah penumpukan lemak. Kedua efek itu, -meningkatkan metabolisme dan menghambat absorpsi karbohidrat-, akan menghasil efek yang saling bersinergi dalam menyukseskan program diet atau menurunkan berat badan.

Saran Konsumsi Teh Hijau untuk Diet (menurunkan berat badan)

Karena khasiatnya dalam menghambat absorpsi karbohidrat pada saluran pencernaan, maka teh hijau sebaiknya dikonsumsi sebelum menyantap hidangan, baik itu sarapan, makan siang ataupun makan malam. Selain itu, sifatnya yang diuretik (menstimulasi buang air kecil) membuat teh hijau dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Oleh karena itu, jangan hanya meminum teh hijau, namun minumlah juga air putih untuk mengatasi hilangnya cairan akibat terlalu sering ke belakang.

Untuk mengoptimalkan proses hilangnya kalori dari tubuh, maka sebaiknya Kamu meminum teh hijau dalam keadaan dingin (cold), karena pada keadaan tersebut jumlah kalori yang terbakar akan bertambah. Hal itu tentunya akan membantu dalam menyukseskan program penurunan berat badan yang Kamu lakukan.

Oh iya, sebaiknya teh hijau jangan diminum pada saat menjelang tidur, karena, layaknya kopi, teh hijau juga mengandung kafein yang dapat menyebabkan seseorang sulit untuk tertidur. Tidak hanya kafein, zat lain yang juga terkandung di dalam teh hijau, yaitu L-tehanine, juga dapat menyebabkan hal yang sama seperti kafein. Kombinasi kedua senyawa itu (kafeint dan L-tehaninene) dapat menyebabkan seseorang terjaga di malam hari.

Penelitian: Dosis Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Menurut suatu penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Anglia Ruskin University, dikatakan bahwa paling tidak enam atau tujuh cangkir teh hijau sehari dibutuhkan untuk menurunkan berat badan atau untuk diet. Hasil penelitian yang dipimpin oleh Dr. Justin Roberts tersebut dipublikasikan pada jurnal International Society of Sports Nutrition.

Jadi, bila Kamu ingin memanfaatkan teh hijau untuk diet menurunkan berat badan, kamu harus mengonsumsi setidaknya 6-7 cangkir teh hijau per hari, dan, konsumsilah teh hijau dalam keadaan dingin sebelum makan untuk memaksimalkan khasiatnya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: