Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat dan Pentingnya Perawatan Pay udara Selama Kehamilan

informasitips.com – Dalam perkembangannya, suatu kehamilan akan mengalami proses perubahan yang terdiri dari perubahan jasmani dan rohani. Perubahan jasmani ini antara lain, perubahan kulit (perubahan warna kulit pipi dan perut), perubahan perut, perubahan pay u dara, dan lain-lain. Dalam hal ini, kami akan membahas tentang manfaat perawatan pay u dara akibat perubahan yang terjadi pada pay udara selama masa kehamilan.

Perubahan pay udara pada kehamilan yaitu pertama terasa adanya nyeri akibat timbunan air dan garam yang mendesak saraf sensoris. Pembuluh darah makin tampak sebagai tanda persiapan pembentukan air susu ibu (ASI). Menjelang kelahiran berat setiap pay udara mencapai 1,5 kali lebih besar dibandingkan sebelum hamil.

Manfaat Perawatan Pay udara Selama Kehamilan

Banyak ibu hamil mengabaikan perawatan pay udara selama masa kehamilannya. Boleh jadi lantaran malas atau sesungguhnya belum mengetahui akan manfaatnya. Padahal perawatan pay udara yang bagus selama kehamilan sangat penting untuk kelancaran air susu kelak setelah melahirkan serta dapat menjaga bentuk pay udara agar tetap baik.

Berikut beberapa manfaat yang dapat diketahui dalam pemijatan dan perawatan pay udara selama kehamilan:

  • memperbaiki dan meningkatkan peredaran darah.
  • mengurangi ketidanyamanan selama kehamilan.
  • meningkatkan kekencangan kulit pay udara dan sekitarnya.
  • meningkatkan produksi ASI.
  • mempercepat proses pengosongan kantung ASI.
  • mencegah sumbatan ASI di saluran dan kelenjar susu sehingga ASI menjadi lancar.
  • relaksasi pay udara dan area dada.
  • mencegah kanker pay udara (karena ini menjadi metode SADARI- yang akan membantu deteksi dini adanya benjolan di pay udara).
  • meningkatkan pengeluaran cairan limfa yang akan mencegah timbulnya kanker dan membuang toksin yang tidak bermanfaat dari dalam tubuh.
  • mengurangi munculnya guratan dan strechmark pay udara.
  • Menjaga kebersihan pay udara terutama kebersihan pu ting susu.
  • Melenturkan dan menguatkan pu ti ng susu sehingga memudahkan bayi untuk menyusu.
  • Mempersiapkan mental ibu untuk menyusui.

Pentingnya Perawatan Pay udara Selama Kehamilan

Bila seorang ibu hamil tidak melakukan perawatan pay udara dengan baik dan hanya melakukan perawatan menjelang melahirkan atau setelah melahirkan maka sering dijumpai kasus-kasus yang akan merugikan ibu dan bayi. Kasus-kasus yang sering terjadi antara lain:

  • ASI tidak keluar dan baru keluar setelah hari kedua atau lebih.
  • Pu ting susu tidak menonjol sehingga bayi sulit menghisap.
  • Produksi ASI sedikit sehingga tidak cukup dikonsumsi bayi.
  • Infeksi pada pay udara, pay udara bengkak atau bernanah.
  • Muncul benjolan di pay udara.

Cara Perawatan Pay udara Selama Kehamilan

Nah, dalam perawatan pemijatan pay udara sendiri, berikut ini cara yang dapat dilakukan, diantaranya :

  1. Bersihkan pay udara dengan air hangat, tujuannya agar peredaran darah secara perlahan lancar.
  2. Olesi pay udara dengan minyak, untuk hasil lebih baik, gunakan minyak zaitun sebagai pelumas.
  3. Lakukan di awal dengan memijat kelenjar limfa yang ada di ketiak. Pijatan di titik ini akan membuat darah dan racun mengalir. Buat gerakan memutar selama 2 menit.
  4. Lakukan pemijatan dengan dua tangan dengan gerakan melingkar searah jarum jam pada daerah sekitar pay udara. Ulangi gerakan tersebut dengan arah berlawanan. Lakukan beberapa kali. Jangan menekan terlalu keras mengingat pay udara lebih banyak berisi jaringan kelenjar.
  5. Lakukan pengurutan dari bawah ke arah pu t ing, pu t ing sendiri tidak perlu dirangsang karena hanya berfungsi sebagai saluran untuk keluarnya ASI saja, tidak ada kelenjar disana. Namun yang harus diperhatikan adalah bentuk pu t ing ibu, apakah bentuknya kearah keluar, berbentuk datar atau malah ke arah dalam.
  6. Bila bentuknya datar atau ke arah dalam lakukan pemijatan dengan lembut menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mendorong pu t ing ke atas selama 10 detik. Lakukan gerakan ini secara berulang. Bila bentuk pu t ing tetap tidak berubah konsultasilah pada dokter atau bidan anda.
  7. Bersihkan bagian pu ti ng dengan kapas dan minyak tujuannya selain untuk menjaga kebersihan juga untuk menjaga kelembaban pu ting supaya tidak mudah lecet saat menyusui kelak. Jangan bersihkan bagian pu ti ng dan lingkaran hitam disekelilingnya dengan sabun karena dapat menyebabkan kulit kering dan mudah lecet.
  8. Tepuk-tepuk pay udara dengan buku-buku jari agar otot-otot disekitar pay udara menjadi relaks.
  9. Bersihkan pay udara dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin agar peredaran darah menjadi lancar.
  10. Keringkan pay udara dengan handuk. Lakukan pemijatan ini selama 15-20 menit.
  11. Saat anda mulai rasakan pay udara menghangat, itu tanda bahwa aliran darah dalam pay udara telah meningkat. Kondisi ini sangat baik untuk pay udara.

Nah, mudah ‘kan? Selamat mencoba Bunda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: