Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Meminum Cokelat Panas

informasitips.com – Mungkin banyak di antara kita yang lebih terbiasa mengonsumsi cokelat dalam bentuk batangan ketimbang dalam bentuk minuman. Padahal minuman cokelat tak kalah nikmat dengan kopi yang telah lebih dikenal dan memiliki banyak penggemar. Kini minuman cokelat mulai banyak dijual di toko-toko kelontong dengan berbagai merk. Banyak dari penikmat minuman cokelat yang lebih menyukai mengonsumsi minuman cokelat dalam keadaan panas, selain lebih nikmat ternyata manfaatnya pun juga banyak. Nah, berikut ini beberapa manfaat meminum cokelat panas:

Cokelat Panas Kaya Antioksidan

  • Cokelat yang disuguhkan dalam keadaan panas ternyata, menurut penelitian, lebih banyak mengandung antioksidan dibandingkan dengan cokelat yang dikonsumsi tidak dalam keadaan panas, seperti dalam bentuk batang cokelat yang kerap dikonsumsi.
  • Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, cokelat mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau, dan lima kali lebih tinggi ketimbang antioksidan yang terdapat dalam teh hitam.
  • Cokelat Panas Memengaruhi Mood

  • Tahukah Kamu? Minuman cokelat panas itu sudah menjadi minuman yang istimewa mulai dari abad ke-16 dan terus berlanjut hingga abad 19. Tidak hanya itu, minuman cokelat panas juga digunakan sebagai obat pada masa-masa itu. Seperti orang-orang Perancis yang menggunakan cokelat panas sebagai obat pengusir amarah dan bad mood. Apa yang dilakukan orang-orang Perancis itu sungguh mencerahkan, karena kini telah diketahui bahwa cokelat panas mampu untuk menurunkan kadar hormon stress yang meningkat di dalam tubuh, semisal ketika merasa takut. Saat ini telah diketahui bahwa ternyata di dalam cokelat terkandung zat yang dikenal dengan nama phenethylamine, yaitu suatu neurotransmitter yang ditemukan di otak dan berperan dalam memperbaiki suasana hati (mood) serta sebagai antidepresan.
  • Menurut penelitian para peneliti di University of Michigan Health System, minuman cokelat memiliki manfaat dalam meningkatakan pelepasan endorphin, yaitu seuatu zat yang akan dilepaskan oleh tubuh ketika seseorang merasa senang. Tidak hanya endorphin, cokelat juga berkhasiat dalam meningkatkan pelepasan serotonin, yaitu suatu neurotransmitter yang jika diproduksi dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia.
  • Minuman Cokelat Panas Bermanfaat untuk Kesehatan

  • Cokelat dilengkapi dengan kandungan mineral yang kaya, sebut saja zat besi, mangan, magnesium, dan zinc. Mineral-mineral tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih fit, sehingga kekebalan tubuh dapat meningkat.
  • Para peneliti dari Harvard Medical School dalam penelitiannya menemukan bahwa cokelat dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, menurunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL). Hal itu mengindikasikan bahwa meminum cokelat panas dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung, stroke, diabetes dan kanker.
  • Menurut sebuah hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of Neurology, meminum 2 cangkir cokelat panas setiap hari akan membuat otak lebih sehat serta meningkatkan fungsi berpikir seseorang dengan cara meningkatkan aliran darah yang menuju otak. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa peningkatan laju aliran darah pada bagian otak yang sedang digunakan (untuk berpikir) akan membantu terjadinya peningkatan fungsi bagian otak tersebut, sehingga pada akhirnya dapat dikatakan bahwa peningkatan laju aliran darah akan sangat membantu proses berpikir seseorang. Dan, minuman cokelat panas dapat membantu terjadinya peningkatan laju alir darah ke otak.
  • Oh ya, untuk menikmati minuman cokelat panas sekaligus memaksimalkan manfaatnya, para ahli berpendapat bahwa sebaiknya gula jangan ditambahkan ke dalam minuman cokelat yang ingin Kamu nikmati. Namun, mungkin sebagian besar dari kita (khususnya masyarakat Indonesia) kurang menyukai suatu minuman yang tidak manis, untuk hal yang demikian rasanya sedikit gula tidak mengapa untuk ditambahkan agar kita lebih berselera menikmati minuman cokelat panas. Atau Kamu bisa menggantikan gula tebu dengan gula jagung yang lebih ramah terhadap kesehatan tubuh.



    loading...
    Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *