Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera): untuk Mata Hingga Diabetes

informasitips.com – Daun kelor berasal dari pohon Moringa oleifera yang kerap dikenal sebagai pohon ajaib. Bagaimana tidak? Pohon Moringa yang diklasifikasikan ke dalam ordo Brassicales dan family Moringaceae itu telah dikenal luas sebagai pohon yang memiliki kemampuan menyembuhkan berbagai penyakit. Bagian dari pohon Moringa oleifera yang paling berkhasiat adalah bagian daunnya. Di Indonesia, daun dari pohon Moringa dikenal dengan nama daun kelor.

Kandungan Daun Kelor

Daun kelor yang memiliki bentuk oval ini dikenal luas sebagai bahan ajaib karena mengandung sejumlah nutrisi yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sejumput daun kelor diketahui mengandung nutrisi sebagai berikut:

22% dari kebutuhan per hari vitamin C
41% dari kebutuhan per hari kalium
61% dari kebutuhan per hari magnesium
71% dari kebutuhan per hari zat besi
125% dari kebutuhan per hari kalsium
272% dari kebutuhan per hari vitamin A

Untuk mengetahui kehebatan kandungan nutrisi daun kelor perlu diketahui bahwa wortel yang kita kenal sebagai sayuran bergizi ternyata hanya mengandung vitamin A sebanyak 25% dari kebutuhan per hari. Bandingkan dengan kandungan vitamin A daun kelor yang mengandung 272% dari kebutuhan per hari nya. Dapat dikatakan bahwa daun kelor memiliki kandungan vitamin A hampir 11 kali lipat lebih banyak ketimbang wortel. Jadi, tidak heran jika daun kelor banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu, kandungan kalsium daun kelor juga lebih tinggi daripada kandungan kalsium dalam susu, yaitu 4 kali lipat lebih tinggi. Sementara kandungan kaliumnya 3 kali lipat lebih tinggi daripada yang terdapat dalam pisang.

Nah, inilah gambar dari daun kelor yang tengah kita bicarakan:

Manfaat Daun Kelor

Selain nutrisi yang telah disebutkan di atas, daun kelor juga mengandung 46 senyawa antioksidan, 36 senyawa anti-inflamasi dan 18 asam amino yang 9 di antaranya termasuk dalam asam amino esensial.

Dengan sederet nutrisi yang terkandung dalam daun kelor, maka sejuta khasiat (untuk kesehatan) bisa kita dapatkan dari mengonsumsinya, seperti memperbaiki proses pencernaan, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, melindungi dinding perut dari asam lambung, mengobati peptic ulcer, dan lain-lain.

Khasiat Daun Kelor untuk Diabetes

Selain itu, daun kelor ternyata juga bermanfaat untuk diabetes, para peneliti Mesir dalam studinya menemukan bahwa ekstrak air daun kelor yang diberikan kepada hewan tikus yang telah (sengaja) dibuat menderita diabetes mampu menurunkan kadar gula darah dari 380 persen menjadi 145 persen. Ekstrak daun kelor juga mampu menurunkan kadar senyawa beracun, malondialdehyde, dalam darah tikus dari 385 persen menjadi 186 persen, sementara kadar antioksidannya, yaitu glutathione, dari 22 persen menjadi 73 persen. Perbaikan ketiga hal tersebut, yaitu penurunan gula darah, penurunan malondialdehyde dan peningkatan glutathione, menunjukkan bahwa ekstrak air daun kelor memiliki manfaat dalam pengobatan diabetes.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *