Informasi dan Tips – informasitips.com

Makanan AntiKanker Pay**udara (Kanker PD)

informasitips.com – Kanker pay**udara (PD) merupakan salah satu jenis kanker mematikan yang perlu diwaspadai tak hanya oleh kaum wanita, namun juga oleh kaum pria. Ya, faktanya tak hanya kaum wanita yang bisa terkena kanker PD, kaum pria pun perlu waspada dengan penyakit menakutkan yang satu ini. Selain faktor genetik (keturunan), faktor gaya hidup yang buruk ditengarai juga menjadi salah satu faktor utama pemicu kanker pay**udara.

Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang berbahaya, terlebih bila terdeteksinya di stadium yang sudah cukup parah. Oleh karena itu, langkah pencegahan sangat perlu dilakukan untuk menurunkan atau memperkecil resiko timbulnya kanker pay**udara. Langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur gaya hidup. Terapkanlah gaya hidup yang sehat, misalnya rajin berolahraga, cukup istirahat, menjauhi stress, menjaga berat badan ideal, tidak merokok dan tidak minum-minuman beralkohol. Jauhi pula makanan-makanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak tinggi, makanan-makanan yang berpengawet dan mengandung zat-zat kimia berbahaya yang bisa memicu timbulnya kanker. Sebaiknya, berteman akrablah dengan makanan-makanan yang sehat, contohnya beberapa makanan berikut yang diyakini bisa mencegah dan menurunkan resiko kanker pay**udara. Apa saja makanan-makanan antikanker pay**udara tersebut?

  1. Jamur
    Jamur dikenal memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya kanker pay**udara. Banyak studi di Jepang, Cina, dan Korea yang menyebutkan bahwa di dalam jamur terkandung senyawa aktif yang bersifat antitumor. Jamur kaya akan antioksidan, mengandung senyawa antiinflamasi, antivirus, antitumor, dan senyawa yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

    Jamur tak hanya bisa mencegah kanker pay**udara, namun juga memiliki kemampuan untuk melawan dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker, meringankan efek samping pengobatan kanker (kemoterapi dan radioterapi) seperti sakit dan kerontokan rambut, dan juga membantu penderita kanker untuk bisa bertahan hidup lebih lama.

    Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Perth, Australia menyebutkan bahwa wanita yang rajin mengonsumsi jamur rata-rata 10 gram jamur setiap harinya memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena penyakit kanker pay**udara dibandingkan dengan wanita yang tidak/jarang mengonsumsi jamur. Kemampuan jamur dalam mencegah kanker pay**udara bisa mencapai 64%. Kemampuan ini bahkan meningkat bila dikombinasikan dengan teh hijau. Konsumi 10 gram jamur dikombinasikan dengan 1 gram teh hijau per hari dapat mencegah kanker pay**udara sampai 89%.

    jamur-shitake

    Jenis jamur yang baik dikonsumsi diantaranya adalah jamur shitake. Ekstrak jamur shitake (disebut lentinan) mengandung senyawa gula kompleks yaitu beta glukan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang beberapa sel dan protein dalam tubuh untuk melawan sel-sel kanker. Dalam beberapa studi diketahui pula bahwa beta glukan dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Jenis jamur lainnya yang juga baik untuk dikonsumsi adalah jamur tiram, jamur maitake, dan jamur lainnya yang terbukti aman dan tidak beracun. Jamur sebaiknya tidak dikonsumsi mentah, akan lebih aman bila dimasak terlebih dahulu.

  2. Sayur Kubis-kubisan
    Sayur-sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan seperti brokoli, kembang kol, kubis, sawi, dan lain sebagainya sangat baik dikonsumsi karena bisa menurunkan resiko kanker pay**udara. Sayur-sayuran ini kaya akan senyawa indole-3-carbinol yang mampu melindungi sel-sel tubuh dan mencegah timbulnya berbagai jenis kanker termasuk kanker pay**udara. Indole-3-carbinol bekerja dengan cara menghentikan siklus sel-sel kanker.

    Sayur kubis-kubisan juga mengandung glukosinolat yang membantu membuang zat-zat karsinogenik (zat-zat penyebab kanker) keluar dari dalam tubuh.

  3. Makanan berserat
    Perbanyaklah konsumsi makanan-makanan yang kaya akan serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Rajin mengonsumsi makanan berserat tinggi mampu menurunkan resiko munculnya berbagai jenis kanker, termasuk kanker pay**udara. Hasil riset membuktikan bahwa memasukkan 10 gram serat ke dalam daftar makanan sehari-hari dapat menurunkan resiko kanker pay**udara sebesar 7%.

  4. Alga dan rumput laut
    Tumbuhan-tumbuhan laut seperti alga, rumput laut, dan termasuk nori yang biasanya ada dalam makanan Jepang, merupakan makanan-makanan yang juga mampu menurunkan resiko kanker pay**udara. Tumbuhan-tumbuhan laut ini kaya akan serat dan mikronutrien seperti yodium, yaitu mineral yang telah terbukti memiliki efek positif terhadap kesehatan pay**udara. Dalam rumput laut juga terkandung Fucoidan, zat yang mampu merusak kemampuan sel-sel kanker untuk terus tumbuh dan membelah. Rumput laut merah dan coklat juga memiliki kemampuan aktif untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

  5. Buah-buahan antikanker pay**udara
    Beberapa jenis buah juga diyakini memiliki kemampuan menurunkan resiko kanker pay**udara. Buah-buahan tersebut tentunya sangat baik untuk dikonsumsi, diantaranya adalah buah delima, blueberri, dan anggur.

    Beberapa studi ilmiah menyebutkan bahwa buah delima memang memiliki kemampuan untuk melawan berbagai jenis kanker, termasuk kanker pay**udara. Buah delima mengandung asam elagik, antioksidan yang dapat menghambat kerja enzim aromatase, yaitu enzim yang memiliki peranan dalam penyebaran dan perkembangan kanker pay**udara. Karena sangat kaya akan kandungan antioksidan, buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

    Selain buah delima, ada juga buah blueberri dan anggur yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Buah blueberri mengandung fitonutrien pterostilben yang sangat ampuh untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pay**udara. Sementara buah anggur banyak mengandung polifenol resveratrol yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menekan perkembangan sel-sel kanker sekaligus juga membunuh sel-sel kanker tersebut. Resveratrol juga dapat menghambat kerja enzim aromatase (enzim yang memiliki andil dalam penyebaran dan perkembangan kanker pay**udara).

    Selain resveratrol, buah anggur juga kaya akan polifenol katekin dan kuersetin yang bekerja bersama-sama dengan resveratrol untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di tubuh.

  6. Buah dan sayuran berwarna merah dan oranye
    Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna merah dan oranye juga sangat baik untuk memperkecil resiko timbulnya kanker pay**udara. Buah-buahan dan sayur-sayuran tersebut sangat kaya akan karotenoid yang dapat menurunkan resiko keganasan kanker pay**udara hingga 20%.

  7. Telur
    Telur juga baik dikonsumsi sebagai makanan antikanker pay**udara. Telur sangat kaya akan kolin yang dapat menurunkan resiko kanker pay**udara sebesar 24%. Nutrisi yang ada dalam kuning telur juga penting untuk menjaga agar sel-sel tubuh bisa berfungsi dengan baik.

  8. Teh Hijau
    Konsumsi 1 sampai 2 cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan resiko kanker pay**udara. Beberapa studi memperlihatkan hasil bahwa wanita yang sering mengonsumsi teh hijau ternyata memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena kanker pay**udara. Teh hijau mengandung polifenol EGCG (Epigallocatechin gallate) yang dapat menurunkan resiko dan juga menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. EGCG juga diketahui memiliki kemampuan yang hampir sama dengan obat-obatan kanker yang biasa digunakan pada kemoterapi. Selain itu, di atas juga sudah disebutkan bahwa kombinasi 1 gram teh hijau dengan 10 gram jamur efektif untuk menurunkan resiko kanker payudara hingga 89%.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena berkhasiat menurunkan (memperkecil) resiko kanker payu**dara. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *