Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Mengonsumsi Ceker Ayam Bagi Kesehatan

informasitips.com“Mengonsumsi ceker ayam bukanlah suatu kebiasaan yang patut dilakukan”, setidaknya itulah pendapat dari sebagian orang. Di sisi lain, ada juga mereka yang sangat gemar mengonsumsi ceker ayam, karena berpendapat bahwa ceker ayam adalah makanan yang sangat lezat, sehingga sering kali ditambahkan atau bahkan jadi bahan utama dalam suatu menu makanan.

Sesungguhnya, mengonsumsi ceker ayam bukanlah ide yang buruk, bahkan dapat dikatakan sangat baik, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Karena, ceker ayam ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Di artikel ini akan diuraikan lebih lanjut apa saja manfaat ceker ayam bagi kesehatan tubuh.

Ceker Ayam Kaya Kolagen

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Department of Animal Science of National Chung-Hsing University di Taiwan menunjukkan bahwa ceker ayam mengandung banyak kolagen. Ini berarti bahwa ceker ayam dapat dijadikan sebagai sumber kolagen alternatif selain dari sapi, ikan laut ataupun babi. Oleh karena itu, para ilmuwan tengah melakukan penelitian lain untuk dapat menemukan tehnik terbaik untuk mengekstrak kolagen dari ceker ayam.

Manfaat Ceker Ayam

Seperti kita ketahui bahwa kolagen memiliki beberapa manfaat, yaitu agar kulit terlihat lebih muda, dapat menguatkan pembuluh darah sehingga peredarannya menjadi lancar, meningkatkan tubuh dalam memetabolisme lemak (berperan dalam penurunan berat badan), serta memperlambat dampak dari arthritis. Suplemen kolagen diketahui memiliki harga yang cukup mahal. Jadi, kenapa harus menghabiskan banyak uang jika Kamu bisa mendapatkannya dari sumber yang murah, seperti ceker ayam?

Kartilago dalam Ceker berguna untuk Arthritis

Ceker ayam mengandung berbagai macam nutrisi, seperti protein, kalsium, kolagen dan kartilago. Nah, kartilago itulah yang berperan besar dalam pergerakan sendi-sendi di tubuh. Kartilago merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh agar pergerakan sendi menjadi lancar. Oleh karena itu, kartilago berkhasiat dalam meminimalisir rasa sakit akibat arthritis dan sakit sendi.

Ceker ayam banyak dikonsumsi oleh para penduduk negeri Cina. Mereka sering menambahkan ceker ayam ke dalam sup yang mereka buat. Tidak hanya agar menjadi terlihat lebih muda, namun ceker ayam juga berkhasiat dalam memperlancar pergerakan tubuh. Jadi, tidak heran kalau para ahli bela diri di Cina gemar mengonsumsi ceker ayam.

Beberapa tahun lalu, seorang peneliti, Dr Harry Robertson, meneliti mengenai potensi ceker ayam dalam meregenerasi sel-sel saraf, tulang, otot dan kemampuannya dalam menyembuhkan cedera pada sumsum tulang belakang. Namun, dengan alasan sanitasi dan metode uji, maka FDA (Bada POM-nya Amerika) menghentikan penelitian yang tengah dilakukan oleh Dr. Harry Robertson itu. Padahal, menurut sang peneliti, penelitian tersebut merupakan jalan untuk mencapai kemajuan terhebat dalam bidang medis setelah penemuan penisilin oleh Alexander Flemming.

Meskipun baik dan bermanfaat bagi tubuh, namun bukan berarti kita boleh dan dianjurkan untuk mengonsumsi ceker ayam terus-menerus dalam jumlah yang banyak atau berlebih. Perhatikan pula kandungan kolesterol yang ada di dalamnya. Ceker ayam termasuk salah satu makanan yang tinggi kolesterol. Dalam 100 gram ceker ayam, terkandung sekitar 85 mg kolesterol. Sementara batas asupan kolesterol per hari yang diperbolehkan bagi orang dewasa adalah tidak lebih dari 300 mg. Itu artinya, bila dalam satu hari kita mengonsumi ceker ayam 400 gram (kurang lebih 8-9 ceker ayam), maka kolesterl dari ceker ayam yang kita makan adalah sekitar 340 mg. Angka tersebut sudah melebih batasan kolesterol harian yang diperbolehkan. Oleh karena itu, agar tubuh bisa mendapatkan manfaat baik dari ceker ayam, konsumsilah ceker ayam secara wajar, tidak terlalu sering dan tidak terlalu banyak (berlebihan).



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: