Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil secara Ilmiah

Air kelapa aman dan baik dikonsumsi selama hamil

Ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil harus banyak-banyak meminum air kelapa muda supaya bayinya sehat. Sebagai manusia yang tinggal di kepulauan dan memiliki hamparan pohon kelapa di setiap pinggir pantai, sangatlah wajar jika nenek moyang kita telah memanfaatkan air kelapa yang sangat mudah kita jumpai. Ternyata mitos itu memang bukan sekedar omong belaka. Akhir-akhir ini banyak ahli kesehatan dan gizi mencoba menganalisis kandungan air kelapa dan terbukti mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh, baik ibu hamil ataupun siapa saja.

Secara umum air kelapa itu:

  1. Rendah karbohidrat
  2. 99% bebas lemak
  3. Rendah kadar gula
  4. Antioksidan
  5. Isotonik alami

Agar kesehatan bayi tetap terjaga, ibu hamil disarankan untuk menkonsumsi air kelapa setiap hari, terutama kelapa hijau karena beberapa alasan ilmiah berikut ini;

    manfaat air kelapa untuk ibu hamil

  1. Penawar racun
    Air kelapa muda itu sangat steril dan murni, mengandung asam lauric yang berperan dalam melawan penyakit. Asam lauric juga terdapat dalam air susu ibu, yang artinya juga lebih baik dari susu bayi kalengan, yang mampu menawarkan racun dalam darah, termasuk virus, jamur dan mikroba lainnya. Air kelapa ini meningkatkan sistem imun yang mengurangi resiko diabetes, kanker, dan penularan HIV yang mungkin terjadi pada ibu maupun janin.
  2. Baik untuk pencernaan
    Ilmu kesehatan luar negeri pun mengakui bahwa air kelapa membantu pencernaan. Pada masa kehamilan, hormon progesteron memperlambat kontraksi otot lambung yang berakibat lambatnya pencernaan. Dengan mengkonsumsi air kelapa, proses pencernaan akan berjalan lancar seperti bisanya. Air kelapa ini juga mengandung nutrisi dan oksigen yang mudah terserap dalam sel tubuh.
    Air kelapa juga dapat meningkatkan fungsi usus dan kesehatan pencernaan, serta dapat membantu meringankan sembelit, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya yang sering dialami wanita hamil.
  3. Melancarkan saluran kemih
    Karena berasal dari alam, air kelapa sangat baik untuk mebersihkan saluran kemih sehingga dapat melancarkan air seni yang mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh. Di sisi lain mencegah timbulnya infeksi saluran kemih, yang umum terjadi pada ibu hamil.
  4. Elektrolit alami
    Air kelapa merupakan minuman isotonik yang memiliki keseimbangan level yang sama dengan darah kita. Beberapa produsen minuman kini berlomba-lomba mempromosikan air air kelapa dalam kemasan sebagai minuman isotonik alami. Air kelapa muda mengandung elektolit, klorida, kalsium, potassium (kalium), magnesium, sodium. Kalium (potassium) berperan penting dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Air kelapa juga mengandung protein, serat, mangan, riboflavin, dan vitamin C. Semuanya sangat berperan dalam menjaga stamina dan meningkatkan metabolisme tubuh ibu hamil.
  5. Menjaga kesehatan ibu hamil
    Ibu yang sedang hamil otomatis membutuhkan kondisi yang stabil dalam tubuhnya, untuk diri dan bayinya. Oleh karena itu, air kelapa yang rendah karbohidrat dan rendah lemak akan sangat membantu menjaga kesehatan sang ibu. Air kelapa juga dapat meningkatakan kadar kolesterol baik, atau yang sering kita sebut HDL, dalam tubuh. Selain itu juga berperan dalam menyeimbangkan pH dan menjaga temperatur tubuh agar tetap stabil.
  6. Meningkatkan sitem imun (kekebalan tubuh) ibu hamil
    Asam laurat yang terkandung dalam air kelapa memiliki sifat anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus yang melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh wanita hamil. Sistem imun tubuh yang meningkat tentunya akan menjadi benteng pertahanan tubuh terhadap serangan berbagai infeksi penyakit sehingga kesehatan ibu dan janin akan lebih terjaga.
  7. Mencegah dan mengatasi keluhan “heartburn
    Keluhan heartburn merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Rasa seperti terbakar dan panas di dada ini tentu sangat mengganggu. Untungnya, keluhan “heartburn” tersebut bisa dicegah dan diatasi bila ibu hamil sering minum air kelapa.
  8. Membantu mengatasi keluhan “morning sickness”
    Di banyak negara, air kelapa dipercaya dapat berperan sebagai antidote (anti) muntah terhadap penyakit-penyakit serius seperti malaria, demam berdarah, dan tifus. Karena khasiatnya itu, air kelapa juga dapat membantu ibu hamil mengatasi keluhan pusing, mual dan muntah yang biasa dialami saat “morning sickness”.
  9. Mencegah Kram Kaki
    Ibu hamil juga seringkali mengalami gangguan kram pada kaki. Kaki kram disebabkan oleh kekurangan kalium. Wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 4.700 mg kalium. Dalam air kelapa terkandung 670 mg kalium per 330ml. Jadi, minum air kelapa selama hamil dapat membantu menjaga pasokan kalium yang dibutuhkan wanita hamil.
  10. Membantu menjaga suhu tubuh
    Merasa kepanasan adalah salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Air kelapa ternyata juga dapat membantu mendinginkan dan menjaga suhu tubuh. Air kelapa akan membantu mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh.

Well Moms, mengingat banyaknya manfaat dari air kelapa untuk ibu hamil, sudah saatnya memasukkan air kelapa ke dalam daftar makanan/minuman wajib untuk Anda yang sedang mengandung.

Artikel Terkait

9 thoughts on “Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil secara Ilmiah

  1. ariady

    Terima kasih atas informasinya ini sangat berguna bagi saya dan istri. ‎​​°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°
    ĞŌĐ•O:)•(*)ßĹЄŠŠ(*)•O:)•¥ŌŬ
    °˚˚˚°♧♧°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°.

  2. anita putri

    Terima ksih infonya, selama ini saya emang lagi sering2 minum air kelapa, krn lg hamil..

  3. ella

    Saya setuju dengan artikel ini. Alhamdulillah selama saya hamil dan rajin minum air kelapa, terutama kelapa hijau, saya sangat jarang mengalami keluhan-keluhan kehamilan.

  4. irma

    ∞∞ȃƖĥä♏ϑůƖïƖƖαħ∞∞ memang bnyk manfaat yg aQ rasakn slm megkonsumsi air kelapa tp aQ hanya mnm 1mngg 3x karena g tahan pgn buang air kecil terus H Ħĕę:p:pĦĕęĦĕę:p:pĦĕę:p

  5. ayah

    tadinya saya bingung karna istri saya sedang hamil,karna mual dan muntah terus menerus,smp 3x masuk RS untuk mendapat perawatan,setelah saya baca tentang kelapa hijau dan saya berikan ke istri saya,alhamdulillah rasa mual dan muntah berkurang,thanks ya atas infonya,smg bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih