Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Asparagus Untuk Bayi

informasitips.com – Untuk bayi, asparagus sebaiknya diberikan saat bayi menginjak usia 8 hingga 10 bulan. Hal itu bertujuan agar bayi tidak mengalami masalah dengan saluran pencernaan mereka, karena asparagus dapat menyebabkan munculnya gas dan terkadang sulit untuk dicerna oleh pencernaan bayi, terutama bayi dengan riwayat permasalahan pencernaan. Selain dari hal itu, asparagus cukup aman untuk dikonsumsi oleh bayi, tidak ada permasalahan yang perlu dikhawatirkan. Risiko bayi alergi terhadap asparagus pun selama ini diketahui cukup rendah. Jadi, asparagus cukup aman dikonsumsi oleh bayi saat mencapai usia 8 hingga 10 bulan, hal ini penting diketahui karena asparagus merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi yang dapat mendukung perkembangan bayi, sehingga sangat disayangkan jika bayi Anda tidak mengonsumsinya.

Nah, berikut ini beberapa manfaat asparagus yang bisa didapatkan oleh bayi Anda:

Manfaat Asparagus untuk Bayi

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

    Sebuah penelitian tentang asparagus menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi asparagus dapat menstimulasi peningkatan performa system imun tubuh, termasuk tubuh bayi. Dengan mengonsumsinya secara teratur, maka akan menurunkan risiko bayi Anda untuk terserang kuman penyakit, sehingga si kecil menjadi lebih kebal terhadap penyakit dan tidak mudah sakit.

  • Asparagus Kaya Antioksidan

    Senyawa antioksidan yang terkandung dalam asparagus terbilang tinggi. Konsumsi asparagus oleh bayi Anda akan melindunginya dari serangan radikal bebas yang dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Antioksidan berfungsi dapat menetralkan radikal bebas, dari yang tidak stabil menjadi stabil sehingga tidak berbahaya lagi bagi sel-sel tubuh bayi.

  • Melindungi Hati

    Organ hati pada bayi masih sangat rapuh. Serangan radikal bebas pada organ tersebut dapat menyebabkan efek yang lebih berbahaya pada bayi ketimbang pada orang dewasa. Oleh karena itu, suplai antioksidan pada bayi sangat dibutuhkan, dan itu bisa didapatkan dari mengonsumsi asparagus. Asparagus akan melindungi organ hati pada bayi dari serangan radikal bebas

  • Khasiat Diuretik

    Asparagus dapat berkhasiat sebagai agen diuretik, yaitu zat yang dapat menstimulasi proses pembuangan urin dari tubuh. Hal itu sangat berguna bagi bayi yang mengalami infeksi saluran kemih yang mengakibatkan tidak keluarnya urin dalam waktu yang cukup lama. Mengonsumsi asparagus secara rutin dapat memperlancar proses urinasi pada bayi, serta menjamin kesehatan saluran kemih serta ginjal bayi.

  • Padat Nutrisi

    Seperti yang telah dikatakan di atas, asparagus merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Asparagus mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, E, K, folat, tiamin, niasin, dan mineral, seperti zat besi, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zinc. Masing-masing vitamin dan mneral tersebut sangat bermanfaat bagi bayi dan perkembangannya.

  • Melancarkan BAB

    Kandungan serat dalam asparagus terbilang tinggi, sehingga dengan mengonsumsinya bayi Anda dapat terhindar dari kondisi susah BAB atau dikenal dengan sebutan konstipasi.

  • Sebagai Prebiotik

    Tidak hanya vitamin, mineral dan serat, namun asparagus juga mengandung inulin, yaitu suatu prebiotik yang dapat berperan sebagai bahan makanan bagi probiotik atau bakteri baik yang terdapat dalam saluran pencernaan bayi, seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli. Oleh karena itu, asparagus juga bermanfaat dalam menyehatkan saluran pencernaan bayi Anda.

Itulah beberapa manfaat asparagus bagi bayi yang ternyata sangat menguntungkan bagi perkembangan bayi. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: