Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Lari Sprint bagi Tubuh

informasitips.com – Semua orang sepakat bahwa lari merupakan olahraga yang paling murah dan mudah dilakukan dibandingkan jenis olahraga lain. Untuk melakukan olahraga ini, kita hanya perlu sepasang sepatu dan pakaian olahraga tanpa alat pendukung lain yang bisa jadi cukup mahal seperti tenis atau bahkan golf. Kita dapat melakukan olahraga ini di banyak tempat seperti di kompleks perumahan atau di alun-alun kota.

Lebih jauh lagi, lari juga merupakan salah satu porsi latihan utama bagi para atlet dari berbagai cabang olahraga seperti cabang atletik (termasuk lari itu sendiri), sepak bola, bola basket, bola volley, bahkan tinju sekalipun. Tujuan dari menu latihan ini adalah untuk menjaga daya tahan tubuh, melatih kecepatan bergerak, dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Tentu saja jenis lari yang dilakukan cukup beragam baik dari segi durasi maupun kecepatan berlari.

Salah satu jenis olahraga lari yang dapat kita lakukan adalah lari cepat atau lari sprint yaitu lari jarak pendek dengan kecepatan tinggi. Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang kurang memahami bahwa lari sprint ini memiliki banyak manfaat bagi kita walaupun kita bukan olahragawan. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menyimak beberapa manfaat lari sprint bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Lari Sprint

sumber: bretcontreras.com/

Lari Sprint Sangat Efisien Membakar Lemak

Lari cepat atau sprint ternyata lebih efisien dalam membakar lemak dibandingkan dengan jogging atau berlari pelan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sprint yang dilakukan selama satu jam di setiap minggunya lebik efektif mengurangi lemak dalam tubuh dibandingkan dengan jogging yang dilakukan dalam durasi satu jam setiap hari.

Penelitian ini dilakukan oleh Prof. Steve Boutcher dari Universitas New South Wales Medicine dan dimuat dalam Journal of Obesity. Menurut Prof. Boutcher, lari cepat atau sprint merupakan salah satu bentuk latihan yang paling efisien. Hasil dari penelitian yang dilakukan selama 12 minggu ini, subjek penelitian yang turut berpartisipasi dalam penelitian ini dapat menurunkan bobot mereka sekitar 2 kg.

Lari Sprint Dapat Dilakukan Untuk Membentuk Otot

Bagi orang-orang yang perduli dengan bentuk tubuh, lari cepat atau sprint adalah salah satu bentuk latihan yang paling direkomendasikan. Dengan melakukan olahraga ini, seseorang dapat membentuk massa otot sehingga bentuk tubuh akan terlihat ideal. Tentu saja latihan ini perlu dipadukan dengan bentuk olahraga lain seperti senam aerobik, renang, dan lain-lain.

Lari Sprint Dapat Meningkatkan Kecepatan Gerak

Bagi altet tertentu seperti pesepak bola, lari sprint merupakan latihan wajib untuk meningkatkan kecepatan dalam berlari. Selain itu, seorang pemain sepak bola juga dituntut untuk dapat menguasai bola dengan baik walaupun dalam kecepatan lari yang cukup tinggi. Latihan sprint tentu dapat meningkatkan kemampuan ini. Oleh karena itu, sprint sangat dianjurkan bagi anak-anak yang bercita-cita menjadi pesepak bola profesional. Beberapa olah raga lain juga mensyaratkan latihan berupa lari cepat.

Ada satu hal yang sangat perlu kita perhatikan terkait dengan lari cepat atau sprint ini. Kita dianjurkan untuk melakukan pemanasan dulu sebelum melakukan sprint. Hal ini dimaksudkan agar kita terhindar dari cidera otot. Selain itu, bagi orang-orang yang baru saja memulai latihan ini, sangat disarankan untuk melakukan adaptasi terlebih dahulu. Artinya, kita tidak boleh memaksakan diri dengan melakukan sprint dalam durasi yang cukup lama di awal latihan. Di awal, kita dapat berlari cepat dengan durasi singkat. Selanjutnya, kita dapat meningkatkan durasi latihan secara berkala.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *