Manfaat Kolostrum Bagi Kesehatan yang Ternyata Sangat Menakjubkan

Manfaat Kolostrum


informasitips.com – Apa itu kolostrum? Kolostrum merupakan cairan pra-susu berwarna kekuningan yang keluar pada awal-awal masa menyusui, yaitu 24-36 Jam pertama setelah melahirkan. Kolostrum memiliki banyak manfaat, salah satunya membawa zat imunitas (zat kekebalan) yang ditransfer dari ibu ke bayinya.

Selain mengandung zat kekebalan, kolostrum juga mengandung begitu banyak zat gizi penting yang mendukung faktor pertumbuhan. Kolostrum juga kaya akan immunoglobulin, sejenis protein tertentu yang terlibat dalam sistem imun dan berperan melawan kuman.

Kolostrum dikenal sebagai zat yang memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan. Itulah sebabnya, mengapa bayi-bayi yang baru lahir sangat dianjurkan untuk langsung disusui oleh ibunya dengan tujuan agar mendapatkan kolostrum dari Ibu.

Loading...

Sayangnya, tidak semua bayi beruntung mendapatkan kolostrum dari ibu. Berbagai kendala dan masalah dalam menyusui, seperti air susu yang tidak keluar sama sekali, ketidaktahuan ibu tentang bagaimana menyusui yang baik dan benar, dan berbagai kondisi medis bayi yang mengharuskannya untuk segera mendapatkan perawatan dan dipisahkan dari ibu membuat bayi terpaksa tidak mendapatkan kolostrum.

Namun, saat ini tersedia kolostrum sapi yang menurut para ahli memiliki kemiripan yang cukup besar dengan kolostrum manusia. Mereka yang tidak mendapatkan kolostrum tak perlu kecewa karena bisa mendapatkan aneka manfaat dan khasiat kolostrum lewat kolostrum sapi.

Apa saja manfaat dan khasiat kolostrum?

  1. Kolostrum mengandung zat imunitas, zat faktor pertumbuhan, dan zat gizi penting yang seimbang yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi serta membantu meingkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai kuman penyakit.
  2. Kolostrum sapi yang memiliki kemiripan dengan kandungan kolostrum manusia diyakini dapat meningkatkan energi, menurunkan resiko infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak, menambah massa otot (sehigga bermanfaat bagi atlet untuk menambah massa otot tanpa menimbulkan efek samping), mempercepat proses penyembuhan luka, dan meningkatkan vitalitas serta stamina.
  3. Kolostrum sapi juga bermanfaat untuk menghambat proses penuaan. Di dalamnya terkandung zat anti-aging yang dapat memperlambat penuaan dan membuat terlihat lebih awet muda. Antioksidan yang ada dalam kolostrum dapat membuang keluar polutan-polutan dari tubuh dan juga membantu memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh polutan dan racun terhadap tubuh.
  4. Kolostrum memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada luka.
  5. Kolostrum memiliki kemampuan untuk mengurangi reaksi alergi. Antibodi yang terkandung di dalam kolostrum dapat melawan alergen (zat pencetus alergi). Kolostrum mengandung kemampuan mengikat IgE (imunoglobulin yang terlibat dalam reaksi alergi). Dengan kemampuan tersebut, kolotrum dapat menekan munculnya IgE, sehingga akan menghambat dan mencegah timbulnya reaksi alergi.
  6. Studi yang pernah dilakukan terhadap hewan menemukan fakta bahwa laktoferin, sebuah protein yang terdapat dalam kolostrum dapat membantu mencegah atau menurunkan risiko terkena kanker. Kolostrum juga mengandung lemak susu yang berperan sebagai anti-karsinogenik.
  7. Kolostrum berperan dalam proses detoksifikasi. Kolostrum mendetoksifikasi tubuh dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Kolostrum menghambat atau menghancurkan patogen berbahaya bagi usus dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya. Kolostrum juga bertindak sebagai obat untuk memperbaiki kerusakan dinding usus akibat patogen dan racun yang terakumulasi di usus. Selain itu, kolostrum juga dapat mengatasi jika patogen dan racun sampai masuk ke dalam tubuh, karena dengan adanya kolostrum tubuh akan menjadi lebih tahan dan kuat sehingga akan membuat fungsi saluran cerna menjadi lebih sehat. Dengan kemampuan detoksifikasi tersebut, kolostrum juga bermanfaat melindungi hati dan pakreas.
  8. Kolostrum mengndung banyak IGF-1, zat yang mirip dengan insulin dan merupakan faktor yang mendukung pertumbuhan dapat membantu untuk mencegah diabetes pada mereka yang berisiko besar terkena penyakit gula tersebut.
  9. Kolostrum juga ternyata berkhasiat bagi kesehatan jantung, khususnya bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Insulin dan IGF-I yang banyak terdapat di kolostrum mampu menurunkan tekanan darah.
  10. Kolostrum merupakan sumber alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kolostrum mengandung segala yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat dan kencang. Kolostrum mampu menghilangkan berbagai keluhan penuaan dini, mengurangi kerutan, menyembuhkan peradangan pada kulit dan membantu regenerasi sel kulit.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

FOLLOW US: