Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Kolesterol Bagi Tubuh Manusia

informasitips.com – Selama ini kamu mungkin lebih sering mendengar dampak negatif dari kolesterol ketimbang dampak positifnya. Hal tersebut wajar saja, karena dampak negatif yang ditimbulkan oleh kolesterol sangatlah serius, bahkan bisa berujung pada kematian. Tetapi tahukah Kamu jika sesungguhnya kolesterol juga memiliki manfaat baik yang tidak sedikit bagi tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat baik kolesterol bagi tubuh manusia yang harus Kamu ketahui:

  1. Kolesterol merupakan senyawa penting penyusun membran sel. Dalam hal ini, Kolesterol memiliki fungsi dalam mengatur membran sel pada berbagai rentang temperatur fisiologis tubuh manusia agar tetap bisa menjalankan fungsinya.
  2. Kolesterol merupakan prekursor dalam sintesis senyawa asam empedu. Asam empedu di dalam tubuh bertindak sebagai emulsifier senyawa-senyawa lemak yang terdapat dalam makanan serta emulsifier untuk vitamin-vitamin larut lemak agar dapat dicerna dan diserap oleh tubuh di dalam usus kecil atau intestin.
  3. Manfaat Kolesterol

    sumber gambar: phyzio.com

  4. Koleterol merupakan substrat dalam proses sintesis semua hormon steroid, termasuk hormon , hormon glukokortikoid, dan mineralokortikoid.
  5. Derivat kolesterol, yaitu 7-dehidrokolesterol merupakan prekursor dalam proses sintesis vitamin D3 yang terjadi di jaringan kulit.

Ternyata tidak benar anggapan bahwa kolesterol tidak memiliki manfaat bagi tubuh manusia dan hanya bersifat merugikan bagi kesehatan. Keempat hal di atas menunjukkan peran penting kolesterol pada berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh, dan tubuh kita memang membutuhkan kolesterol.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: