Informasi dan Tips – informasitips.com

Makanan yang Menyebabkan Trigliserida Tinggi

informasitips.com – Tingginya kadar trigliserida di dalam darah terkait erat dengan tingginya konsentrasi LDL atau kolesterol jahat di dalam darah. Hal tersebut tentu memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan, karena risiko stroke dan kesehatan jantung akan meningkat seiring dengan tingginya kadar LDL dalam darah. Banyak faktor yang menyebabkan kadar trigliserida dalam darah menjadi tinggi, seperti gaya hidup dan jenis makanan. Beberapa makanan berikut ini dapat menyebabkan tingginya kadar trigliserida dalam darah:

Penyebab Trigliserida Tinggi

  • Santan

    Santan merupakan produk dari kelapa, dan yang seperti kita ketahui bahwa kelapa tinggi akan kandungan asam lemak jenuhnya, yaitu asam laurat. Seperti yang telah dikatakan di artikel Apa Itu Trigliserida?, asam lemak jenuh berperan signifikan dalam peningkataan kadar trigliserida dalam darah.

  • Makanan Tinggi Karbohidrat

    Makanan yang tinggi kandungan karbohidrat jika tidak digunakan sebagai energi, maka akan disimpan dalam bentuk trigliserida. Hal tersebut akan membuat angka trigliserida dalam darah Anda menjadi tinggi. Oleh karena itu, jika Anda banyak mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan kerbohidratnya, seperti nasi, kentang, jagung, pasta, maka sebaiknya Anda berusaha untuk membakarnya menjadi energi dengan cara bergerak atau berolah raga.

  • Minuman Manis

    Banyak meminum minuman manis (tinggi gula), seperti teh manis, minuman bersoda, jus buah ataupun kopi (dengan gula), dapat membuat kadar trigliserida dalam darah Anda meningkat. Kadar gula yang tinggi di dalam darah juga dapat diubah menjadi trigliserida oleh tubuh. Untuk mencegahnya, gula harus diubah menjadi energi dengan banyak beraktivitas atau cukup berolah raga.

  • Kue dan/atau Roti

    Kue atau roti terbuat dari pati yang di dalam tubuh dapat diubah menjadi trigliserida. Selain itu, komponen lain (seperti butter atau margarine) dalam komposisi kue atau roti akan berkontribusi pada kandungan asam lemak jenuh dalam darah, hal itu akan meningkatkan level trigliserida di dalam darah Anda. Langkah bijak untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memerhatikan asupan kue atau roti, jangan sampai berlebih sehingga dapat merugikan kesehatan.

  • Daging Berlemak

    Makanan jenis ini tentu direkomendasikan untuk dihindari, karena lemak hewani umumnya merupakan lemak jenuh yang harus sangat dibatasi asupannya. Asam lemak jenuh berperan besar dalam peningkatan angka trigliserida di dalam tubuh manusia.

  • Butter dan Margarine

    Kedua bahan ini banyak dijadikan sebagai komponen pada produk kue ataupun roti, dan tak jarang Kita mengonsumsi berbagai produk panganan itu. Padahal, keduanya berkecenderungan untuk bisa meningkatkan level trigliserida di dalam darah. Hal tersebut disebabkan karena keduanya, meski berbeda sumber, mengandung asam lemak jenuh yang tingkat konsumsinya harus dibatasi atau paling tidak diimbangi dengan konsumsi asam lemak tak jenuh omega-3.

Bagaimana Dengan Buah? Bisakah Menyebabkan Trigliserida Tinggi?

Kita tahu bahwa buah mengandung fruktosa, dan fruktosa merupakan jenis gula yang bisa berkontribusi pada peningkatan trigliserida. Apakah hal itu berarti buah juga bisa menjadi penyebab tingginya angka trigliserida di dalam darah?

Jawabannya tidak, karena kandungan fruktosa di dalam buah tidak terlalu tinggi hingga bisa menyebabkan terjadinya peningkatan level trigliserida. Di dalam buah, fruktosa tidak sendirian, karena di sana terdapat air dengan kandungannya yang tinggi, serta ada juga serat di dalamnya. Fruktosa bukanlah komponen utama yang ada di dalam buah. Malah, kandungan serat di dalam buah sangat bermanfaat dalam mencegah proses penyerapan lemak di dalam saluran pencernaan.

Fruktosa sendiri memang bisa menyebabkan angka trigliserida dalam tubuh meningkat, namun hal itu terjadi jika konsentrasinya tinggi, layaknya yang terkandung pada minuman manis yang hanya mengandung fruktosa.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *