Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Minyak Zaitun (Lengkap) Sungguh Luar Biasa

informasitips.com – Manfaat minyak zaitun sudah sangat dikenal di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Jadi, tidaklah heran jika harga minyak zaitun cukup tinggi jika dibandingkan dengan minyak nabati lainnya. Minyak zaitun dikenal berasal dari dkaerah Mediterania Basin yang mencakup daratan pada tiga benua, yaitu Eropa, Asia dan Afrika. Minyak zaitun diperoleh dari perasan seluruh tanaman zaitun atau dikenal dengan nama latin Olea europaea.

Kandungan Minyak Zaitun

Penelitian dengan objek minyak zaitun telah banyak dilakukan dan berhasil mengungkap kandungan nutrisinya. Kandungan minyak zaitun dalam 100 gram-nya adalah 14 g lemak jenuh dan 86 gram lemak tak jenuh, 14 mg vitamin E dan 62 mikrogram vitamin K, serta 885 kcal energi. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun sungguh mengagumkan dan terbilang lengkap dibandingkan bahan lainnya. Sebut saja terpen, flavon, asam hidroksisinamat, antosianidin, flavonol, asam hidroksibenzoat, flavonoid glikosida dan lignin. Melimpahnya polifenol serta kandungan nutrisi lainnya membuat minyak zaitun memiliki ragam manfaat, baik untuk kecantikan (yang meliputi wajah, rambut dan kulit) maupun kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Kandungan zat yang terdapat dalam minyak zaitun membuatnya memiliki potensi aplikasi yang luas untuk dimanfaatkan pada area wajah, terutama bagi Kamu yang menginginkan kecantikan kulit wajah. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah:

  • Memperbaiki sel kulit wajah yang rusak. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun berperan dalam memperbaiki kerusakan yang muncul pada kulit akibat dari sinar matahari, asap rokok dan polutan.
  • Melembapkan kulit wajah. Minyak zaitun dapat terpenetrasi ke dalam lapisan kulit di wajah, hal itu akan membuat kulit wajah mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan serta melindunginya dan membuat kulit menjadi halus.
  • Memindahkan sel kulit yang mati. Campuran minyak zaitun dan garam laut dapat berfungsi dalam memindahkan sel-sel kulit yang mati, termasuk kulit bersisik, membuang sel kulit yang tua dan menggantinya dengan yang baru, sehingga Kamu akan tampak lebih muda dan selalu terlihat segar.
  • Makeup Remover. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai penghilang sisa-sisa makeup. Caranya mudah saja, aplikasikan minyak zaitun pada kapas atau cotton bud, lalu basuhkan pada area wajah yang terdapat sisa makeup. Jika area sisa makeup cukup banyak, maka Kamu bisa mengaplikasikan minyak zaitun dengan cara memijatnya pada area sisa makeup. Setelah sisa-sisa makeup berhasil dihilangkan, selanjutnya basuh muka dari sisa-sisa minyak dengan menggunakan kain pambasuh yang telah direndam pada air hangat. Setelah itu cipratkan wajah Kamu dengan air dingin, hal itu akan menstimulasi sirkulasi darah dan menutup pori-pori wajah. Lakukan semua proses itu dengan lembut.
  • Khasiat Minyak Zaitun

  • Perawatan mata. Krim yang mengandung minyak zaitun dapat digunakan untuk merawat area di sekitar. Colek krim minyak zaitun, lalu oleskan pada area bagian bawah mata. Untuk menjaga krim tetap segar ketika ingin digunakan, simpanlah krim minyak zaitun di dalam kulkas.
  • Masker wajah. Masker wajah dari minyak zaitun dapat dibuat sendiri di rumah. Caranya, campurkan 1 kuning telur dan 1 sendok makan minyak zaitun, Kamu juga bisa menambahkan air jeruk jika ingin lebih memutihkan dan mencerahkan wajah. Applikasikan campuran itu ke seluruh area wajah, dan diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air hangat lalu selanjutnya dengan air dingin. Masker buatan sendiri ini diperuntukkan bagi Kamu yang memiliki kulit normal dan kering, dan berfungsi untuk memelihara dan melembutkan kulit, serta membuatnya terlihat lebih bercahaya.
  • Menghilangkan jerawat. Minyak zaitun dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat karena khasiat yang dimilikinya sebagai antioksidan, antibakteri, antiinflamasi dan scrubs kulit. Aplikasi minyak zaitun sebagai penghilang jerawat dapat mencegah jerawat untuk muncul kembali, menghilangkan luka bekas jerawat, membuka pori-pori kulit wajah yang tertutup dan lain-lain.
  • Dapat menggantikan krim cukur wajah. Jika Kamu kehabisan krim cukur untuk wajah Kamu, maka untuk sementara Kamu gak usah repot-repot lagi untuk membelinya, Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti krim cukur. Lebih baik menggunakan minyak zaitun ketimbang sabun, karena penggunaan sabun tidak akan membuat proses mencukur menjadi halus layaknya krim cukur, tetapi minyak zaitun dapat menghaluskannya, di samping itu minyak zaitun juga memberikan kelembapan tersendiri untuk wajah Kamu.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Selain untuk wajah, minyak zaitun juga bermanfaat untuk rambut. Manfaat minyak zaitun untuk rambut terbilang komplit, mulai dari menumbuhkan rambut hingga menghilangkan ketombe. Nah, berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun khusus untuk rambut:

Kegunaan Minyak Zaitun

  • Untuk menumbuhkan rambut. Sudah berabad-abad minyak zaitun dipercaya berkhasiat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Kemampuannya dalam menjaga kelembapan kulit kepala sekaligus meningkatkan kesehatannya membuat rambut menjadi lebih sehat dan terstimulasi untuk terus tumbuh. Minyak zaitun juga berkhasiat dalam meningkatkan sirkulasi darah ke area kepala dimana rambut tumbuh. Di sisi lain, minyak zaitun juga berkhasiat sebagai anti fungi dan bakteri yang akan senantiasa memerangi kuman penyebab kerusakan rambut.
  • Membuat rambut lebih bercahaya. Rambut yang sehat akan menunjukkan kilaunya, sementara rambut yang kering dan rusak akan terlihat kusam. Minyak zaitun bermanfaat dalam menyehatkan rambut sehingga terlihat lebih berkilau dengan cara menjaga kelembabannya.
  • Rambut menjadi lebih mudah untuk ditangani. Perawatan rambut dengan minyak zaitun akan membuat rambut Kamu menjadi lebih sehat sekaligus membuatnya lebih mudah ditata sesuai keinginan.
  • Melembutkan rambut. Perawatan rutin rambut dengan minyak zaitun akan membuatnya terjaga untuk selalu lembab, sehingga menjadikan rambut selalu lembut dan menyenangkan untuk dibelai.
  • Mencegah agar rambut tidak rapuh dan mudah patah. Manfaat minyak zaitun untuk senantiasa menjaga kelembaban rambut membuat rambut terhindar dari kerapuhan yang membuatnya mudah patah.
  • Mengatasi ketombe. Adanya ketombe umumnya disebabkan karena keadaan kulit kepala yang kering, sehingga kerap menjadi serpihan-serpihan yang mudah jatuh dan terlihat sebagai ketombe. Nah, ketika Kamu memijit kulit kepala Kamu dengan minyak zaitun, maka Kamu akan memberikannya kelembaban sehingga tidak membuatnya menjadi kering. Lakukan terus perawatan dengan minyak zaitun itu hingga masalah ketombe Kamu hilang, selanjutnya Kamu hanya perlu melakukan perawatan kulit kepala dengan minyak zaitun satu atau dua minggu sekali.

Tidak hanya memberikan keuntungan alami pada rambut Kamu, namun perawatan rambut dengan minyak zaitun tidak selalu harus dilakukan setiap hari, cukup satu minggu sekali sehingga sangat pas buat Kamu yang sangat sibuk.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit. Manfaat minyak zaitun untuk kulit beberapa di antaranya adalah:

  • Kandungan oleocanthal dalam minyak zaitun memiliki khasiat dalam menghentikan proses peradangan atau inflamasi yang terjadi pada kulit.
  • Minyak zaitun kaya akan antioksidan, sehingga bagi kulit minyak zaitun dapat bertindak sebagai pembersih, pelembab dan pelindung kulit. Antioksidan yang terkandung pada minyak zaitun adalah vitamin A dan vitamin E.
  • Vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun juga berkhasiat sebagai antiaging, karena membantu dalam mengembalikan kembali keelastisan kulit.
  • Aplikasi minyak zaitun pada kulit tidak menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit.
  • Bersama dengan garam laut, minyak zaitun dapat digunakan untuk membuang sel-sel kulit mati, sehingga lapisan epidermis kulit akan dihiasi kulit baru dan membuat Kamu tampak lebih bercahaya.
  • Minyak zaitun mungkin dapat digunakan dalam melindungi kulit dari sengatan (radiasi) sinar matahari yang kerap dapat berbahaya.
  • Dapat mengatasi stretch mark yang muncul pada ibu-ibu hamil.
  • Minyak zaitun dapat mengurangi rasa tidak enak ketika bibir mengalami pecah-pecah, baik itu akibat cuaca maupun ketika bernafas melalui mulut.
  • Untuk kulit yang sangat kering, minyak zaitun dapat mengatasinya dengan cara menghidrasinya, baik dengan cara dioleskan ataupun dengan diminum.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang sehat dan menyehatkan. Minyak ini memiliki banyak manfaat dan khasiat, salah satunya adalah mampu menjaga kesehatan tubuh. Meski termasuk jenis lemak, namun lemak yang terkandung dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal, yaitu lemak sehat yang dapat menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar insulin dalam tubuh.

Minyak zaitun mampu menjaga kadar kolesterol normal dalam darah. Sebuah studi di Jepang yang dipublikasikan dalam Medical Science Monitor menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki kadar kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein) yang rendah dalam tubuhnya. Tak hanya nilai LDL yang turun, kadar kolesterol total dalam darah dan trigliserida juga ikut turun dengan konsumsi rutin minyak zaitun. Bagaimana dengan nilai kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein)? Ternyata, konsumsi minyak zaitun secara teratur perlahan-lahan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dalam darah. Hal ini tentu sangat mengagumkan, karena di satu sisi kadar kolesterol jahat mampu diturunkan, sementara di sisi lain kadar kolesterol baik perlahan-lahan meningkat.

Manfaat lainnya dari minyak zaitun adalah mampu menekan risiko berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Hal ini berdasarkan hasil studi terbaru yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine yang mengungkapkan bahwa konsumsi minyak zaitun lebih dari 4 sendok makan per hari secara signifikan mampu menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

Risiko timbulnya kanker payudara juga bisa ditekan oleh minyak zaitun. Dibandingkan dengan jenis minyak sayur lainnya, minyak zaitun lebih ampuh dalam mencegah kanker payudara. Minyak zaitun dapat melindungi DNA dari kerusakan, menurunkan keganasan sel tumor, dan mendorong kematian sel-sel tumor. Di samping itu, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang selama ini memang diketahui berkhasiat dalam mencegah kanker. Karena kaya antioksidan, minyak zaitun juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun terbilang cukup tinggi sehingga mampu melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Ini berarti minyak zaitun juga potensial dalam menjaga fungsi kognitif dan memori otak.

Tak hanya baik bagi kesehatan tubuh, minyak zaitun ternyata juga baik dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan mental. Kandungan lemak baik dalam minyak zaitun yaitu lemak tak jenuh tunggalnya dapat menurunkan gejala depresi. Menurut studi yang dilakukan di University of Las Palmas de Gran Canaria in Spain dan dipublikasikan dalam PLoS ONE, orang-orang yang terbiasa mengonsumsi makanan yang kaya lemak tak jenuh tunggal memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami depresi dibandingkan dengan mereka yang terbiasa mengonsumsi makanan yang tinggi lemak trans seperti fast food.

Meskipun tergolong jenis lemak yang sehat, namun minyak zaitun mengandung kalori yang tinggi dan sebaiknya dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Minyak zaitun berkhasiat mencegah munculnya stretch mark selama seorang ibu menjalani masa kehamilannya. Oleskan minyak zaitun pada area perut, pinggul dan area lain yang mungkin stretch mark dapat muncul. Selain itu, mengonsumsi minyak zaitun bagi ibu hamil dapat membantu bayi kelak untuk memiliki refleks psikomotor yang baik. Mengonsumsi minyak zaitun bagi ibu hamil juga memberikan dampak positif bagi perkembangan fisik dan psikis bayi, yang meliputi tinggi, bobot dan perkembangan perilakunya.

Minyak zaitun kaya akan omega-3 yang berarti bahwa jika dikonsumsi oleh ibu hamil maka akan memberikan keuntungan bagi jantung janin yang tengah dikandungnya. Selain itu, berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun baik untuk perkembangan otak, begitu juga dengan kemampuan berlajar anak kelak setelah lahir. Vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun bermanfaat bagi pertumbuhan janin sehingga dia siap untuk dilahirkan dan menghadapi lingkungan yeng berbeda dengan yang sebelumnya ketika berada di dalam rahim ibu. Bayi akan lebih siap untuk menghadapi lingkungan dengan atmosfer yang penuh dengan oksigen. Bagi bayi prematur, asupan minyak zaitun oleh sang ibu akan sangat bermanfaat dalam membantu ginjal dan pankreas agar berfungsi sebagaimana mestinya.

Manfaat Minum Minyak Zaitun

Mengonsumsi minyak zaitun dengan cara meminumnya ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tidak hanya untuk jantung, manfaat minum minyak zaitun juga diketahui untuk penurunan berat badan serta menghilangkan rasa sakit. Namun, karena tingginya kalori dalam minyak zaitun, maka meminumnya janganlah berlebihan, dalam jumlah yang cukup saja.

Jenis Minyak Zaitun

Setidaknya ada 3 jenis minyak zaitun yang beredar. Ketiganya memiliki derajat masing-masing, tentunya derajat yang paling tinggi adalah yang paling mahal. 3 jenis minyak zaitun itu adalah extra virgin olive oil, virgin olive oil dan olive oil yang biasa. Extra virgin dan virgin olive oil sama-sama diperoleh dari hasil pressing pertama pohon Olea europaea. Yang membedakan antara keduanya adalah derajat keasamannya, dikategorikan sebagai extra virgin olive oil jika memiliki derajat keasaman kurang dari 1%, sementara virgin olive oil memiliki derajat keasaman maksimal 3.3%. Minyak zaitun yang biasa atau kerap dilabel “pure” sebenarnya adalah campuran antara virgin olive oil dengan minyak zaitun yang dimurnikan kembali. Minyak zaitun yang dimurnikan kembali mengandung lebih sedikit vitmin E jika dibandingkan dengan virgin olive oil, terlebih dengan extra virgin olive oil.

Semoga dengan mengetahui kegunaan dan khasiat minyak zaitun ini Kita bisa lebih bisa mensyukuri upaya Tuhan yang telah menyediakan berbagai kebutuhan hambaNya di alam.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: