Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Kalsium yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

informasitips.com – Tidak hanya untuk tulang, kalsium juga memiliki segudang manfaat lain yang ternyata tidak banyak di antara Kita yang mengetahuinya. Beberapa manfaat tersebut sangat vital dalam menjaga kesehatan manusia. Oleh karena itu, kalsium dianggap sebagai salah satu mineral terpenting yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Apa saja manfaat kalsium yang umumnya tidak diketahui banyak orang? Berikut ini daftarnya:

  • Melawan Kanker Kolon atau Kanker Usus Besar

    Kalsium dan vitamin D merupakan dua senyawa yang berfungsi dalam melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker kolon atau kanker usus besar. Suplementasi kalsium dengan dosis 1200 hingga 1500 miligram per hari disarankan oleh para ahli. Baca juga Daftar Makanan Tinggi Kalsium

  • Kalsium membantu Menurunkan Berat Badan

    Para peneliti dari Purdue University menemukan bahwa mereka yang mendapatkan 1300 sampai 1400 miligram kalsium per hari dari produk-produk susu akan mengalami penurunan lemak tubuh setelah 18 bulan. Penemuan yang serupa juga ditemukan oleh para peneliti di University of Tennesse.

    Bagaimana sebenarnya mekanisme kalsium dalam proses turunnya berat badan? Dalam menurunkan berat badan, kalsium berfungsi dalam mengurangi jumlah lemak tubuh. Kalsium berperan dalam proses bagaimana lemak diuraikan dan disimpan. Semakin banyak jumlah kalsium di dalam sel-sel lemak, maka semakin banyak lemak yang akan dibakar. Sumber kalsium tidak hanya dari susu, namun juga dari bahan lain, seperti brokoli atau produk jus jeruk yang difortifikasi.

  • Manfaat-Kalsium-Mengejutkan

    sumber: www.healthyforkids.net

  • Membuat tetap fertil

    Penelitian di University of Wisconsin menunjukkan bahwa kalsium bersama vitamin D mampu menjaga kesuburan seseorang. Penelitian lain menunjukkan bahwa, pada pria, kalsium memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan. Bagi wanita, studi di Columbia University menemukan bahwa kalsium dan vitamin D menjaga agar proses menstruasi tetap berjalan normal.

  • Mengurangi Resiko Diabetes Tipe II

    Sebuah studi di Boston yang berlangsung sekitar 20 tahun terhadap 84000 perawat yang pada awal studi tidak menderita diabetes diketahui bahwa para perawat yang menerima 1200 miligram kalsium dan 800 IU vitamin D per hari memiliki resiko 33% lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2 dibanding perawat yang mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang lebih rendah.

    Kalsium lebih baik dikonsumsi dalam bentuk suplemen yang dapat dikunyah dibanding dalam bentuk pil, karena dalam sediaan chewable itu kalsium lebih mudah diabsorbsi oleh tubuh. Para peneliti Boston merekomendasikan untuk mengonsumsi kalsium sebanyak 1200 miligram per hari agar terhindar dari serangan diabetes tipe 2. Untuk meningkatkan absorbsi kalsium mereka juga menyarankan agar kalsium dikonsumsi 2 kali sehari, satu di pagi dan satu lagi di malam hari.

  • Membantu mengatasi Gejala PMS

    Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang meminum 4 gelas susu rendah lemak atau susu skim per hari memiliki resiko 40% lebih rendah dalam mengalami gejala PMS dibandingkan dengan wanita yang hanya minum 1 gelas susu per minggu. Penelitian lainnya juga menunjukkan hal yang sama bahwa kalsium memiliki khasiat dalam mencegah berkembangnya gejala PMS. Perempuan dengan PMS memiliki kadar kalsium yang rendah serta kadar estrogen yang tinggi, mungkin karena itulah perempuan PMS membutuhkan lebih banyak kalsium.

  • Menyehatkan Mulut

    Kalsium berfungsi dalam melindungi gusi, sebuah studi jangka panjang yang melibatkan 13000 orang menunjukkan mereka yang mendapatkan asupan kalsium setengah dari yang disarankan akan memiliki resiko dua kali lipat untuk terserang penyakit gusi. Para ilmuwan juga berspekulasi bahwa kalsium menjaga agar tulang rahang tetap kuat sehingga membantu dalam melawan terjadinya infeksi oleh mikroorganisme.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: