Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Aroma ASI untuk Bayi

informasitips.com – Moms and dads, pernahkah kalian berpikir bahwa aroma ASI ternyata memiliki khasiat loh untuk si kecil. Ada penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti Jepang, Shota Nishitani, mengenai efek menenangkan yang terdapat pada ASI selama bayi menyusui. Sesungguhnya bayi dapat mendeteksi aroma ASI pada hari pertama kelahirannya, dalam usahanya mendapatkan ASI dari ibu yang melakukan inisiasi menyusui dini. Hebatnya lagi kemampuan bayi dalam mengenali aroma ASI didapat tanpa pengalaman makan sebelumnya.

Berikut adalah daftar khasiat aroma ASI bagi bayi menurut jurnal hasil penelitian Shota Nishitani, dkk:

  • Bayi baru lahir yang mencium aroma ASI akan menjadi lebih sedikit menangis, sedikit menyeringai, dan lebih tenang yang dilihat dari aktivitas motoriknya.
  • Aroma ASI memiliki efek menenangkan bagi bayi, karena aroma ASI dapat menekan produksi hormone kortisol, yaitu hormon yang disekresikan oleh tubuh kita ketika kit dilanda stress.
  • Tidak hanya aroma asi yang memiliki efek menenangkan, tetapi cairan amnion atau air ketuban juga memiliki efek yang sama.
  • Ternyata, efek menenangkan aroma ASI hanya dimiliki oleh ASI ibu kandung, artinya efek menenangkan aroma ASI ini bersifat spesifik. Aroma ASI ibu A hanya memiliki efek menenangkan bagi bayi A, tetapi bagi B tidak berpengaruh.
  • Berbeda dengan aroma ASI yang bersifat spesifik, aroma tubuh ibu ternyata memiliki efek menenangkan yang tidak hanya bagi bayi kandungnya, tetapi juga bayi lain yang berumur 2 hari.
  • Sementara itu, susu formula sama sekali tidak memiliki efek menenangkan bagi bayi. Bayi baru lahir hanya memiliki ketertarikan pada aroma ASI. Hal inilah yang menjadi dasar dilakukannya inisiasi menyusui dini (IMD).

Wah kalo saya gak baca jurnalnya Shota Nishitani, dkk mungkin saya gak akan tahu mengenai hal ini. Tuhan memang menciptakan segala sesuatu dengan tujuan tertentu. Satu lagi bukti bahwa memang ASI-lah makanan terbaik untuk bayi. Semoga berguna untuk Moms and Dads.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *