Informasi dan Tips – informasitips.com

Lawan Lemak Lebaran dengan Buah-buahan

informasitips.com – Saat lebaran atau idul fitri, biasanya kita banyak menyantap aneka hidangan yang berlemak, seperti opor, rendang, gule, kue-kue lebaran, dan lain sebagainya. Tak dipungkiri memang, makanan-makanan tersebut terasa nikmat di lidah. Namun sayangnya, kandungan lemak, santan, minyak, dan gula yang tinggi dalam menu-menu masakan lebaran tersebut bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Berbagai ancaman gangguan kesehatan dan penyakit pasca lebaran yang mungkin muncul misalnya adalah gangguan saluran cerna (diare), penyakit jantung, kolesterol dan darah tinggi. Kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi dalam makanan-makanan khas lebaran juga dapat memicu kenaikan berat badan.

Untuk menetralisir timbunan lemak yang terlanjur masuk ke dalam tubuh, Anda bisa melawannya dengan cara mengonsumsi banyak buah. Buah tak hanya berguna sebagai makanan pencuci mulut, tapi juga mampu mengusir lemak dalam tubuh.

Buah mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah juga bagus untuk melawan radikal bebas, menurunkan kolesterol jahat, dan menetralisir racun dalam tubuh.

Buah-buahan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi?

  1. Nanas
    Kandungan enzim bromelin, vitamin B, dan C yang terkandung dalam buah nanas baik untuk memecah lemak dalam usus, sehingga membantu mengoptimalkan kerja saluran pencernaan. Khasiat lainnya adalah dapat mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

  2. Pisang
    Buah pisang banyak mengandung vitamin A, B1, B2, dan C. Manfaatnya dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mengurangi produksi asam lambung, mencegah penyakit stroke dan jantung. Pisang juga kaya akan kandungan kalium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah normal.

    Buah-buahan pembakar lemak

  3. Apel
    Buah apel banyak mengandung vitamin A, B, dan C. Kandungan flavonoid dalam buah apel juga tinggi. Bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan lemak baik HDL, menstabilkan gula darah dan efektif juga untuk menjaga berat badan.

    Kandungan pektin yang tinggi dalam buah apel mampu mengikat air dan mencegah penyerapan lemak oleh sel-sel tubuh. Selain itu, asam malat dan asam tartaric dalam buah apel juga bisa meningkatkan kerja sistem pencernaan dan membersihkan hati.

  4. Semangka
    Buah semangka termasuk juga salah satu buah yang banyak manfaatnya. Buah ini banyak mengandung kalium sehingga baik untuk menjaga tekanan darah normal dan mencegah penyakit jantung. Buah semangka juga banyak mengandung vitamin C, dan pro-vitamin A. Manfaatnya adalah dapat berperan sebagai antialergi dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kentucky, Amerika juga mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi buah semangka dapat mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh.

  5. Pepaya
    Buah pepaya banyak mengandung vitamin C dan pro-vitamin A. Buah ini juga kaya akan antioksidan karoten, flavonoid, dan karpain, yaitu alkaloid yang berfungsi mencegah terjadinya serangan jantung.

  6. Melon
    Selain kaya akan aneka vitamin, buah melon juga mengandung senyawa antikanker dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah, melancarkan pencernaan, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

  7. Alpukat
    Buah alpukat termasuk buah yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh. Salah satunya, buah ini kaya akan kandungan asam lemak omega 9, yaitu lemak sehat yang mampu mempercepat konversi lemak menjadi energi dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Tak hanya itu, buah alpukat juga banyak mengandung kalium. Bahkan, kandungan kalium dalam buah alpukat lebih tinggi daripada buah pisang (buah yang banyak dikenal sebagai buah dengan kalium yang tinggi). Kalium bermanfaat untuk menjaga tekanan darah normal dan mencegah penyakit jantung.

  8. Lemon
    Jeruk lemon kaya akan vitamin C sehingga mampu meningkatkan metabolisme dan membantu hati memetabolisme sel-sel lemak.
    Lemon juga banyak mengandung antioksidan yang efektif melindungi tubuh dari radikal bebas.

    Kandungan lainnya yang juga penting dalam lemon adalah senyawa astringen yang bisa merangsang kerja hati dan kantung empedu. Minum segelas air hangat perasan jeruk lemon adalah salah satu cara untuk detoks, mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

    Menjaga kesehatan hati sangat penting guna mengoptimalkan kemampuan tubuh dalam mencerna dan membakar lemak, karena hati adalah salah satu organ yang bertanggung jawab untuk melaksanakan fungsi-fungsi tersebut.

    Khasiat lainnya dari jeruk lemon adalah mampu mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Buah lemon banyak mengandung flavonoid dan karotenoid yang mampu mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular, dengan cara melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif dan peradangan.

  9. Jeruk Keprok
    Sebuah studi yang dilaporkan dalam sebuah jurnal metabolisme mengungkapkan bahwa mengonsumsi setengah buah jeruk keprok sebelum makan dapat menurunkan kadar lemak perut dan kolesterol jahat.

    Menurut studi tersebut, rutin mengonsumsi buah jeruk keprok selama enam minggu dapat memperkecil ukuran lingkar pinggang sampai dengan 1 inci. Khasiat tersebut merupakan efek yang diperoleh dari kombinasi antara vitamin C dan senyawa fitokimia yang ada dalam buah jeruk keprok.

    Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini efektif untuk memecah lemak di dalam tubuh atau membakar lemak tubuh. Selain itu, vitamin C juga efektif untuk menurunkan kadar insulin. Semakin rendah kadar insulin dalam tubuh maka akan semakin rendah pula kemampuan tubuh dalam menyimpan dan menumpuk lemak. Itu artinya, bila kadar insulin rendah maka lemak tidak akan mudah menumpuk di dalam tubuh.

  10. Tomat
    Buah tomat banyak mengandung vitamin C dan likopen yang mampu merangsang produksi asam amino karnitin. Penelitian telah menunjukkan bahwa karnitin dapat membantu mempercepat pembakaran lemak tubuh hingga 3 kali lipat.

    Buah tomat juga tinggi kandungan kromium, yaitu zat yang mampu menstabilkan gula darah. Bila gula darah stabil, maka berarti lonjakan insulin juga akan lebih sedikit, sehingga penyimpanan lemak dalam tubuh juga akan lebih sedikit.

  11. Buah Beri (Blueberi, Stroberi, Raspberi dan Blackberi)

    Buah-buah beri seperti blueberi, stroberi, raspberi dan blackberi mengandung antosianin yang membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan menjaga jantung dari penumpukan plak. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya tiga porsi blueberi dan stroberi per minggu memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung.

    Buah-buah beri juga banyak mengandung polifenol, zat kimia alami yang dapat membantu menurunkan berat badan dan menghambat pembentukan lemak tubuh.

Pilihlah buah-buahan tinggi serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sekaligus mampu menstabilkan gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Tips penting yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi buah adalah, pastikan buah yang dikonsumsi sudah dicuci bersih. Sebaiknya, konsumsilah buah langsung tanpa penambahan pemanis atau gula agar manfaat sehat dari buah bisa dirasakan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: