Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat dan Peran Penting Ayah Dalam Proses Tumbuh Kembang Anak Perempuan

informasitips.com – Ayah dan ibu memainkan peranan penting sebagai orang tua dalam membangun kepribadian anak-anak mereka. Sejak dahulu sampai sekarang umumnya pengasuhan anak lebih banyak dilakukan oleh ibu. Sementara ayah lebih berperan sebagai pencari nafkah dan kepala keluarga di rumah.

Peran ayah di rumah seperti tidak terlalu menonjol karena kesibukan kerja mencari nafkah.Terkadang ayah pulang ketika anak-anak sudah tidur. Bahkan pada beberapa kasus, ayah harus berangkat kerja pagi sekali ketika anak-anak masih tidur. Sayang disayangkan, karena hal tersebut membuat intensitas waktu ayah untuk bertemu dan terlibat dalam tumbuh kembang anaknya menjadi sedikit sekali.

Di artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai manfaat dan peranan ayah dalam proses tumbuh kembang anak laki-lakinya. Untuk artikel kali ini, akan dibahas lebih lanjut lagi soal
mengenai manfaat dan pentingnya peranan seorang ayah dalam proses tumbuh kembang anak perempuan.

Hubungan antara seorang ayah dan anak perempuannya memiliki keunikan tersendiri. Sebagai seorang laki-laki, ayah adalah model dan pahlawan bagi putrinya. Bukan tidak mungkin, bahwa anak perempuan biasanya berusaha mencari dan menikahi laki-laki pujaannya kelak yang memiliki sifat dan sikap seperti ayah yang dikaguminya.

Ayah dan Anak

Peranan Ayah tentunya akan memberikan dampak dan manfaat bagi tumbuh kembang putrinya. Menurut sebuah penelitan di Universitas Oxford, anak perempuan yang banyak mendapatkan “sentuhan” Ayah dalam proses tumbuh kembangnya akan memiliki mental yang lebih baik. Keterlibatan Ayah, cinta dan kasih sayang yang ditunjukkan Ayah dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri anak, keberanian, dan juga kemandiriannya.


Apa saja yang bisa dilakukan ayah dalam mendidik dan membesarkan anak perempuannya?

  1. Tunjukkan dan sampaikan rasa cinta pada anak perempuan Anda
    Salah satu hal yang Anda perlu lakukan untuk menjadi ayah yang baik adalah menampilkan dan menyampaikan rasa cinta kepada putri Anda. Jangan malu untuk menunjukkan rasa sayang kepada putri Anda misalnya saja melalui sentuhan, pelukan, senyuman sambil mengucapkan kata-kata bahwa Anda mencintainya adalah cara nyata untuk mengkomunikasikan kasih sayang yang Anda miliki kepadanya. Perilaku kasih sayang yang ditampilkan Anda akan mempengaruhi perilaku putri Anda kepada suaminya kelak di kemudian hari.

  2. Tunjukkan rasa hormat kepada wanita (ibu dari putri Anda)
    Hal berikutnya yang tidak kalah pentingnya dalam pengembangan putri tercinta Anda menjadi gadis dewasa adalah dengan menghormati dan menunjukkan rasa cinta kepada ibu dari putri Anda, yaitu istri Anda. Anak-anak belajar dari contoh yang ditunjukkan ketika mereka masih sangat muda.

    Mereka mengamati keharmonisan yang ditunjukkan ibu dan ayah di depan mereka. Apabila Anda tidak menghormati dan menghargai istri Anda sebagai seorang wanita, misalnya dengan tidak pernah mau mendengar pendapatnya, suka memerintah, atau bahkan melakukan kekerasan dalam rumah tangga seperti memukul dan menampar, maka hal ini akan sangat jelas berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang putri Anda.

    Anak-anak yang sudah dari sejak kecil melihat orang tua mereka bertengkar, utamanya untuk kasus dimana ayah suka menyiksa ibu, maka akan timbul kemungkinan bahwa anak perempuannya kelak akan membenci kaum pria. Hal ini tentu bisa berpengaruh pada perkembangan psikologinya, emosional dan sosialnya.

    Rasa hormat dan menghargai bukan hanya ditunjukkan seorang ayah kepada ibu sang anak, tapi juga sebaiknya kepada perempuan lain di dalam keluarga dan wanita lainnya di luar keluarga. Hubungan antara ayah dan ibu yang penuh kasih sayang merupakan hal dasar dalam membangun perkembangan kepribadian anak-anak yang bahagia dan seimbang. Anak melihat hal ini sebagai rasa aman, nyaman dan memberikan kesan yang baik tentang pernikahan.

  3. Waktu adalah hadiah yang paling berharga
    Apabila Anda memiliki banyak waktu untuk dihabiskan dengan putri Anda, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat ikatan khusus antara seorang ayah dengan anak perempuannya adalah dengan mengantar dan menjemputnya ke sekolah atau ke tempat kursus anak. Banyak-banyaklah membacakan buku cerita atau mendongeng kepada putri Anda, dalam hal ini mungkin bisa juga bergantian jadwal dengan istri Anda.

    Bantu anak dalam mengerjakan tugas sekolahnya. Tunjukkan kepada putri Anda bahwa Anda memiliki minat pada hal yang disenanginya. Janganlah segan untuk memberikan pujian atau dorongan agar putri Anda agar menjadi nyaman, lebih bersemangat dan mampu meraih prestasi dalam hal yang diminatinya.

    Bila Anda adalah salah satu tipe orang tua yang hanya memiliki sedikit waktu untuk dihabiskan dengan anak perempuan Anda misalnya saja karena pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk bepergian dalam waktu lama atau harus terpisah rumah karena bercerai dengan istri Anda, usahakan untuk setidaknya selalu hadir pada hari-hari penting putri kecil Anda.

    Pada kasus perceraian, apapun yang terjadi antara Anda dan mantan istri Anda tidak boleh menjadi penghalang Anda dalam berhubungan dengan putri Anda. Tidak ada yang namanya mantan anak, bagaimana pun juga membesarkan anak tetap menjadi tugas yang harus dilakukan oleh ayah dan ibu, walaupun Anda tidak tinggal satu atap dengan mantan istri dan anak-anak Anda.

    Sering-seringlah menghubungi anak lewat telepon atau email. Manfaatkan kemajuan teknologi saat ini yang menjadikan jarak yang jauh terasa dekat. Selain telepon dan komunikasi lewat email, apabila Anda memiliki waktu lebih usahakan datang pada saat ulang tahun anak, anak tampil di pentas seni sekolahnya atau perlombaan yang melibatkan dirinya, atau hanya sekedar bermain bersama anak. Berikan sorakan penyemangat, pujian dan perhatian yang sungguh-sungguh di waktu yang sempit itu, karena waktu adalah hadiah yang sangat berharga bagi putri Anda.

  4. Berikan nasihat penting berupa nilai/norma kehidupan dan disiplin pada putri Anda
    Dari seorang bayi mungil, anak perempuan Anda tumbuh menjadi anak kecil yang akhirnya menjadi gadis dewasa. Pada periode ini adalah saat dimana sebagai seorang ayah harus bersikap tegas sekaligus bijaksana. Pada umumnya anak-anak perempuan merasa lebih nyaman berbicara mengenai perubahan yang terjadi pada dirinya dan mengenai s*ks dengan ibu mereka.

    Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa tugas membesarkan anak adalah proses yang harus dilakukan bersama antara ayah dan ibu. Sebaiknya janganlah bersikap segan membicarakan hal ini dengan anak Anda. Di saat anak Anda menjadi gadis dewasa ini tentu akan timbul rasa kekhawatiran pada diri Anda bahwa anak perempuan Anda mungkin akan “tersesat” dan “berada di jalan yang salah”. Bicaralah dengan terbuka kepada anak Anda, bahwa Anda siap mendengar dan bisa diajak berbicara mengenai hal apa saja termasuk mengenai cara berpakaian dan teman dekat prianya.

    Anak-anak perempuan pada umumnya menggunakan ayah mereka sebagai tolak ukur dalam melihat kualitas-kualitas yang dimiliki calon suami mereka. Apakah teman pria dekatnya bisa diandalkan? Apakah jujur dan penuh cinta kasih seperti sang ayah? Apakah teman dekat pria ini menghormati dan menghargainya sebagai seorang wanita? Dan lain sebagainya.

    Berikan petunjuk-petunjuk kehidupan dan disiplin. Ayah juga berperan sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya oleh anak. Jangan malu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari anak menyangkut hal-hal yang mungkin terdengar sensitif misalnya saja pertanyaan mengenai bahaya s*ks bebas dan bahaya penyakit s*ks menular. Tanpa petunjuk, bimbingan ilmu pengetahuan dan disiplin dari Anda sebagai orang tua, anak perempuan Anda akan kehilangan arah dan liar karena tidak memiliki pedoman atau aturan dalam berperilaku.

    Pastikan bahwa anak perempuan Anda sudah mendapatkan semua nasihat, nilai-nilai atau norma-norma penting kehidupan yang akan dapat membantunya dalam mengarungi kehidupan kelak. Dengan semua nasihat dan bekal informasi dari Anda sebagai seorang ayah, rasa kasih sayang yang selalu Anda berikan dan keyakinan bahwa Anda akan selalu hadir atau ada untuknya, dapat menjadi pegangan hidup anak perempuan Anda dalam melangkah di masa mendatang.

Sebagai seorang ayah tentu Anda berharap bahwa putri Anda akan mendapatkan pria yang baik bagi kehidupannya kelak dan berada pada jalan yang benar. Anda berharap pria tersebut selain dapat memberikan rasa aman, juga bisa menghormati putri Anda sebagai seorang wanita, dan memberikan perlindungan lahir dan batin kepadanya.

Untuk itu jagalah terus dan pupuklah kedekatan Anda dengan anak perempuan Anda agar ikatan khusus yang Anda miliki dengannya semakin erat. Usahakan agar anak perempuan Anda mendapatkan kepercayaan dan perasaan aman terlindungi yang Anda berikan kepadanya. Waktu berjalan begitu cepat, pastikan bahwa sebagai seorang ayah Anda sudah memberikan dan melakukan hal-hal terbaik yang sebaiknya seorang ayah lakukan kepada anak perempuannya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: