Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

informasitips.com – Masyarakat Indonesia, khususnya orang Sunda, kerap mengonsumsi daun segar Kemangi sebagai lalapan, baik itu sebagai teman sambal atau dimakan mentah langsung. Ternyata, kebiasaan masyarakat Indonesia tersebut membawa manfaat tersendiri bagi mereka yang mengonsumsinya. Berdasarkan dari kandungan nutrisinya, daun Kemangi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, yaitu:

Kesehatan Mata. Daun Kemangi merupakan sumber vitamin A yang baik. Kandungan vitamin A-nya cukup tinggi, seperempat mangkuk daun Kemangi mengandung 559 Unit Internasional vitamin A atau dapat meng-cover 24 persen kebutuhan vitamin A per hari pada wanita dan 19 persen pada pria. Di dalam tubuh, vitamin A berperan dalam mendukung diferensiasi sel, sehingga banyak terbentuk sel-sel baru untuk memastikan fungsi organ tubuh tetap berjalan, terutama indera penglihatan. Selain vitamin A, Kemangi juga kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Keduanya merupakan zat warna yang termasuk ke dalam golongan karotenoid. Seperempat daun Kemangi segar mengandung 0.6 miligram lutein dan zeaxanthin atau 10 persen dari kebutuhannya per hari.

Tinggi Kandungan Vitamin K. Vitamin K di dalam tubuh utamanya berperan dalam proses pembekuan darah, dengan adanya vitamin K koagulasi darah dapat diatur sehingga tidak terjadi perdarahan. Selain itu, vitamin K juga berperan dalam mengaktivasi sejumlah protein yang terkait dengan pertumbuhan jarigan yang sehat, termasuk jaringan kartilago, tulang, perut dan paru-paru. Mengonsumsi daun Kemangi segar akan meningkatkan kadar vitamin K dalam tubuh Anda.

Menghilangkan Noda di Kulit. Ekstrak daun Kemangi yang direbus dapat digunakan untuk menghilangkan noda hitam di kulit. Setelah daun Kemangi direbus, maka selanjutnya, setelah air rebusan dingin, bisa dioleskan dengan menggunakan cotton bud pada area dimana noda hitam itu berada. Ekstrak yang sama juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal tersebut seperti dikemukakan di terbitan ilmiah pada jurnal International Journal of Cosmetic Science.

Menghambat Penuaan. Kemangi memiliki kandungan fitonutrien yang juga dapat bertindak sebagai antioksidan. Senyawa-senyawa seperti polifenol dan senyawa fenolat berkhasiat sebagai antioksidan yang dapat bertindak dalam mencegah terjadinya penuaan, atau kemungkinan kerusakan yang diakibatkan oleh serangan molekul radikal bebas.

Meredakan Stress. Teh yang berasal dari daun Kemangi dapat digunakan untuk menghilangkan pikiran yang penat. Teh daun Kemangi diketahui dapat meredakan kejadian stress pada seseorang. Cara membuat teh daun Kemangi adalah dengan cara menyeduh daun Kemangi yang telah dikeringkan dengan air panas di dalam cangkir selama kurang lebih 30 menit. Semakin lama daun Kemangi kering diseduh maka akan semakin banyak kandungan senyawa yang akan terekstrak.

Meredakan PMS. Daun Kemangi kaya akan zat besi. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi daun Kemangi maka zat besi yang terkandung di dalamnya dapat menggantikan kehilangan zat besi yang terjadi saat perempuan mengalami siklus bulanan. Beberapa sayuran lain yang juga memiliki khasiat yang sama adalah bayam. Mengonsumsi daun Kemangi bersama bayam saat mengalami menstruasi dapat menurunkan intensitas nyeri yang dialami oleh perempuan saat menjalani siklus bulanan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: