Informasi dan Tips – informasitips.com

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas

informasitips.com – Banyak orang mengira bahwa semua jenis makanan haruslah disimpan di dalam kulkas (lemari pendingin) agar bisa tetap segar dan lebih tahan lama. Padahal, kenyataannya tidaklah demikian. Ada beberapa jenis makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas karena kualitasnya justru akan lebih terjaga jika disimpan di ruang terbuka dan pada suhu ruangan. Makanan apa saja itu?

  1. Melon
    Melon yang sudah dikupas memang sebaiknya disimpan di dalam kulkas (lemari pendingin). Namun, untuk melon yang belum dikupas, sebaiknya tetap disimpan pada suhu ruang saja agar kandungan antioksidan dalam melon tetap terjaga. Departemen Pertanian Amerika atau U.S. Department of Agriculture (USDA) menyebutkan bahwa kandungan antioksidan dalam melon yaitu likopen dan betakaroten akan berkurang bila disimpan di dalam kulkas.

  2. Bawang
    Bawang, baik itu jenis bawang putih, bawang merah, ataupun bawang bombay tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Menyimpan bawang dalam kulkas akan merusak tekstur bawang dan membuat bawang menjadi berjamur. Selain itu, menyimpan bawang dalam tempat yang dingin dan lembab seperti kulkas akan membuat bawang menjadi bertunas. Oleh karena itu, bawang sebaiknya disimpan di keranjang kering atau wadah berpori yang memungkinkan adanya sirkulasi udara di sekitarnya. Cara penyimpanan seperti itu justru membuat bawang jadi lebih awet, bisa bertahan hingga 2 bulan lebih.

    Makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas

    Namun, untuk bawang yang sudah dikupas kulitnya, disarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas dalam wadah tertutup agar bawang tersebut tidak membusuk.

  3. Kopi
    Menyimpan kopi di dalam kulkas justru akan membuat kopi jadi berembun. Kopi juga memiliki sifat dapat menyerap bau (aroma) di sekitarnya. Oleh karena itu, menyimpan kopi dalam kulkas akan merusak rasa dan aroma dari kopi itu sendiri. Sebaiknya, simpan kopi dalam wadah tertutup, dan jauhkan dari udara dan air yang akan membuat kopi menjadi lembab.

  4. Kentang
    Menyimpan kentang di dalam kulkas akan merusak rasa dan tekstur daging kentang. Sebaiknya, kentang disimpan di suhu ruangan saja dengan cara membungkusnya dengan kertas atau koran. Cara penyimpanan seperti itu akan membuat kentang bertahan hingga 3 minggu.

  5. Roti
    Suhu dingin dalam kulkas justru akan membuat roti menjadi kering dan keras. Agar tekstur roti tetap lembut, simpan roti pada suhu ruang saja, jangan di kulkas. Biasanya roti bisa bertahan pada suhu ruang selama 4 hari. Menyimpan roti dalam kulkas memang bisa membuat roti bisa lebih tahan lama, namun rasa dan tekstur roti jauh lebih nikmat bila disimpan dalam suhu ruang.

  6. Madu
    Madu merupakan bahan makanan yang bisa tetap awet meski di simpan pada suhu ruang. Menyimpan madu dalam lemari pendingin justru tidak dianjurkan karena dapat merusak tekstur dari madu tersebut, membuat madu menjadi lebih kental dan keras. Oleh karena itu, madu sebaiknya disimpan dalam wadah (botol) tertutup dalam suhu ruangan saja, di tempat yang kering (tidak lembab), bukan di kulkas.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: