Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Makan Buah Dengan Kulitnya

informasitips.com – Kebanyakan orang mungkin tidak menyukai bila mengonsumsi buah harus bersama kulitnya. Hal itu sebenarnya sah-sah saja, namun kebiasaan seperti itu sebaiknya dihilangkan, karena banyak kulit buah yang mengandung senyawa-senyawa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Fungsinya bermacam-macam, tapi bisa disimpulkan bahwa berbagai senyawa yang terkandung dalam kulit buah pada umumnya memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa alasan mengapa Kamu harus mengonsumsi kulit buah saat hendak memakan buah:

Mendapatkan Senyawa Fitonutrien yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Umumnya kulit buah itu memiliki warna yang bermacam-macam. Warna pada kulit buah itu sebenarnya merupakan sumber senyawa fitonutrien untuk tubuh manusia. Contohnya adalah kulit apel yang memiliki bermacam warna, sebut saja warna merahnya yang ternyata kaya akan vitamin (seperti vitamin A dan C), mineral (seperti kalsium, kalium, fosfor, dan lain-lain), serat (baik itu serat yang larut maupun yang tak larut), antioksidan (seperti senyawa flavonoid dan asam-asam fenolat). Bahkan, menurut sebuah penelitian, kulit apel mengandung senyawa triterpenoid yang memiliki khasiat dalam membunuh sel-sel kanker yang berbahaya bagi tubuh, sehingga mengonsumsi kulit apel bermanfaat dalam melindungi mereka yang mengonsumsinya dari jenis kanker tertentu, seperti kanker hati, usus besar dan kanker pay*dara.

Kulit Buah Sumber Antioksidan

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kulit buah yang berwarna cerah menandakan bahwa di dalam kulit buah tersebut kaya akan antioksidan. Contohnya blueberi yang kulitnya dipenuhi akan kandungan antioksidan, seperti tannin, antosianin, katekin, dan lain sebagainya. Sementara kulit buah yang berwarna kuning biasanya kaya akan antioksidan xanthin, lutein, dll. Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, misalkan untuk kulit yang sehat dan bersinar, untuk mencegah penuaan dan membasmi radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Kulit Buah Mengandung Berbagai Mineral dan Vitamin

Seperti yang telah dikatakan di atas bawha kulit buah banyak mengandung mineral dan vitamin, tidak hanya di kulit buah apel, namun juga pada kulit buah jambu, semangka, serta jeruk yang kaya akan vitamin C, zat besi dan kalium.

Kulit Buah Kaya Serat

Kulit buah kaya akan kandungan serat insoluble yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Tidak hanya untuk konstipasi, kandungan serat dalam kulit buah juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu dalam menyeimbangkan kadar gula darah, seperti serat yang terkandung dalam kulit apel. Kulit apel mengandung serat yang disebut dengan pectin. Tidak hanya kulit apel yang mengandung pektin, namun kulit buah anggur, berry, buah persik, apricot dan ceri juga mengandung pektin.

Bermanfaat Dalam Mengendalikan Asupan Kalori

Kandungan serat dalam kulit buah tidak hanya bermanfaat seperti yang telah disebutkan di atas, namun juga bermanfaat dalam mengontrol asupan kalori. Hal tersebut disebabkan karena dengan adanya serat dalam saluran cerna, maka tubuh akan meresponnya dengan mengirim sinyal ke otak bahwa di dalam saluran cerna masih terdapat makanan, sehingga otak akan meresponnya dengan memberikan sinyal ke seluruh tubuh bahwa tubuh masih merasa kenyang. Dengan demikian tubuh akan enggan untuk memasukkan kalori tambahan ke dalam tubuh, sehingga asupan kalori akan lebih terkendali.

Mengatasi Berbagai Penyakit

Menurut beberapa penelitian yang telah dipublikasikan menunjukkan bahwa beberapa kulit buah mengandung senyawa yang berkhasiat dalam mengatasi suatu penyakit. Sebagai contoh, kulit buah markisa ternyata mengandung senyawa yang memiliki khasiat sebagai bronkodilator sehingga bermanfaat dalam mengatasi penyakit asma. Contoh lainnya adalah kulit buah anggur yang mengandung resveratrol yang bermanfaat dalam membantu mengatasi penyakit Alzheimer, mencegah kanker dan penyakit terkait jantung. Kulit buah persik juga disinyalir mengandung suatu senyawa yang bisa meredakan peradangan tipe apapun. Satu contoh terakhir adalah kulit mentimun yang mengandung silica yang membantu dalam membangun struktur kolagen di dalam tubuh, struktur kolagen berfungsi dalam menjaga struktur kulit agar selalu tampak awet muda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *