Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Madu untuk Merawat Kulit dan Rambut

informasitips.com – Madu mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya untuk kesehatan, madu juga banyak dimanfaatkan orang -terutama kaum wanita- untuk merawat kecantikan. Berikut ini kami berikan beberapa manfaat madu untuk menjaga kecantikan dan keindahan kulit, dan rambut Anda. Mudah dipraktekkan, dan semoga memberikan hasil yang memuaskan untuk Anda.

  1. Madu sebagai masker pelembab kulit
    Madu memiliki sifat mampu melembabkan. Madu dapat menarik uap air dari udara masuk ke dalam kulit, dan menjaga uap air tersebut tetap tinggal dan menyerap dalam kulit. Bagi Anda yang berkulit kering, tak ada salahnya Anda menggunakan masker madu yang berfungsi sebagai pelembab bagi kulit.

    Cara memanfaatkan madu sebagai masker sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan madu ke bagian kulit Anda (pastikan bahwa kulit Anda sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu), diamkan selama 15-20 menit, setelah itu bersihkan dan bilas dengan air hangat.

  2. Madu sebagai pembersih pori-pori kulit
    Enzim yang terkandung dalam madu berkhasiat untuk membersihkan pori-pori kulit. Selain itu, sifat antibakteri dari madu dan jojoba atau minyak kelapa juga dapat mencegah penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

    Manfaat Madu untuk merawat kecantikan kulit dan rambut

    Cara penggunaannya, cobalah campurkan satu sendok makan madu dengan dua sendok makan jojoba atau minyak kelapa. Aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke kulit, dan pijat lembut dengan gerakan melingkar, hindari area mata Anda. Bilas dengan air hangat.

  3. Madu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati
    Madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengangkat dan menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati. Madu kaya akan antioksidan, enzim, dan zat-zat lainnya yang dapat menutrisi kulit, membersihkan dan menjaga kelembaban kulit. Untuk memanfaatkan madu sebagai pengangkat sel-sel kulit mati, campurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok makan baking soda. Basuh kulit wajah dan tubuh dengan air, lalu pelan-pelan oleskan campuran madu-baking soda tadi ke wajah dan tubuh dengan gerakan memutar. Lakukan selama beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

  4. Madu untuk menyamarkan noda bekas luka pada kulit
    Madu mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu menyamarkan noda bekas luka sekaligus juga membantu meningkatkan penyembuhan dan regenerasi jaringan kulit. Sifat madu yang mampu melembabkan bila dicampur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun akan membantu regenerasi sel-sel kulit.

    Cara memnafaatkannya adalah, campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada daerah yang terkena luka, dan pijat dengan ujung jari Anda dengan gerakan melingkar selama 1-2 menit. Tempatkan handuk panas di atas kulit Anda, dan diamkan sampai dingin. Ulangi setiap hari.

  5. Madu sebagi obat jerawat
    Anda yang kulitnya cenderung mudah berjerawat bisa mencoba untuk menggunakan madu. Madu mengandung antibakteri dan antijamur yang dapat menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-inflamasi pada madu akan meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit yang berjerawat. Cara menggunakannya sangat mudah, cobalah oleskan madu pada bagian kulit yang berjerawat, diamkan sebentar selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan rutin.

  6. Madu sebagai kondisioner rambut
    Madu mengandung enzim dan zat-zat nutrisi lainnya yang dapat merawat rambut. Rambut kusam dan kering Anda dapat dirawat dengan campuran madu dan minyak kelapa. Cara memanfaatkannya, campurkan 1 sendok makan madu dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Basahi dulu rambut Anda, lalu oleskan kondisioner madu-minyak kelapa tersebut pada bagian bawah rambut, lalu naik ke atas. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas bersih.

  7. Madu untuk mengilaukan rambut
    Enzim glukosa oksidase dalam madu perlahan-lahan melepaskan senyawa hidrogen peroksidase, yaitu senyawa yang dikenal mampu membuat rambut tampak lebih berkilau.

    Cara memanfaatkannya, campurkan 3 sendok makan madu dengan 2 sendok makan air. Oleskan pada rambut dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, bilas bersih, lakukan rutin seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *