Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat dan Pentingnya Air Bagi Tubuh Manusia

informasitips.com – Ibarat kehidupan, air adalah nafas dan tak satupun makhluk yang bisa hidup tanpanya. Bahkan sebagian besar tubuh kita (sekitar 60 – 70 %) terdiri dari cairan dalam bentuk darah dan yang lainnya (untuk darah 83% nya terdiri atas air, otot 75% nya terdiri dari air, otak 90% nya terdiri dari air, dan tulang sekitar 22% nya terdiri atas air).

Semua sel-sel tubuh, organ, dan jaringan tubuh manusia sangat membutuhkan air agar bisa melakukan fungsinya dengan baik. Kebutuhan cairan tubuh dapat dipenuhi dari konsumsi aneka minuman dan makanan seperti air mineral, teh, kopi, susu, buah dan sebagainya. Dari berbagai jenis air tersebut yang paling banyak dibutuhkan tubuh adalah air putih. Mengapa demikian? Air putih berbeda dari jenis minuman lainnya karena masih murni dan mengandung mineral yang banyak dibutuhkan tubuh. Tanpa adanya tambahan zat lain membuat air putih tidak mengalami proses cerna, sehingga tidak memberatkan kerja organ tubuh.


Manfaat air bagi tubuh manusia
Apa saja peran dan manfaat air bagi tubuh?

  1. Membuang racun dalam tubuh

    Air adalah pelarut yang mengangkut zat toksik, sisa metabolisme, bakteri, serta virus dalam tubuh dan kemudian dikeluarkan melalui keringat dan air seni. Air putih lebih bagus untuk dikonsumsi karena tidak berikatan dengan molekul lain seperti glukosa, nikotin, dan lain-lain sehingga sifat antioksidannya lebih tinggi. Selain itu, air putih juga dipercaya mampu menangkal radiasi.

  2. Air putih dapat menghilangkan dahaga, menjaga suhu tubuh, berperan dalam berbagai proses metabolime tubuh, membantu membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh ke sel, organ dan jaringan-jaringan tubuh.
  3. Air juga penting untuk menjaga kelembaban organ-organ tubuh seperti mata, hidung, mulut dan kulit.
  4. Air berperan sebagai pelumas dan bantalan sendi-sendi tubuh, sehingga mampu mencegah timbulnya kram, nyeri sendi dan otot tubuh.
  5. Mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi adalah sebuah kondisi yang cukup berbahaya saat tubuh kekurangan cairan yang dapat mengganggu proses-proses vital dalam tubuh. Dehidrasi dapat menimbulkan keluhan kram otot, menguras energi dan membuat tubuh menjadi lelah.
  6. Air dapat melarutkan vitamin C dan B sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.
  7. Mengencerkan kekentalan darah. Darah yang terlalu kental bisa menimbulkan penyakit jantung koroner.
  8. Air dapat melembekkan feses (kotoran) untuk memudah buang air besar.
  9. Air juga dapat berperan sebagai pelangsing
    Konsumsi air dingin akan membuat tubuh mengeluarkan kalori untuk menghangatkannya sehingga cadangan kalori tubuh berkurang. Selain itu konsumsi air putih membuat perut terasa kenyang.

    Air putih akan menekan nafsu makan dan membantu dalam proses metabolisme lemak tubuh. Studi ilmiah menyebutkan bahwa kurangnya konsumsi air putih dapat meningkatkan simpanan lemak di tubuh.

  10. Melancarkan proses pencernaan dengan cara mengencerkan asam lambung dan enzim pencernaan. Air juga membuat tubuh lebih mudah menyerap dan mencerna nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  11. Resiko kanker kandung kemih dan kanker usus besar juga dapat ditekan dengan konsumsi air yang cukup, karena air membuat kandung kemih dan pencernaan menjadi lebih sehat.
  12. Meredakan maag
    Saat perut terasa nyeri sebaiknya anda minum satu atau dua gelas air putih untuk mengencerkan asam lambung sehingga tidak terlalu pekat dan merangsang dinding lambung.

  13. Air dapat membilas natrium tubuh dan mengurangi kembung
  14. Air juga berperan penting untuk menurunkan demam karena salah satu fungsi utama air adalah mengatur temperatur tubuh.
  15. Produktivitas kerja otak akan tetap terjaga dengan konsumsi air yang cukup. Seperti yang kita ketahui, hampir 90% otak terdiri atas air. Apa jadinya bila otak kekurangan air, tentunya kinerja otak akan terhambat, daya konsentrasi dan kemampuan berpikir juga akan terhambat yang pada akhirnya juga akan menghambat produktivitas kerja.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: