Informasi dan Tips – informasitips.com

Latihan Untuk Mendapatkan Perut Rata

informasitips.com – Setiap orang pasti ingin memiliki perut yang rata, termasuk Kamu. Hal tersebut lumrah saja, karena dengan memiliki perut yang rata rasa percaya diri Kamu akan meningkat. Di sisi lain, perut rata bukan hanya masalah penampilan, tetapi juga merupakan indikator dari kesehatan seseorang, terutama kaitannya dengan masalah kardiovaskular. Dan, untuk mendapatkan perut yang rata tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, butuh waktu dan latihan. Berikut ini berbagai latihan yang bisa Kamu lakukan untuk mendapatkan perut yang rata:

  • Lakukan latihan berikut ini, rebahkan tubuh Kamu di matras dalam posisi tengkurap. Cobalah untuk mengangkat tubuh bagian atas Kamu dengan menggunakan tumpuan kaki Kamu. Tahan tubuh Kamu dalam posisi terangkat itu, pastikan sikut Kamu dalam keadaan lurus, begitu juga dengan punggung Kamu dalam keadaan rata. Tahan posisi itu selama 30 detik, dan ulang gerakan yang sama sebanyak tiga hingga lima kali.
  • Latihan yang ini disebut “Bicycle Maneuver”, gerakannya memang menyerupai orang yang sedang bersepeda. Caranya, berbaring pada matras dengan posisi terlentang. Letakkan kedua tangan pada kedua sisi di kepala Kamu, jari pada masing-masing tangan menyentuh ringan sisi kepala Kamu (seperti posisi sit-up). Lalu angkat kaki kamu hingga membentuk sudut 45 derajat dengan lantai. Selanjutnya gerakan kaki Kamu seperti orang yang mengayuh sepeda. Saat kaki kanan kamu pada posisi mendekat, dekatkan sikut kiri Kamu ke arah lutut kanan, begitu juga sebaliknya saat kaki kiri Kamu yang mendekat dekatkan sikut kanan Kamu ke arah lutut kiri. Gerakan-gerakan tersebut dilakukan dengan bertumpu pada otot-otot perut. Jangan hanya mendekatkan sikut Kamu ke arah lutut kaki begitu saja, gerakkanlah dengan bertumpu pada perut sehingga otot-otot perut Kamu berkontraksi.
  • Bicycle Maneuver untuk mendapatkan Perut Rata

    Bicycle Maneuver, sumber gambar: fitcommerce.com

  • Latihan “Vertical Leg Crunch”. Pada latihan ini, tubuh Kamu direbahkan di atas matras, kemudian angkat kaki Kamu secara vertical ke atas dan disilangkan pada bagian lututnya. Selanjutnya, tangan Kamu diposisikan di belakang kepala layaknya saat Kamu melakukan sit up, Kamu harus ingat bahwa tangan Kamu itu jangan digunakan untuk mendorong leher tetapi digunakan untuk menahan kepala Kamu. Lalu, bahu Kamu diangkat dengan menggunakan otot-otot di perut Kamu sehingga dada Kamu bergerak mendekati kaki yang sebelumnya diposisikan secara vertical dan menyilang. Kamu harus mempertahankan posisi kaki Kamu pada posisi awal. Setelah itu, badan Kamu digerakkan secara perlahan menuju posisi semula, yaitu merebah di lantai. Lakukan latihan ini sesuai kemampuan Kamu, atau lakukan sebanyak 12-16 kali pada setiap kali sesi latihan.
  • Perut Rata dengan Vertical Leg Crunch

    Vertical Leg Crunch, sumber gambar: www.fitday.com

  • Latihan ini disebut “Long Arm Crunch”. Caranya adalah rebahkan tubuh Kamu di matras dengan posisi kaki menekuk. Kemudian kedua lengan Kamu direntangkan lurus ke arah belakang, dan kedua telapak tangan Kamu menyatu. Dengan bertumpu pada otot-otot perut, angkat badan Kamu dari lantai. Tetap jaga posisi tangan terentang lurus, dan hindari rasa nyeri pada leher. Jika Kamu merasakan nyeri pada leher, maka gunakan satu tangan untuk menopang kepala Kamu, dan satu tangan lagi tetap lurus ke belakang. Pada latihan ini, otot-otot perut Kamu harus mengalami kontraksi satt mengangkat tubuh Kamu dari lantai. Lakukan sebanyak 12 hingga 16 kali dalam satu set latihan. Kamu bisa memvariasikan latihan ini dengan cara memegang beban pada tangan Kamu yang terentang lurus.
  • Long Arm Crunch Perut Rata

    Long Arm Crunch, sumber gambar: www.fitstudio.com

  • Latihan yang kelima disebut “Elbow Plank”. Caranya adalah posisikan tubuh Kamu dengan wajah menghadap ke lantai dan kaki Kamu lurus ke belakang. Kemudian, dengan bertumpu pada kedua lengan atas serta kedua ujung Kaki Kamu, pastikan tubuh bagian belakang Kamu membentuk garis lurus mulai dari kepala hingga ujung kaki, tahan posisi tersebut selama 10 detik hingga 60 detik jika Kamu sudah terbiasa. Pada keadaan tersebut pastikan otot-otot perut Kamu berkontraksi.
  • Elbow Plank untuk mendapatkan Perut Rata

    Elbow Plank, sumber gambar: www.athleta.net

  • Untuk latihan berikutnya, Kamu duduk di kursi dengan posisi punggung tegak (tidak bongkok) dan kaki rapat. Posisikan kedua lengan terbuka dengan siku yang menekuk sehingga lengan atas dan lengan bawah membentuk sudut 90 derajat, telapak tangan Kamu menghadap ke depan. Dekatkan satu sama lain antara sikut kiri dengan lutut kanan, begitu juga sebaliknya. Lakukan latihan tersebut selama satu menit.
  • Masih dalam posisi duduk di kursi dengan posisi tegak, namun kali ini posisi tangan Kamu memegang alas kursi dan rapat ke tubuh (dekat dengan pinggang). Kemudian tarik nafas, lalu hembuskan, pada saat Kamu menghembuskan nafas secara perlahan angkat lutut Kamu dan dekatkan ke arah dada dengan tetap menjaga posisi punggung tetap tegak. Tahan posisi tersebut selama tiga detik, lalu balikkan secara perlahan ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut selama semenit.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: