Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Sumsum Tulang Bagi Kesehatan

informasitips.com – Di Indonesia, sumsum tulang kerap dikonsumsi karena rasanya yang sangat enak mengingat di dalamnya padat akan nutrisi, terutama lemak. Namun, ada juga yang menganggap bahwa susmsum tulang tidak layak untuk dikonsumsi, karena terdapat di dalam tulang yang lazim dianggap sebagai sisa dari sebuah hidangan. Padahal, dengan padatnya nutrisi di dalam sumsum tulang, manfaat yang dapat diperoleh begitu besar untuk kesehatan manusia. Contohnya di Cina, sumsum tulang dikonsumsi untuk mendukung fungsi ginjal serta untuk memroduksi darah.

Kandungan Nutrisi Sumsum Tulang

Nutrisi Sumsum tulang

Berikut ini nutrisi yang dapat Kamu peroleh dengan mengonsumsi sumsum tulang sapi. Setengah Ons sumsum tulang sapi mengandung 125.59 kalori, 0.04 gram protein, 6.79 gram asam lemak tak jenuh, dan 6.31 mg kalsium. Sumsum tulang sapi tidak mengandung asam lemak jenuh maupun asam lemak trans yang tidak baik bagi kesehatan.

Manfaat Sumsum Tulang.

Sumsum tulang yang merupakan makanan untuk otak juga padat akan energi dan nutrisi, seperti lemak, dan mengandung substansi seperti gelatin. Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi sumsum tulang di antaranya adalah apoptosis pada sel kanker (sel kanker menghancurkan dirinya sendiri), menyembuhkan luka, membangun jaringan kartilago, memroduksi protein, mengurangi peradangan, dan membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat.

Berikut ini beberapa manfaat sumsum tulang bagi kesehatan manusia:

  • Mengandung Sel Punca. Sumsum tulang mengandung sel punca myeloid dan limfoid yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sel punca limfoid merupakan precursor dalam pembentukan sel darah putih, sehingga sangat penting dalam menjaga fungsi system kekebalan tubuh.
  • Kaya Asam Amino. Di dalam sumsum tulang mengandung asam amino glisin dan prolin. Asam amino glisin berperan dalam proses produksi asam amino yang lain, serta dalam proses pebaikan protein, produksi heme (komponen pembawa oksigen yang terdapat dalam sel darah merah), dan proses glukoneogenesis (proses pembentukan gula dalam tubuh). Glisin juga memiliki fungsi dalam meningkatkan sekresi asam lambung sehingga membantu proses pencernaan dalam saluran cerna manusia. Sementara prolin berperan dalam pembentukan kolagen, membuat kulit, tulang, ligament, tendon dan kartilago menjadi lebih sehat.
  • Gelatin dan Kolagen. Sumsum tulang merupakan bahan pangan yang paling padat mengandung gelatin alami atau kerap disebut juga kolagen yang terkandung dalam makanan. Kolagen bermanfaat dalam proses penyembuhan luka, mengurangi peradangan, membantu pencernaan, dan menjaga kesehatan tulang.
  • Kaya Mineral.Mineral yang terkandung dalam sumsum tulang, antara lain kalsium, zat besi, zinc, selenium, magnesium dan mangan. Untuk mendapatkan mineral-mineral tersebut dari sumsum tulang, cara yang dapat dilakukan adalah dengan merebusnya untuk mendapatkan kaldu.
  • Kaya Vitamin. Sumsum tulang juga mengandung vitamin A yang bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga system kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, pertumbuhan tulang, reproduksi, serta dalam proses pembelahan sel.
  • Melawan Kanker. Sumsum tulang diketahui sebagai sumber utama alkilgliserol (begitu juga dengan ASI dan minyak hati ikan hiu) yang di dalam tubuh berperan dalam penguatan sistem imun. Namun, hasil penelitian terkini menunjukkan bahwa alkilgliserol juga berperan dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dengan cara menstimulasi proses apoptosis (sel-sel kanker menghancurkan diri sendiri) pada sel kanker secara selektif.

Meski memiliki manfaat yang mumpuni, namun manfaat tersebut tidak bisa diperoleh dari sembarang susmsum tulang. Hal yang harus sangat diperhatikan dalam mengonsumsi susmsum tulang adalah asal perolehan sumsum tulang tersebut. Yang paling baik adalah sumsum tulang berasal dari hewan yang dibesarkan secara alami, artinya tidak diberikan bahan-bahan kimia dalam proses pertumbuhannya, karena bahan-bahan kimia tersebut cenderung ditimbun pada jaringan lemak, seperti di dalam sumsum tulang, sehingga dapat menjadi toksik jika kita mengonsumsinya. Nah, dengan mengonsumsi susmsum tulang alami itlah segala manfaatnya bagi kesehatan dapat diperoleh.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: