Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

informasitips.com – Minyak zaitun menyimpan sejuta manfaat untuk wajah, baik untuk mengatasi keluhan, seperti masalah jerawat dan kulit berminyak, maupun untuk meningkatkan kecantikan wajah. Manfaat minyak zaitun untuk wajah dapat diraih secara maksimal asalkan cara penggunaannya dilakukan dengan benar.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berjerawat

Beberapa khasiat minyak zaitun berikut ini membuatnya menjadi pilihan dalam menangani masalah jerawat yang kerap muncul di wajah:

  • Sebagai Antioksidan

    Minyak zaitun kaya akan kandungan polifenol, sehingga berkhasiat sebagai antioksidan yang kuat. Karakteristik antioksidan pada minyak zaitun ini membuatnya mampu untuk menjaga kulit untuk tetap lembap. Kulit yang lembap membuat jerawat lebih cepat sembuh ketimbang jika kulit kering. Proses penyembuhan jerawat pada kulit yang lembap membuatnya tidak meninggalkan bekas yang sering kali sukar untuk dihilangkan. Khasiat minyak zaitun sebagai antioksidan itulah yang membuatnya bermanfaat untuk wajah berjerawat.

  • Sebagai Antibakteri

    Minyak zaitun juga mengandung senyawa antibakteri, sehingga dalam hal penyembuhan jerawat, minyak zaitun mampu mencegah jerawat untuk menjadi bertambah buruk akibat dari infeksi bakteri. Hal tersebut membuat proses penyembuhan jerawat menjadi lebih mudah.

  • Sebagai Antiinflamasi atau Antiradang

    Jerawat kerap menimbulkan inflamasi pada kulit Kamu, minyak zaitun mampu mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan, sehingga jerawat tidak menjadi bertambah parah dan terinfeksi.

  • Sebagai Scrub pada Kulit

    Scrub yang terbuat dari extra virgin oil adalah salah satu yang terbaik dalam mengatasi wajah berjerawat, karena berkhasiat dalam mencegah terjadinya penyumbatan pada pori kulit yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, scrub minyak zaitun juga berkhasiat dalam menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati, serta meningkatkan sirkulasi darah pada kulit wajah. Scrub dari minyak zaitun juga mampu mengurangi bekas luka akibat jerawat.

    Caranya: Mulailah dengan cara membersihkan wajah menggunakan kain yang lembut atau handuk. Saat kulit Anda masih lembab, segera oleskan campuran garam dan minyak zaitun pada kulit wajah Anda secara lembut dengan gerakan memutar. Diamkan campuran tersebut di wajah Anda selama 3 sampai 4 menit, lalu bersihkan menggunakan air hangat. Setelah itu, saat kulit Anda masih lembab, oleskan sejumlah kecil minyak zaitun pada wajah Anda, diamkan, dan biarkan kulit wajah Anda mengabsorbsinya.

Selain sebagai scrub, khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat juga dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Memijat

    Rendam kain lembut ke dalam air panas, keluarkan dan peras. Lalu, letakkan kain tersebut pada wajah Anda setelah sebelumnya telah dipijat dengan gerakan memutar menggunakan minyak zaitun. Diamkan kain hingga tidak hangat lagi. Ambil dan rendam kembali dalam air panas. Aplikasikan sedikit minyak zaitun pada wajah Anda dengan cara mengoleskannya, lalu letakkan kembali kain yang direndam tadi pada wajah, diamkan hingga minyak zaitun diabsorpsi atau diserap oleh kulit wajah.

  • Dicampur dengan baking soda

    Satu sendok teh baking soda dicampur dengan satu sendok makan minyak zaitun. Campuran tersebut diaplikasikan ke wajah dengan cara memijatkannya secara lembut selama 10 hingga 20 menit.

  • Dicampur dengan jus lemon

    Campur 1/8 sendok the jus lemon dengan ¼ sendok the minyak zaitun. Sebelum menggunakan campuran tersebut, terlebih dahulu bersihkan wajah Anda denga kain lembut dan air hangat. Aplikasikan camuran minyak zaitun dengan jus lemon tadi, lalu bersihkan. Selagi masih lembab, oleskan sejumlah kecil minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berminyak

Wajah berminyak menimbulkan berbagai keluhan, seperti komedo, jerawat ataupun noda di wajah. Hal tersebut disebabkan karena minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebum dapat menutup pori-pori sehingga bakteri dapat tumbuh dengan pesat. Manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak dapat diterapkan tanpa membuat kulit menjadi kering atau berminyak. Memijat wajah secara lembut dengan menggunakan minyak zaitun secara teratur, dan membersihkannya dengan air hangat, bermanfaat dalam mengontrol sekresi minyak untuk periode waktu yang lama, sehingga membuat kulit menjadi halus, bersih dan sehat. Khasiat minyak zaitun bagi wajah berminyak tersebut membuatnya sering dimanfaatkan secara tradisional.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah

Selain kedua hal di atas berikut ini beberapa manfaat lain minyak zaitun untuk wajah:

  • Penghapus Make-Up

    Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah salah satunya adalah sebagai make-up remover, yaitu penghapus bekas make up pada wajah. Tidak hanya menghapus bekas make up, minyak zaitun juga bermanfaat dalam memelihara kulit wajah. Caranya mudah saja, Kamu bisa menggunakan kapas dan sedikit minyak zaitun ketika hendak menghapus make up di wajah. Jika riasan yang digunakan cukup tebal, terlebih dahulu pijat wajah Anda menggunakan minyak zaitun lalu dibersihkan dengan kain yang lembut yang telah direndam di air hangat sebelumnya, lakukan secara berulang dan lembut hingga wajah benar-benar bersih dari riasan, terakhir bilas dengan air hangat.

  • Sebagai krim mata

    Oleskan sedikit minyak zaitun di area bawah mata sebelum tidur atau di pagi hari. Minyak zaitun dapat memelihara kelembutan kulit di sekitar mata dan memudarkan garis yang ada di seputar mata, sehingga akan tampak lebih muda.

  • Sebagai masker

    Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bahan pembuat masker. Bersama dengan kuning telur dan jus lemon, masker dapat digunakan baik untuk kulit normal maupun kulit kering. Masker berkhasiat dalammemelihara dan melembutkan kulit, serta membuat wajah tampak cerah.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang lain adalah sebagai pelembap, mengangkat sel-sel kulit yang mati, memelihara elastisitas kulit dan juga dapat digunakan sebagai krim cukur.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: